Kekayaan tradisi, budaya, dan destinasi wisata, membuat Negeri Matahari Terbit menjadi incaran para traveler. Selain itu, Jepang juga memiliki banyak kuliner khas yang citarasanya ummami –lezat. Mau tahu apa saja makanan yang sangat populer di Jepang? Berikut 9 makanan khas Jepang yang sangat populer di dunia:

1. Sushi

Namanya sangat familiar. Sushi merupakan makanan khas Jepang paling unik, terkenal dan memiliki cita rasa paling enak. Makanan Jepang ini terdiri atas nasi yang telah dibentuk dengan lauk, terdiri dari sayuran, daging, dan makanan laut mentah atau matang. Nasi sushi memiliki rasa masam dengan tekstur yang lembut. Hal ini dikarenakan sushi dibumbui oleh campuran cuka, gula, garam, dan beras. Selain memiliki cita rasa yang lezat, Sushi mengandung gizi yang sangat tinggi. Tak heran jika makanan ini menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Di Indonesia sendiri sudah tersebar restoran Jepang yang menghadirkan menu makanan yang satu ini. Meskipun terdiri dari berbagai varian, namun Sushi tak pernah terlepas dari yang namanya nori atau rumput laut khas Jepang. Banyak sekali varian sushi yang tersedia di restoran-restoran Jepang, seperti california roll, rainbow roll, dan salmon sushi. Rasanya nggak akan pernah merasa kenyang kalau makan sushi.

2. Ramen

Siapa yang tidak tahu ramen? Ramen adalah makanan khas Jepang paling populer, yang sudah merambah hingga ke seluruh dunia. Ramen adalah kuliner berupa mie Jepang dengan aneka macam topping yang unik dilengkapi air kaldu dari miso. Selain kuah miso, ramen juga dapat disajikan dengan kaldu shio dan shoyu yang begitu khas. Ramen Jepang biasanya disantap dengan berbagai varian kuah kaldu, topping, irisan daging, dan irisan daun bawang. Sebagian masyarakat Indonesia pun sudah familiar dengan mie ramen, mulai dari ramen asli khas Jepang sampai ramen yang telah diadaptasi. Ramen Indonesia umumnya memakai topping yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia, seperti ceker ayam, bakso, dan sosis. Sementara untuk kuahnya sendiri, tak hanya kuah miso saja, melainkan kuah rempah, kuah kari, dan asam manis yang disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia. Kebayang kan nikmatnya?

3. Takoyaki

Namanya sudah tidak asing lagi di Indonesia. Takoyaki adalah makanan khas Kansai dan Osaka. Di Negeri Sakura sendiri, takoyaki ini sering dijumpai di event-event perayaan, festival, dan lain sebagainya. Takoyaki berbentuk seperti bola kecil, dengan adonan dari tepung terigu yang diisi potongan gurita. Makanan Jepang ini umumnya dijual berbentuk set berisi 5-10 buah. Ciri khas takoyaki ini memiliki tekstur yang renyah di bagian luar dan terasa lembut di bagian dalam. Umumnya takoyaki disajikan dengan mayonnaise dan saus tomat. Menggiurkan?

4. Okonomiyaki

Okonomiyaki enaknya disantap bersama teman dan keluarga. Untuk membuat sajian kuliner khas Jepang ini sebenarnya sangat sederhana, Anda hanya perlu membuat omelette lalu tambahkan daging sapi, ayam, sayuran, dan seafood. Selain lezat disantap, okonomiyaki juga mempunyai kandungan gizi tinggi sebab ada banyak sayuran di dalamnya. Makanan ini cocok disajikan dengan sake. Tertarik mencoba?

5. Onigiri

 Bagi pencinta anime dan komik Jepang tentu sudah familiar melihat onigiri. Rasanya memang sangat enak, cara pembuatannya pun sangat sederhana. Onigiri menawarkan banyak varian rasa, mulai dari telur ikan, asam, hingga daging ikan. Onigiri ini biasanya dimakan dengan sajian bumbu khusus supaya lebih nikmat disantap. Ummami!

6. Yakiniku

Sebenarnya yakiniku merupakan makanan khas dari Korea, tapi kemudian diadaptasi di Jepang dengan bumbu yang khas. Dalam bahasa Jepang, yakiniku artinya daging yang diolah dengan cara dipanggang. Sementara dalam artian yang luas, makanan ini mencakup berbagai macam masakan, jeroan atau daging sapi panggang, seperti barbeque, dan daging domba panggang. Rasanya gurih sedikit manis.

7. Sashimi

Sashimi irisan seafood yang masih segar tanpa diolah terlebih dulu lalu diiris dan dinikmati dengan saus kecap asin. Berbeda dari Sushi yang bukan berupa ikan mentah. Nasi yang disajikantelah dicukai lalu dicampur oleh bahan-bahan lainnya dengan olahan atau dimasak terlebih dulu, tergantung selera. Sashimi yang lezat ditentukan dari kesegaran seafood serta kesempurnaan dari cara mengirisnya. Beberapa jenis sashimi yang mahal dan populer adalah maguro sashimi dan salmon sashimi. Ada rasa ada harga. Yang jelas sashimi bikin tubuh terasa segar bugar.

8. Mochi Jepang

Mochi merupakan kue khas Jepang dari adonan beras ketan yang ditumbuk sampai lengket dan bertekstur lembut, lalu dibentuk hingga menjadi bulat. Kue mochi seringkali dimakan saat perayaan tahun baru atau michitsuki. Tapi kue ini juga bisa didapatkan di pusat toko kue di Jepang setiap saat. Mochi memiliki cita rasa khas yang lembut ketika pertama kali disantap, namun lama kelamaan terasa lengket. Mochi ini mirip dengan mochi khas kota Sukabumi yang berisi kacang di dalamnya. Bentuknya menggemaskan, dan manis rasanya.

9. Yakitori

Yakitori merupakan sate khas Jepang yang biasanya memakai daging ayam. Campuran potongan daging, jantung, hati, kulit dan juga ampela dipotong berukuran kecil untuk sekali gigit, kemudian ditusuk memakai tusukan bambu, lalu dibakar di atas api atau gas. Setiap tusukan yakitori biasanya hanya berisi sejenis bagian dari ayam, misalnya saja untuk 1 tusuk yakitori terdiri atas 3-5 daging ayam potong tanpa dicampur oleh jantung atau hati. Untuk variasinya, bisa dicampur dengan jamur shitake dan daun bawang sebagai pelengkapnya. Atau bisa juga menambahkan daging burung gereja atau burung kecil  lainnya dengan bentuk utuh alias tidak dipotong-potong. Yuk! Jangan ragu mencobanya!