6. Desa Giri Purno

Air terjun di Desa wisata Borobudur
Desa Giri Purno

Ada dua atraksi utama di desa ini, memerah susu kambing dan mengunjungi Air Terjun Giri Purno. Jika berkunjung ke desa ini, jangan lewatkan kuliner tradisioalnya yang terbuat dari talas (bolu talas dan keripik talas). Semakin menyenangkan karena kamu bisa menginap di rumah warga yang dikelola sebagai homestay/penginapan. Jadi, kamu bisa merasakan suasana pedesaan yang sesungguhnya.

7. Desa Tuksongo

Desa Tuksongo Borobudur
Desa Tuksongo Foto phinemo.com

Ciri khas desa ini adalah kebun tembakau karena sebagian besar penduduknya merupakan petani tembakau. Dari desa ini kamu juga bisa menyaksikan puncak Pegunungan Menoreh yang bernama Suroloyo serta Candi Borobudur di sebelah utaranya.

8. Desa Bumiharjo

Desa Bumiharjo Borobudur
Desa Bumiharjo foto. visitmagelang13.com

Permainan tradisional menjadi andalan desa wisata borobudur ini. Jadiā€¦ jika kamu rindu kenangan akan permainan tradisional, desa ini adalah pilihan tepat. Ada banyak permainan tradisional yang dimainkan di desa ini. Termasuk koleksi permainan tradisional dari berbagai daerah.

9. Desa Kebonsari

DEsa Kebonsari
Desa Kebonsari

Kerajinan bamu adalah ciri khas desa ini. Seluruh warganya bekerja sebagai pengrajin bambu yang hasil kerajinannya dipasarkan ke kawasan wisata lain, seperti Yogyakakarta, Bali, Lombok, Danau Toba, dan Malaka.

10. Desa Kenalan

Desa kenalan Borobudur
Desa Kenalan

Untuk udara pegunungan yang sejuk, pilihlah desa yang berada di kawasan pegunungan ini. Kamu bisa menyaksikan para pengrajin di desa ini menganyam pandan menjadi tikar atau berbagai kerajinan lainnya. Ada pula home industry slondok, sejenis penganan yang terbuat dari ubi kayu.