Usai bulan suci ramadan bulan yang penuh berkah, lalu datanglah hari yang ditunggu, hari lebaran di bulan syawal. Lebaran adalah momen spesial dan istimewa untuk berkumpul dan bersilaturahim bersama keluarga, kerabat, sahabat, dan teman. Selalu ada kuliner ciri khas Lebaran yang bisa kita temui. Selain ketupat lebaran, tentu ada kue-kue cemilan lebaran yang enak. Mungkin tahun ini akan berbeda suasana lebaran di banding tahun-tahun yang lalu karena pandemi corona. Tapi, tetap saja rasanya tidak afdol jika lebaran tanpa kehadiran kue- kue kering ini.  

Berikut  kue-kue cemilan yang paling populer saat lebaran:

1. Kue Wafer

kue wafer

Dulu kue kaleng yang paling ngetop dan legend adalah kue kaleng merk Khong Guan. Kue kaleng itu hanya satu yang seringkali jadi rebutan, yaitu kue wafernya. Nah seiring perkembangan zaman, sekarang banyak sekali merk-merk kue wafer yang dengan mudah kita temui. Wafer tetap istimewa.

2. Nastar

Kue Kering Nastar

Namanya tidak asing di telinga. Yup, kue kering ini salah satu kue favorit saat lebaran tiba. Kue kering bulat lembut dengan isian selai nanas ini jarang absen dari toples kue di rumah. Nama Nastar berasal dari bahasa Belanda yaitu ‘ananas’ yang berarti nanas, dan ‘tar’ yang berarti kue atau pie. Jadi nastar sendiri memiliki arti tart nanas. Di Eropa, kue ini berisi selai blueberry atau apel. Namun di Indonesia blueberry begitu sulit didapat maka digantilah dengan selai nanas. Nastar kue bisa disebut kue sejuta umat saat lebaran tiba.

3. Kastengel

Kue Kering Kastengel

Yang tidak suka manis, kue ini bisa jadi pilihan. Kastengel merupakan kue kering yang diadaptasi dari kue khas Belanda yaitu ‘kaas’ yang berarti keju. Jadi bagi para pecinta keju, rasa gurih dan asin dalam kue kastangel pasti akan membuat ketagihan. Umumnya kue kastengel menggunakan keju tua seperti keju edam. Namun karena harga keju edam yang terbilang mahal, maka keju chedar dipilih sebagai bahan alternatif pembuatan kastengel. Kue ini  bentuknya segi empat lonjong, seukuran setengah jari telunjuk.

4. Kue Semprit

Kue Kering semprit

Kue manis ini juga selalu hadir di meja tamu saat lebaran tiba. Kue yang berbahan dasar tepung terigu ini mempunyai rasa dan tekstur yang khas. Yang paling khas dari kue ini adalah topping choco chips atau selai di atasnya. Kue semprit biasa dikreasikan dengan tambahan kismis atau potongan buah di atasnya. Ada banyak juga varian rasa kue ini, salah satunya yaitu semprit keju yang ditambah dengan parutan keju dalam adonannya. Biasanya bentuknya seperti bunga mawar.

5. Kue Sagu Keju

Kue kering sagu keju

Rasa kejunya sangat dominan. Hampir mirip dengan kue semprit, kue yang satu ini juga biasanya dicetak dengan cetakan semprit. Bedanya, kue ini terbuat dari tepung sagu, parutan keju, dan parutan kulit jeruk agar rasanya lebih enak. Tekstur kering namun lumer di mulut yang dihasilkan kue sagu keju membuatnya punya banyak peminat.

6. Kue Lidah Kucing

kue kering lidah kucing

Sesuai namanya, kue yang memiliki bentuk lonjong, panjang, dan tipis ini memang mirip lidah kucing. Diberi nama lidah kucing karena bentuknya yang menyerupai lidah kucing. Lidah kucing sendiri masuk ke Indonesia saat masa koloni belanda. Kue ini juga banyak penggemarnya.

7. Putri Salju

kue kering putri salju

Namanya cantik, sesuai bentuk kuenya. Nama putri salju sendiri diambil karena kue dengan tambahan kacang tanah halus ini memang ditutupi oleh ‘salju’ dari gula tepung yang putih dan cantik seperti putri. Kue ini semakin terlihat menarik dengan bentuknya yang menyerupai bulan sabit.


MUST READ >