4. Wisata alam batu dinding, versi alami tembok besar Cina

Menikmati sunrise di Tembok Besar Cina mungkin terasa mahal bagi Sebagian dari kita. Sebagai alternatif kamu bisa mengunjungi Batu Dinding di Kutai Kertanegara. Sensasi dan keseruannya dijamin tak kalah dengan tembok besar Cina. Apa yang kamu rasakan dan saksikan di Desa Bukit Merdeka ini bahkan mungkin tak akan didapatkan di tempat lain.

Untuk sampai ke lokasi, perjalanan akan sangat seru dan tiada duanya. Menyusuri jalan setapak, Anda bisa merasakan kesejukan plus keindahan pemandangan dari perkebunan jeruk sunkist, buah naga dan pohon karet. Sesampainya di lokasi, Anda akan disuguhi perbukitan yang megah, membentang cukup luas, yang terlihat seperti dinding.

Dan karena tempatnya yang eksotik dan keren, ditambah lanskap pemandangan serta panorama alam yang indah di sekelilingnya, spot ini sangat Instagrammable. Wiata ini terletak di Jl. Soekarno-Hatta Km 45, Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

5. Bukit Bangkirai, wisata hutan hujan tropis Kalimantan Timur

Bukit Bangkirai adalah sebuah obyek wisata Hutan Hujan Tropis di Kalimantan Timur. Kawasan wisata ini memiliki Hutan Hujan tropis yang masih sangat alami. Dengan luas sekitar 1.500 hektar, kawasan wisata ini memiliki pemandangan yang tidak biasa. Pohon-pohon yang tumbuh di hutan ini kebanyakan adalah pohon Bangkirai yang memiliki ketinggian mencapai 40 hingga 50 meter dan berdiameter 2,3 meter dan sudah hidup lebih dari 150 tahun.

Itulah alasan kenapa hutan ini dinamakan dengan Bukit Bangkirai. Di dalam hutan yang juga bisa dijadikan media pendidikan dan bahkan obyek penelitian ini juga terdapat banyak terdapat binatang liar. Bukit Bangkirai ini juga merupakan hutan konservasi yang memiliki tujuan untuk mengembangkan monumen hutan alam tropika basah.

Salah satu atraksi populer di kawasan wisata hutan ini adalah canopy bridge. Sebuah jembatan yang menghubungkan puncak pohon dengan puncak pohon yang lain. Jembatan ini semacam menara pandang raksasa. Kawasan wisata ini terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Untuk bisa sampai ke kawasan wisata Bukit bangkirai ini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 58 km dan membutuhkan waktu kira-kira 1,5 jam melalui perjalanan darat dari kota Balikpapan. Atau Jarak 150 km dari kota Samarinda atau Tenggarong. Sedangkan jika dihitung dari kecamatan Samboja hanya berjarak sekitar 20 km. (sumber: nativeindonesia)