holiday

Selama ini mungkin masih banyak sekali orang beranggapan bahwa hobi traveling adalah hobi yang mahal. Bepergian ke tempat-tempat wisata atau mengunjungi daerah-daerah lain yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Tentu saja, mereka berpikir butuh biaya yang tidak sedikit untuk melakukan hobi traveling itu. Namun sebenarnya anggapan itu tidaklah benar, karena untuk traveling itu tidaklah harus mahal, semua orang dapat berlibur tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Liburan murah juga bukan berarti akan mengurangi keasyikan saat berlibur. Justru dengan berhemat, pengalaman-pengalaman baru yang seru juga dapat kita rasakan. Nah, buat kamu yang ingin merasakan liburan hemat tapi tetapi tetap menyenangkan, simak beberapa tips dan trik berikut ini.

Survei dulu lokasi liburan

Sebelum berlibur, tentukan dulu tempat seperti apa yang diinginkan. Untuk memastikan bahwa tempat itu cocok dengan ekspektasi kita, lakukan dulu survei melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur-brosur dari agen travel, bahkan cerita-cerita dari pengalaman teman juga bisa menambah referensi.

Dengan melakukan survei ini, kita juga bisa mengetahui berapa banyak budget yang harus kita siapkan. Bahkan kita bisa mengetahui kalau-kalau ada promo hotel atau transportasi saat kita ke sana. Liburan hemat pun tidak hanya menjadi sebuah impian.

Pesan akomodasimu dari jauh hari

Setelah melakukan survei, kini saatnya memesan tiket transportasi, hotel, bahkan tiket masuk tempat wisata jika ada. Memesan tiket lebih awal biasanya kita akan mendapatkan harga yang lebih murah, bahkan tidak jarang ada penawaran-penawaran menarik selama kita berlibur.

Memesan sejak jauh-jauh hari, memungkinkan kita untuk mendapatkan penawaran harga terbaik dari maskapai penerbangan. Bukan hanya itu saja, kita juga memiliki kesempatan untuk memanfaatkan event promo atau potongan harga lainnya yang diberikan oleh maskapai penerbangan.

Hal yang sama juga bisa kita lakukan ketika memesan hotel. Pastikan memilih waktu terbaik saat melakukan pemesanan, sehingga kita bisa mendapatkan harga paling murah dan ramah di kantong. Beberapa hotel juga menyediakan voucher atau potongan harga pada waktu-waktu tertentu, dan kita bisa memanfaatkan itu untuk menghemat biaya perjalanan liburan.

Usahakan pergi tidak di musim liburan

liburan hemat dengan mengindari musim liburan

Untuk mendongkrak penumpang saat low-season, maskapai penerbangan biasanya mengeluarkan tiket promo di periode ini. Kita akan lebih mudah mendapatkan tiket hemat untuk periode low-season.

Sama halnya dengan penerbangan, saat low-season hotel juga seringkali menawarkan tarif lebih rendah dibandingkan dengan  hari biasa, apalagi saat high season. Kita bisa menginap lebih lama untuk budget yang sama. Dan saat low season kita biasanya diperbolehkan untuk check-in lebih awal dan check-out lebih lambat.

Satu hal lagi, ketika kita liburan saat low season, kita akan lebih nyaman di tujuan wisata, karena turis akan lebih sepi dibandingkan dengan disaat kita liburan di high season. Kenyamanan akan lebih maksimal, kita tidak perlu antri lama saat akan masuk ke wahana-wahana, begitu juga saat makan, dan belanja di toko. Bahkan kita tidak perlu ‘berebut’ untuk sekedar selfie di spot-spot favorit.

Kenyamanan lebih penting dari kemewahan

nyaman dengan liburan hemat

Berlibur adalah waktu untuk merefleksikan diri, namun bukan berarti liburan selalu berkaitan dengan fasilitas mewah. Untuk menekan budget, cobalah untuk mengesampingkan kemewahan dan fokus pada kenyamanan. Mulai dari penerbangan, hotel, transportasi selama liburan, dan lokasi untuk makan.

Disaat ini sudah banyak sekali penginapan-penginapan ramah di kantong dengan fasilitas yang cukup nyaman, mulai dari kolam renang hingga ruangan-ruangan yang cukup unik untuk sekedar menikmati suasana dan berselfie ria.

Bijak dalam belanja

Pasar seni

Dalam belanja oleh-oleh di swalayan atau tempat khusus oleh-oleh, patut kita coba untuk mencarinya di pasar-pasar tradisional. Sudah pasti, disana akan menawarkan barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan pasar swalayan. Tidak hanya dari sisi harga, pasar setempat tentunya akan menawarkan kuliner lokal tanpa perlu membayar harga restoran ala hotel bintang lima.

Namun, karena kita bukan penduduk lokal, mungkin saja kita akan diberikan harga yang lebih tinggi dari yang seharusnya. Untuk itu, kita harus rajin menawar ketika membeli sebuah barang atau makanan. Walaupun kita hanya bisa menawar sedikit dari harga yang ditawarkan, tetap saja hal ini akan membantu kita dalam berhemat.

Bagaimana? Dengan tips di atas, kita bisa menikmati liburan dengan budget yang hemat namun tetap menyenangkan. Yang terpenting adalah, kita harus menaati anggaran dan jangan sampai lapar mata ya.

Selamat berlibur….