Cara Memasak Mie Instan
Cara Memasak Mie Instan (foto: Istock Photo)

DOMIGADO – CARA MEMASAK MIE INSTAN ALA CHEF HANDAL Siapa yang tidak gemar menyantap mie instan? Mie instan bisa dikatakan sebagai makanan rakyat Indonesia. Praktis, sederhana, dan mengenyangkan, hal ini yang membuat mie instan juga menjadi makanan favorit. Meski sederhana, cara memasak mie instan bisa diracik dengan istimewa. Contek saja beberapa tips chef cara memasak mie instan agar lebih lezat.

Mie instan banyak dipilih sebagai menu praktis untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Cukup dengan merebus mie, kuah, menambahkan bumbu instan dan semangkuk mie siap disajikan dalam beberapa menit. Namun, untuk membuatnya lebih lezat dan istimewa lagi, kamu bisa mengikuti beberapa cara memasak mie instan yang dibagikan oleh para chef ini.

Para chef handal ini membagikan cara memasak mie instan, dan tambahan bahan-bahan sebagai pelengkap yang bisa meningkatkan level keistimewaan mie instan. Melansir dari laman Insider, berikut 7 cara memasak mie instan ala chef handal dari berbagai negara.

1. Merebus Mie dalam Kaldu

Merebus mie instan dengan kaldu membuat mie terasa lebih lezat (foto: Sindonews)

Biasanya mie instan direbus dalam air. Namun, untuk membuatnya lebih lezat, kamu bisa merebus mie dengan kaldu. Selain membuat rasanya lebih lezat, cara tersebut dapat membuat mie instan lebih beraroma.

Tips meracik mie instan tersebut dibagikan oleh Deanna Kang, seorang chef sekaligus penguji resep di Asian Test Kitchen. Ia menyarankan untuk merebus kaldu, seperti kaldu ayam atau sayuran. Atau kalau ingin yang lebih unik lagi, kamu bisa menggunakan susu sebagai kuahnya. Campuran susu pada mie instan akan membuat rasanya lebih creamy. Mie instan kuah susu bahkan pernah viral di media sosial.

2. Tambahkan Kecap Asin

Tips meracik mie instan agar rasanya lebih umami bisa dengan menambahkan kecap atau shoya sauce. Tips meracik mie instan ini disarankan oleh Chris Riley, seorang chef dan pendiri The Daring Kitchen.

Shoya sauce atau kecap Jepang dapat meningkatkan rasa dan kompleksitas mie instan. Jika kamu lebih suka bumbu, kamu juga bisa masukkan saus sambal ke dalam racikannya,” ujar Riley.

Selain rasanya lebih umami, mencampurkan kecap ke dalam racikan mie instan juga lebih sehat daripada menggunakan bumbu-bumbu instan yang mengandung MSG. Jika dirasa racikan mie instan kurang gurih, tambahkan saja kecap Jepang ke dalamnya.

3. Tambahkan Rumput Laut

Tambahan rumput laut membuat aksen rasa mie instan lebih auntentik (foto: gigazine.net)

Rumput laut atau wakame sering dijadikan sebagai pelengkap mie instan. Anne Rider, seorang penulis masakan, chef sekaligus penguji resep juga memberi saran untuk menambahkan rumput laut. Menurutnya, menambahkan rumput laut ke dalam racikan mie instan akan membuat aksen rasa lebih autentik. Selain itu, kamu bisa melengkapi dengan tambahan telur rebus setengah matang dan jamur shiitake yang dimasak dengan bawang putih.

Anna Rider juga menyarankan untuk menambahkan topping lain seperti acar wortel, daun ketumbar hingga daun bawang yang diiris tipis. Dengan tambahan beberapa bahan pelengkap tersebut tidak hanya membuat rasanya menjadi semakin lezat, tetapi juga aromanya lebih harum.

4. Tambahkan Keju dan Mayonnaise

Selain menambahkan kecap asin, Chris Riley juga memberikan tips meracik mie instan dengan menambahkan keju dan mayonnaise. Menambahkan kedua bahan tersebut akan membuat rasa mie instan lebih creamy.

Menurut chef Riley keju dan mie adalah pasangan yang dapat berkombinasi dengan baik. Ia menyarankan untuk menambahkan irisan keju cheddar atau serutan keju parmesan setelah mie dimasak beberapa menit. Mayonnaise yang gurih creamy dan keju yang renyah gurih akan memberi rasa gurih yang spesial pada mie instan. Bisa juga ditambahkan keju lembaran saat mie instan sudah matang.