Sarapan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan bagi setiap orang sebelum memulai aktifitas di pagi hari. Selain memberikan energi bagi tubuh, sarapan pagi dipercaya mampu meningkatkan kinerja otak untuk mampu berkonsentrasi lebih baik. Walaupun tidak semua orang terbiasa dengan aktivitas ini, namun ada baiknya jika kita merubah kebiasaan untuk memulai hari dengan sarapan pagi dan memperhatikan menu sarapan tersebut.

Jika selama ini yang kita tahu menu sarapan pagi cukup lezat dan menggugah selera, seperti nasi uduk, soto ayam, bubur ayam, ketupat sayur, roti panggang dan banyak menu lezat lainnya, ternyata di beberapa negara ada juga loh menu-menu yang tidak lazim untuk dimakan. Dilansir dari berbagai sumber, menu sarapan yang sudah menjadi hidangan sehari-hari di beberapa negara tersebut ada yang berasal dari sayuran busuk, darah babi atau sapi hingga ikan busuk, hiiiii… Anehnya menu-menu ini cukup banyak diminati loh. Penasaran apa saja dan seperti apa bentuknya? Yuk intip! 

BLACK PUDDING – INGGRIS

Black Pudding - Inggris
BLACK PUDDING BY GOURMANDIZE.CO.UK PINTEREST

Negeri Queen Elizabeth ini punya menu aneh yang disertakan dalam seporsi menu sarapan sehari-hari. Black pudding atau sosis yang terbuat dari darah babi, lemak babi, atau lemak sapi ini merupakan makanan khas penduduk Britania Raya. Bahkan black pudding yang dianggap punya cita rasa lezat ini sudah merambah hingga ke negara-negara bagian eropa lainnya hingga Amerika. Meski terlihat menjijikan, black pudding dipercaya sebagai sumber protein yang baik, rendah karbohidrat juga kaya akan zinc dan zat besi.

CENTURY EGG – TIONGKOK

Century Egg
CENTURY EGG BY APRIOOSA.COM PINTEREST

Salah satu menu sarapan masyarakat Tiongkok yang memiliki wujud menyeramkan adalah Century Egg atau biasa disebut Telur Pitan. Dijuluki century egg karena warnanya yang hitam keabu-abuan seperti telur yang membusuk selama bertahun-tahun. Telur Pitan merupakan telur bebek atau telur ayam yang difermentasi menggunakan campuran tanah liat, abu, garam, calcium oxide dan sekam. Meski terlihat seram namun telur ini dipercaya memiliki rasa lezat dan khasiat yang baik karena kaya akan protein. Untuk menyantap telur pitan, masyarakat Tiongkok menambahkan semangkuk bubur nasi hangat sebagai pelengkap. 

HAEJANG GUK – KOREA SELATAN

menu sarapan HAEJANG GUK - Korea Selatan
HAEJANG GUK BY MYDRAMALIST.COM PINTEREST

Sekilas menu sarapan ini terlihat biasa saja, bahkan tampilannya cukup menarik untuk dihidangkan. Namun siapa sangka, Haejang Guk atau yang berarti sup untuk menghilangkan mabuk ini memiliki bahan campuran yang mengejutkan. Haejang Guk berisi daging sapi dan kol yang dimasak layaknya sup yang biasa kamu jumpai, yang membuatnya berbeda adalah tambahan darah lembu kental di dalamnya. Selain sebagai menu sarapan, masyarakat Korea kerap kali menyantap hidangan ini ketika kehilangan kesadaran atau saat sedang mabuk. Tak heran jika Haejang Guk juga memiliki julukan Hangover Soup.

HUITLACOCHE – MEKSIKO

HUITLACOCHE
HUITLACOCHE by pinterest

Pernah lihat jagung busuk dan berjamur berwarna kehitaman? Mungkin untuk sebagian besar orang jagung busuk akan dianggap sebagai sampah dan dibuang. Tapi tidak untuk masyarakat Meksiko, sebab mereka akan mengolahnya menjadi menu sarapan yang lezat. Huitlacoche yang sebenarnya adalah jagung yang gagal dipanen karena terkena jamur Ustilago maydis. Cara mengolahnya dengan mencampurkan kedalam omelet atau sebagai bahan isian taco dan tamale untuk menu sarapan. Walau bentuknya menjijikkan, jagung penyakitan ini punya nilai lebih di Meksiko dan rasanya seperti jamur yang biasa dikonsumsi.

LECHE DE TIGRE – PERU

menu sarapan Peru - LECHE DE TIGRE
LECHE DE TIGRE BY PINTEREST

Kalau kamu berkunjung ke Peru cobalah mengunjungi restoran yang ada di sana untuk sarapan. Kamu akan menemukan menu sarapan khas Peru yang bernama Leche De Tigre. Secara tampilan menu sarapan ini terlihat seperti segelas jus buah segar, tapi asal kamu tahu, bahan utama menu sarapan ini adalah ikan mentah dan tambahan seafood. Ikan mentah yang dihaluskan diberi campuran lemon dan dibumbui dengan garam, lada, hingga bawang. Bahkan di beberapa tempat ada yang menambahkan potongan ikan. Orang-orang di Peru meyakini dengan mengkonsumsi Leche De Tigre sebagai menu sarapan pagi mampu memulihkan kondisi tubuh.