5 pulau yang asik buat camping di Kepulauan Seribu (Ilustrasi foto: awesome ocean)
5 pulau yang asik buat camping di Kepulauan Seribu (Ilustrasi foto: awesome ocean)

DOMIGADO – Anak Jakarta pasti sudah familiar dengan kepulauan seribu. Di Kepulauan Seribu ada beberapa pulau yang asik dan cocok untuk camping. Kepulauan seribu memang selalu menawarkan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Siap camping di pantai? Nah, kali ini redaksi Domogado.com akan merekomendasikan 5 pulau di kepulauan seribu yang asik buat camping.

Kegiatan di alam bebas tentunya sangat menyenangkan bagi sebagian orang yang menggemarinya, dan camping bisa menjadi pilihan yang sempurna. Camping memang tak selalu identik dengan pegunungan. Camping di pulau dengan pemandangan laut yang biru serta pasir putih menjadi daya Tarik tersendiri. Wisata ke pulau seribu? Berikut adalah 5 pulau yang asik buat camping di Kepulauan Seribu.

1. Pulau Sepa

Pernah terbayang bagaimana rasanya camping di pulau kecil? Sudah pasti rasanya seperti berada di pulau pribadi. Itulah yang akan kamu rasakan saat camping di Pulau Sepa. Nah, di pulau Sepa Kepulauan Seribu ini meskipun pulau kecil tidak berpenghuni, namu fasilitas yang ada di pulai ini terbilang cukup lengkap.

Pulau Sepa memiliki luas 3,5 hektar, dikembangkan sebagai pulau wisata berstandart resort. Pulau dikelola dengan cukup baik. Pulau Sepa memiliki spot camping yang cukup menawan. Disini kamu bisa memasang tenda di tepi pantai karena bentuk pantai yang landai, dan laut yang tenang. Di sini kamu akan dengan mudah mendirikan tenda dibawah pohon-pohon yang rindang.

Bagi kamu yang suka dengan water sport, snorkling bisa menjadi pilihan di pulau ini. Alam bawah laut Pulau Sepa cukup menarik untuk dijelajahi. Terumbu karang warna-warni yang indah, ikan khas perairan dangkal yang beragam warna akan memanjakan mata. Udara segar di Pulau Sepa akan membuat kamu lupa jika kamu masih berada di sekitaran Jakarta.

2. Pulau Semak Daun

Melansir laman Kompascom, bermalam di tepi pantai Pulau Semak Daun akan kian menenangkan sambil mendengarkan deruan dan aroma air laut yang menyegarkan. Bagi kamu yang ingin mengisi waktu di kala senja bisa berjalan-jalan keliling pulau. Jangan takut tersasar, karena pulau ini kecil, sehingga tidak akan membingungkan.

Jangan lupa melepas alas kaki saat berjalan di pasir pantai dan rasakan lembutnya pasir putih. Kamu juga bisa menyaksikan keindahan sunset di Pulau Semak Daun. Hamparan laut luas di sana menambah pemandangan sunset yang menarik. Aktivitas wisatawan lain saat di Pulau Semak Daun adalah snorkeling. Aktivitas ini merupakan salah satu yang digandrungi para wisatawan.

Siapa pun yang snorkeling di Pulau Semak Daun bisa menyaksikan terumbu karang yang indah dengan air laut jernih. Kalau bosan di malam hari, kamu bisa memancing ikan di dermaga.  Kalau hanya ingin bersantai, dermaga juga cocok untuk melihat hamparan bintang yang berkilau di langit malam. Dermaga juga biasanya digunakan pengunjung sebagai spot foto yang instagramable.

Meskipun pulau ini kecil, kamu tidak perlu khawatir karena sudah tersedia toilet dengan air bersih. Pulau Semak Daun tidak berpenghuni, tapi ada satu warung kecil yang menjual makanan, cemilan, dan minuman. Namun, untuk berjaga-jaga, tetap membawa makanan dan air dari rumah.

3. Pulau pari

Pulau Pari adalah Pulau berpenduduk. Memiliki laut yang jernih dan keindahan pantai yang eksotis membuat Pulau Pari menjadi pilihan destinasi sempurna untuk memanjakan mata kamu. Pulau Pari memiliki sebuah pantai yang mempesona bernama Pantai Pasir Perawan. Adanya Pantai ini tentu saja menambah keindahan bagi Pulau Pari. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat berwisata ke ini.

Salah satu aktivitas yang tak boleh dilewatkan saat berlibur ke pulau adalah snorkeling. Pulau Pari Memiliki ekosistem bawah laut yang indah dan tentunya banyak dijumpai ikan-ikan kecil yang cantik. Di Pulau Pari pun terdapat penyewaan alat snorkeling sehingga memudahkan pengunjung jika ingin melakukan kegiatan yang satu ini.

Pulau Pari ini juga memiliki spot camping yang sangat menarik yaitu di pantai pasir perawan. Spot ini bersebelahan dengan lapangan yang cukup luas, dan telah tersedia cukup fasilitas disini, seperti toilet, kamar mandi, dan ada warung makan yang tidak begitu jauh dari spot area camping. Disini kamu bisa mendirikan tenda dibawah pohon-pohon rindang yang berjejer disekitar pinggir pantai. Selain itu kamu juga bisa memasang hammock pada dahan-dahan pohon sekitar.

4. Pulau Kelor

Pulau Kelor merupakan gugusan pulau yang secara administratif berada di Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Jakarta. Letaknya berdekatan dengan gugusan yang sama dengan Pulau Petandan Besar, Pulau Petondan Kecil, Pulau Kelapa, Pulau Onrust, Pulau Cipir, dan Pulau Bidadari. Sebagai peninggalan masa kolonial Belanda, tentu pulau yang luasnya diibaratkan ‘sebesar daun kelor’ yakni 28 hektar memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Di sini terdapat peninggalan seperti galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke-17 yaitu Benteng Martello. Benteng Martello memang menjadi primadona Pulau Kelor lantaran bentuknya yang paling terlihat meski dari kejauhan. Ini yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi pulau ini.

Pantai nya sendiri memiliki pasir putih yang lembut, dengan ombak yang tenang. Untuk ketersediaan listik nggak usah takut, listrik disini sudah tersedia walaupun cuma malam hari. Kamu bisa numpang ngecas di pos jaga atau di saung lesehan sekitar pualu. Pulau Kelor terbuka untuk umum 24 jam. Oleh karena itu, kamu boleh camping di sini, dengan catatan harus membawa tenda sendiri.

5. Pulau Papa Theo

Melansir laman seringjalan, salah satu pulau wisata yang ada dikepulauan seribu yang bisa dijadikan tempat camping seru adalah pulau Papatheo. Pulau ini adalah sebuah pulau tanpa penghuni yang kini menjadi pulau tempat wisatawan melakukan aktivitas camping atau memancing. Pulau papateho juga sering disebut Pulau Petodan Kecil.

Pulau Papa theo ini dulunya merupakan sebuah pulau resort yang cukup ramai. Namun seiring waktu Pulau Papatheo Akhirnya ditinggalkan dan kini sisa bangunan dipulau ini masih berdiri meski sebagian bangunanya lagi sudah lapuk dimakan usia. Kini Pulau Papatheo Menjadi salah satu tempat tujuan camping oleh warga Jakarta yang sedang liburan ke Pulau Seribu.

Biasanya komunitas Backpacker Jakarta rajin menggelar trip camping ke Pulau Papatheo. Selain karna pemandanganya cukup indah juga karna Pulau Papatheo Masih sepi dan tak berpenghuni sehingga wisatawan leluasa melakukan aktivitasnya.