Domigado – Jika kamu belum pernah melakukan solo travelling atau perjalanan sendirian, maka liburan ini bisa membuatmu sangat antusias dan bergembira atau bisa saja justru akan menghancurkan ekspektasimu. Tapi jika kamu merencanakannya dengan matang dan baik, bisa jadi perjalanan solo travelling kamu akan menyenangkan. Buat kamu yang belum pernah melakukan, sesekali perlu untuk mencoba solo travelling. Pandemi yang berlangsung cukup lama membuat kita bosan dan mood berantakan. Rasanya ingin sekali segera melakukan perjalanan liburan, entah keluar negeri atau didalam negeri saja. Mau melakukan solo travelling atau pergi jalan-jalan bersama-sama.

Simak, yuk, 14 kota yang menjadi rekomendasi para ahli yang dihimpun dari beberapa sumber untuk perjalanan solo pertamamu setelah pandemi ini berakhir!

14. Lisbon, Portugal

Somto Ugwueze, seorang penulis perjalanan di SomtoSeeks.com, merekomendasikan Lisbon, Portugal untuk pelancong pertama kali. “Lisbon tidak hanya aman, tetapi juga menawarkan banyak aktivitas yang sempurna untuk pelancong solo,” tuturnya. 

Menurut James Cave, pendiri Portugalist, meskipun pencopetan bisa menjadi masalah di beberapa bagian kota, Lisbon adalah ibu kota negara teraman ketiga di dunia, menurut Indeks Perdamaian Global.

13. Sydney, Australia

Jeff Peo, salah satu pendiri dan CEO startup dari walkli, akan merekomendasikan Sydney, Australia untuk seseorang yang belum pernah bepergian sendirian sebelumnya. “Sydney jauh dan cukup eksotis untuk menjadi menarik, tapi cukup familiar sebagai kota modern.” 

Dia mengatakan kota ini juga cukup sosial, jadi kamu tidak mungkin merasa kesepian. Terutama jika kamu tinggal di hostel tempatmu menginap, kemungkinan kamu juga akan bertemu banyak pelancong solo lainnya.

12. Taipei, Taiwan

Becca Siegel dan Dan Gold menjalankan situs perjalanan halfhalftravel. Mereka mengatakan bahwa jika seseorang belum pernah bepergian sendirian, bepergian ke suatu tempat yang sangat aman akan bermanfaat. “Taipei teratur, bersih, aman bagi perempuan dan wisatawan yang sendirian, dan ingin melakukan banyak hal,” kata mereka. 

“Untuk satu hal, ini adalah surga pecinta kuliner. Ada sekitar lima hingga 10 pasar malam dengan berbagai ukuran, masing-masing menampilkan makanan segar dan camilan terbaik di kota, dan terkadang dari berbagai wilayah di Taiwan atau Asia.” 

11. Krakow, Polandia

Marissa Pedersen, seorang penulis perjalanan dan pemilik akun Instagram PostcardstoSeattle, merekomendasikan Krakow, Polandia. “Kota ini tidak mahal bagi sebagian besar para pelancong, jadi kamu dapat dengan mudah berkunjung dengan anggaran terbatas dan tetap bisa memncoba makanan yang enak,” katanya. 

“Transportasi juga terjangkau, jadi kamu bisa naik kereta ke kota lain di Polandia untuk perjalanan singkat sehari,”  tambahnya. Dia mengatakan kamu juga akan menemukan banyak wisatawan sebagai solo traveller lainnya, yang mengunjungi banyak tempat wisata dan menginap di hostel.