4. Desa Wisata Tembi, Yogyakarta

Desa Wisata tembi menawarkan kegiatan sosial budaya khas Jawa (foto: istimewa)
Desa Wisata tembi menawarkan kegiatan sosial budaya khas Jawa (foto: istimewa)

Kegiatan ekowisata juga bisa berhubungan dengan kegiatan sosial budaya yang berhubungan dengan lingkungan. Hal ini dapat kita temukan di Desa Wisata Tembi yang juga termasuk kedalam kawasan tempat wisata di jogja. Jika kita berkunjung ke kawasan desa wisata yang satu ini maka pastinya kita akan disambut dengan suasana pedesaan yang masih sangat asri dan nyaman. Konsep ekowisata yang diusung oleh tempat yang satu ini adalah kembali mengenalkan khasanah budaya tradisional yang mulai luntur dan hilang.

Wisata yang satu ini juga menawarkan beragam jenis kegiatan yang cukup menarik dan menyenangkan. Disini kita akan diajari untuk membatik, melukis, memuat tembikar, bahkan hingga membuat beberapa jenis makanan tradisional yang pastinya akan sangat asik untuk dilakukan. Sebagai salah satu destinasi tempat wisata di Bantul, kawasan Desa Wisata Tembi ini memang tak bisa diabaikan begitu saja. Keindahan alam dan kearifan lokal masyarakatnya memang sangat menarik untuk di kunjungi.

5. Ekowisata Taman Nasional Baluran, Banyuwangi Jawa Timur

Ekowisata terbaik Indonesia Taman Nasional Baluran (foto: indosurvival)
Ekowisata terbaik Indonesia Taman Nasional Baluran (foto: indosurvival)

Taman nasional Baluran mendapatkan julukan sebagai little Africa ini Java. Taman Nasional Baluran menyuguhkan berbagai macam konservasi dan hewan-hewan liar yang hidup bebas di alam. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Nasional Baluran. Petualangan dimulai dari resort Batangan yang merupakan gerbang petama TN Baluran. Dari Batangan, kita akan banyak disuguhi cantiknya panorama alam di rute kawasan hutan Evergreen – Savana Bekol – Pantai Bama dengan jarak sejauh 15km.

Pantai Bama Taman Nasional Baluran (foto: merahputih)
Pantai Bama Taman Nasional Baluran (foto: merahputih)

Di tengah jalan kita dapat menjumpai satwa liar seperti ayam hutan, tupai, aneka burung, monyet, banteng, merak dan kijang. Hamparan padang savana yang merupakan primadonanya TN Baluran ketika musim kemarau rumputnya menjadi kekuningan emas dan ketika musim rumput akan menjadi hijau merupakan salah satu daya tarik tersendiri.

Sekitar 3 km dari Savana Bekol terdapat Pantai Bama, pantai cantik terletak di kawasan Taman Nasional Baluran. Pantai dengan hamparan pasir putih dan terumbu karang ini akan memberimu pengalaman menakjubkan jika ber-snorkeling ria di Pantai Bama. Pantai ini cukup sepi pengunjung jika bukan akhir pekan, sehingga serasa memiliki pantai pribadi. Terdapat juga tempat yang tenang dan romantis, yaitu dermaga mangrove Bama. Dermaga kecil yang dikelilingi tanaman magrove ini merupakan salah satu destinasi wajib dikunjungi ketika ada di Pantai Bama.