5. Kampung Wisata Jodipan, wisata gamcheon village di Malang.

Wisata “Gamcheon Village” Rasa Lokal, Mirip Sama di Korea

Kampung ini dulunya merupakan perkampungan kumuh yang berganti wajah sejak mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang mengubahnya menjadi lebih hidup dan penuh warna.

Para mahasiswa bekerjasama dengan seniman lokal dan menyulapnya seperti sekarang. Banyak spot foto menarik yang bisa pengunjung temukan, misalnya lukisan 3D, jembatan Embong Brantas, lorong payung dan sebagainya.

Pengunjung hanya perlu membayar Rp 4 ribu saja untuk tiket masuk ke kampung yang berada di Desa Jodipan ini.

6. Kampung Wisata Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Sejak hadir 2017 lalu, kampung ini kerap ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berfoto ria. Bahkan dua kampung di Linggau Ulu dan Ulak Surung yang dahulunya kumuh kini diubah menjadi berwarna warni dan menarik perhatian. Tidak hanya itu, warga kampung turut membuka usaha kuliner dan oleh-oleh untuk menambah pendapatan.

7. Kampung Wisata Teluk Seribu, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Wisata “Gamcheon Village” Rasa Lokal, Mirip Sama di Korea

Di tepi Sungai Manggar terdapat kampung pelangi lainnya. Kampung itu penuh dengan warna-warna cantik yang membuat siapapun ingin berfoto, misalnya di spot foto dengan lukisan monyet yang sedang selfie.

Selain menawarkan kampung dengan warna, Kampung Warna-Warni Teluk Seribu juga menawarkan jalan-jalan dengan kapal nelayan untuk menelusuri hutan bakau.

8. Kampung Pelangi, wisata gamcheon village Banjarbaru.

Rumah-rumah warga yang berada di pinggir Sungai Kemuning kini berwarna-warni. Setiap bangunan dihiasi mural, lukisan kartun hingga gambar 3D yang menghiasi. Bahkan jalanannya pun juga diberi warna indah. Tampak sangat berbeda dengan kondisi kampung di pinggir Sungai Kemuning, yang dulu terlihat kumuh.

Perubahan kampung di sekitar Sungai Kemuning berawal saat warga mendapat bantuan berupa cat dari pemerintah daerah. Mereka kemudian mengubah lingkungan yang kumuh menjadi lebih bersih dan berwarna.

Hingga akhirnya pada 2017, Kampung Pelangi diresmikan oleh Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani. Sejak saat itu, Kampung Pelangi banyak didatangi turis-turis apa lagi jaraknya tak begitu jauh dari pusat Kota Banjarbaru.

Jadi sebelum kamu pergi berkunjung ke Gamcheon Village yang ada di Busan, ada baiknya kamu datangi dulu “kampung warna-warni” rasa lokal yang ada di Indonesia. Gimana, mirip kan?