Domigado – Babat merupakan bagian jeroan sapi yang berasal dari lambung hewan penghasil susu tersebut, bagian ini adalah komoditas pasar yang cukup populer, terutama di Indonesia.
Meski pengolahannya kerap kali memakan waktu seharian, namun tak dapat dimungkiri bahwa babat memang memiliki rasa gurih nan lezat yang membuat nafsu makan selalu meningkat. Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis olahan babat yang dimasak dengan bumbu dan ciri khas dari daerah tertentu, sebut saja gulai babat, nasi babat Madura, dan banyak olahan babat lainnya.

Berikut ini ada lima olahan berbahan dasar babat yang populer di seluruh dunia dan bisa kamu cicipi jika berkunjung ke sana, apa saja? Salah satunya ada di Indonesia,loh!

Menudo Rojo

Menudo Rajo adalah salah satu makanan tradisional asal Mexico yang berbahan dasar babat sapi. Olahan ini merupakan hidangan berkuah dengan ciri khas warna merah menyala yang menggugah selera.

Dahulu kala, menudo rojo hanya dimasak oleh orang-orang dengan ekonomi menengah ke bawah, sebab hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menikmati daging. Namun kini menudo rojo menjadi salah satu makanan ikonik di seluruh Mexico.

Hidangan ini biasa disajikan sebagai menu untuk menyambut perayaan penting, seperti ulang tahun, Natal, atau acara-acara penting lainnya. Proses pemasakannya pun membutuhkan waktu yang panjang untuk memastikan kalau babat memiliki tekstur sempurna.

Kare-kare

Kare-kare adalah sajian berbahan dasar babat selanjutnya, hidangan ini berasal dari salah satu negara di kawasan Asia, yakni Filipina. Sama seperti olahan babat sebelumnya, kare-kare masuk ke dalam kategori makanan berkuah.

Ciri khas dari masakan ini terletak pada komponen di dalam sup yang tidak cuma terdiri dari babat. Nah, kalau biasanya kita sering menemukan sup babat dengan aneka jeroan saja, maka dalam semangkuk kare-kare, kita juga akan menemukan banyak sayur.

Di dalam olahan kare-kare terdapat kacang panjang, bok choysampai kacang tanah. Jadi selain menggugah selera, sup ini tergolong memiliki tekstur dan rasa yang variatif dalam kuah kuning penuh bumbu.

Fuqi Fei Pian

Salah satu negara yang cukup sering mengolah babat menjadi makanan sedap lainnya ialah Tiongkok, di negara dengan penduduk terbesar itu, babat diolah sebagai hidangan yang dikenal dengan sebutan fuqi fei pian.

Bila dua olahan sebelumnya disajikan dengan menggunakan banyak kuah, maka olahan ini dimakan sebaliknya. Ia dimasak dengan cara direbus dan kemudian disajikan dalam kondisi sedikit berkuah dan disandingkan dengan saus khusus.

Pada umumnya hidangan ini memuat daging dengan beberapa bagian dari sapi, lidah, atau jeroan. Nah, untuk beberapa varian, fuqi fei pian biasanya hanya menggunakan babat saja sebagai bahan utamanya.

Soto Babat

Pencinta makanan dalam negeri, pasti tidak asing lagi dengan olahan berkuah yang terdiri dari babat dan segala macam isian ini. Ya, hidangan menggugah selera tersebut adalah soto babat dari Indonesia.

Di dalam negeri, soto babat seringkali disajikan bersama nasi atau lontong sebagai menu makan siang atau ada juga yang menjadikan soto babat sebagai menu sarapan enak dan bikin kenyang.

Makanan bersantan ini biasanya tidak cuma memuat babat saja, melainkan juga berisi tauge, tomat, sampai ada pula yang menambahkan telur rebus supaya hidangannya semakin mengenyangkan dan lengkap.

Tripe Curry

Negara tetangga kita, yakni Malaysia juga mempunyai makanan yang terbuat dari babat yang tidak kalah menggugah selera, olahan ini bernama tripe curry atau kari babat. Seperti namanya, tripe curry tidak banyak menggunakan air, dengan konsentrasi kuah yang cukup kental.

Selayaknya kari pada umumnya, tripe curry ini mengandung banyak sekali rempah, selain terkenal sedap, tripe curry asal Malaysia ini cocok dihidangkan sebagai salah satu menu utama penghangat badan.

Jadi, kelima hidangan yang populer dari berbagai negara dengan menggunakan babat, setiap olahan memiliki ciri khas masing-masing. Yang membuat kita kaya akan wawasan mengenai kuliner negara-negara tersebut. Kalau kamu sendiri kira-kira tertarik dengan olahan babat yang mana saja?