Lawang Sewu menjadi salah satu destinasi wisata horor di Indonesia (foto: Merdeka.com/sapto anggoro)
Lawang Sewu menjadi salah satu destinasi wisata horor di Indonesia (foto: Merdeka.com/sapto anggoro)

DOMIGADO – Indonesia memang lekat dengan hal-hal yang berbau mistis. Bagi kamu pecinta sesuatu yang berbau horor, Indonesia juga memiliki banyak sekali destinasi wisata horor yang terkenal angker. Beberapa destinasi wisata horor yang ada di Indonesia tersebar di berbagai daerah seperti Pula Sumatera, Jawa, Bali hingga Sulawesi. Selain menguji adrenalin, destinasi wisata horor Indonesia juga memiliki keunikan dan keindahan yang tentu saja sayang untuk dilewatkan.

Nah, jika kamu penasaran, memiliki nyali yang besar dan ingin membuktikan seberapa tinggi keberanian kamu, berikut adalah 5 destinasi wisata horor di Indonesia yang berhasil redaksi Domigado rangkum dari berbagai sumber.

1. Taman Festival Sanur, wisata horor Indonesia yang ada di Bali

Taman Festival Sanur masuk kedalam daftar destinasi wisata horor Indonesia
Salah spot horor di Taman Festival Sanur (foto: @juhanisarglep/tripzilla.id)

Siapa yang menyangka ada tempat di Bali yang tidak menghadirkan kesan keindahan dan kenyamanan, melainkan lebih ke nuansa yang horor dan mengerikan. Destinasi wisata horo ini adalah Taman Festival yang berada di wilayah Sanur. Sebuah theme park terbengkalai yang kini telah kembali dikuasa alam. Bagi kamu yang suka dangan nuansa horor, tidak ada salahnya mencoba mengunjungi destinasi wisata satu ini. Tempat ini pun dijamin bisa menjadi lokasi yang cukup menantang dan penuh adrenalin.

Seperti namanya, Taman Festival Bali merupakan sebuah wahana permainan yang kini sudah tak dibuka dan dibiarkan tak terawat. Ilalang serta rapuhnya dinding bangunan memberikan suasana horor layaknya dalam sebuah film seperti Jurrasic Park. Dijamin deh, kamu pun akanterkaget-kaget dengan suasana di dalamnya.

Jika pergi semakin ke dalam, kamu akan menemukan sebuah pohon besar di bagian tengah bangunan yang akan memancarkan aura mistis bagi siapa pun yang berusaha mendekatinya. Banyak orang yang merasakan fenomena-fenomena ganjil saat berada di dalam bangunan tua di taman ini, seperti mendengar suara-suara yang misterius atau bertemu dengan sosok mengerikan saat berada di dalam Taman Festival Bali dan bahkan ada yang pernah bertemu dengan buaya-buaya kanibal.

2. Pulau Kumala, pulau yang bikin merinding di Kalimantan

Pulau Kumala menjadi salah satu wisata horor Indonesia
Patung mitologi Kutai Kartanegara, Legenda Naga Erau dan Puteri Karang Melenu di Pulau Kumala (foto: Instagram @shin_diary)

Destinasi wisata horor Indonesia berikutnya adalah Pulau Kumala. Pulau Kumala, salah satu lokasi wisata beken di Kalimantan ini memadukan budaya tradisional dan teknologi modern. Saat ini, pulau Kumala sudah menyediakan fasilitas seperti kereta gantung, sky tower dan lain sebagainya. Buat kamu yang ingin menginap, tersedia juga hotel untuk kenyamananmu. Dari segala perkembangan yang ada di lokasi wisata yang terletak di Jalan K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Timbau, Tenggarong, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara ini, ternyata dulunya adalah hutan lebat yang juga dihuni binatang-binatang liar.

Namun, lokasi hutan tersebut juga terancam tenggelam jika sungai Mahakam meluap. Mungkin karena dulunya merupakan hutan belantara, makanya orang-orang sekitar kerap mengaku melihat sesosok hantu genderuwo di pepohonan yang ada di pulau tersebut. Tak jarang juga yang melihat sosok wanita yang duduk seorang diri di sana. Itulah mengapa, Pulau Kumala masuk kedalam daftar wisata horor Indonesia.

3. Taman Nasional Alas Purwo, alas wingit yang ada Jawa Timur

Situs Kawitan merupakan situs peninggalan Kerajaan Majapahit di alas Purwo (foto: yukbanyuwangi.co.id)
Situs Kawitan merupakan situs peninggalan Kerajaan Majapahit di alas Purwo (foto: yukbanyuwangi.co.id)

Destinasi wisata horor Indonesia ke tiga adalah Alas Purwo. Saat mendengar nama alas purwo, yang terlintas dalam kepala adalah hal hal berbau mistis, ghaib, dan horor. Tidak salah sih jika yang terpikir pertama kali adalah hal hal semacam itu. Karena reputasi Alas Purwo selama ini memang diidentikkan dengan hal hal berbau mistis. Dengan luas 43.420 hektare Alas Purwo terbagi dalam 6 ekosistem.

6 ekosistem itu meliputi: hutan bambu, hutan mangrove, hutan pantai, hutan alam, hutan tanaman dan juga hutan padang rumput. Taman Nasional Alas Purwo juga kaya akan fauna, diantaranya banteng, rusa, ajag, babi hutan, kijang, macan tutul, lutung, monyet ekor panjang, burung Merak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kawasan Alas Purwo memang terkenal karena pesona alamnya yang begitu eksotis.

Namun sebelum itu, siapa yang menyangka di sinilah tempat berkumpulnya para jin? Bahkan ada paranormal yang menuturkan ada kerajaan jin di sana. Tak jarang para penduduk melihat penampakan seperti genderuwo hingga kuntilanak. Pohon-pohon yang tumbuh rapat di Alas Purwo, terkadang menimbulkan masalah. Misalnya seperti tersesat atau diculik jin. Alas purwo memang pantas menyandang sebagai wisata horor Indonesia.