DOMIGADO – Kuliner khas Manado telah menyebar di pusat-pusat pembelanjaan. Kalau kita jalan ke mall, lalu makan di area food court, selalu ada kedai makanan Manado. Bahkan ada juga di pusat-pusat perkulakan, semacam Tanah Abang. Makanan Manado banyak yang mencari, juga ramah di lidah banyak orang. Kota Manado selain dikenal akan obyek-obyek wisata yang sangat indah, memang juga terkenal dengan kekayaan kulinernya. Makanya banyak sekali traveler dari dalam maupun luar negeri yang berbondong-bondong datang ke Ibukota Provinsi Sulawesi Utara ini.

Jika Anda berwisata ke Manado, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Manado yang dijamin akan memanjakan lidah Anda. Berikut ini adalah 10 makanan khas Manado yang wajib anda coba saat berkunjung ke Manado.

1. Panada

Panada kuliner khas Manado
Panada. Foto. kitchenofindonesia.com

Banyak yang mengatakan kue panada ada pengaruh dari kuliner Belanda atau Portugis karena bentuknya seperti pastel. Tetapi diyakini justru panada mendapat pengaruh kuliner Spanyol karena sangat mirip dengan kue empanada. Isinya ikan cakalang seperti abon  yang dibumbu pampis. Dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, dan daun bawang. Rasanya gurih pedas, lezat!

2. Cakalang Pampis

Cakalang pampis kuliner khas Manado
Cakalang Pampis. Foto. masakandapurku.com

Penyuka lauk ikan, tak akan melewatkan makanan satu ini. Namanya sangat terkenal. Cakalang Pampis khas Manado ini berbahan dasar ikan cakalang kukus yang disuwir-suwir kemudian dicampur bumbu yang sudah ditumis. Bahan yang digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, cabai rawit, cabai merah, minyak kelapa, serai daun bawang dan garam. Rasanya yang gurih pedas akan membuat Anda tak bisa melupakan kenikmatannya.

3. Sambal Roa

Sambal roa kuliner khas Manado
Sambal Roa. Foto. cookpad.com

Nama sambal roa sangat terkenal. Dari bermacam-macam sambal yang ada, sambal roa adalah sambal khas Manado yang paling laris saat dijual. Biasanya sambal roa dihidangkan dengan berbagai jenis makanan ataupun gorengan. Bahkan banyak orang juga memakan sambal roa hanya dengan seporsi nasi panas. Sambal roa sendiri dibuat dari ikan roa yang telah di asap dan dijemur berhari-hari sampai kering, kemudian dihaluskan dan dicampur dengan bumbu sambal racikan khas Manado. Sekali makan sambal roa, tak akan terlupa selamanya.

4. Tinutuan / Bubur Manado

bubur manado
Tinutuan. Foto. cookpad.com

Ini adalah bubur yang paling lengkap. Tinutuan atau bubur Manado merupakan makanan khas dari Manado yang tak hanya di kenal di Manado, tetapi juga terkenal di seluruh Indonesia. Makanan ini sering disebut makanan yang sangat sehat karena komposisinya yang mengandung banyak macam sayur dan tanpa daging. Isinya labu kuning, bayam, singkong, beras, kangkung, daun gedi, jagung, dan kemangi. yang berguna untuk tubuh. Biasanya tinutuan disajikan bersama ikan, aneka gorengan, dan sambal.

5. Cakalang Fufu Saos

cakalang fufu saos
Cakalang Fufu Saos. Foto. food.detik.com

Yang nggak suka ikan, bisa coba makanan yang satu ini. Dijamin akan suka bahkan nambah karena gurihnya tanpa tanding. Rasanya khas banget. Cakalang fufu adalah ikan khas Manado yang sangat enak. Cakalang merupakan jenis ikan yang tidak hanya enak, tetapi juga banyak manfaat bagi tubuh kita. Kandungan cakalang diketahui mampu untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat otak serta membantu pemulihan depresi. Cakalang saos ini merupakan makanan yang bercita rasa pedas dan kaya akan bumbu. Saos yang dicampurkan mirip seperti bumbu balado. Mau coba?

6. Ikan Woku

ikan woku
Ikan Woku. Foto. cookpad.com

Yang suka rempah-rempah bisa coba ikan woku. Makanan yang satu ini sangat kaya akan bumbu. Biasanya, woku bisa dimasak dengan berbagai jenis ikan sesuai dengan selera. Jenis ikan yang sering dipakai dalam masakan ini adalah tuna, cakalang dan mujair. Rasa bumbu woku sangat kaya akan rempah seperti sereh, daun lemon, kemangi, kunyit, jahe, sehingga kamu bakal ketagihan. Makan ikan ini bikin tubuh jadi hangat dan terasa sehat.