Museum toilet, salah satu museum aneh dan unik di korea selatan. (Foto: Toilography)

DOMIGADO – Apakah kamu salah satu orang yang suka jika berkunjung ke museum? Tentu kamu akan merasakan keseruan ketika ke museum yang biasanya menyimpan benda-benda bersejarah atau benda-benda seni karya maestro terkenal di dunia. Dengan berkunjung ke museum kita dapat belajar dan mengenal hal-hal baru yang tidak kita ketahui sebelumnya. Kali ini kita akan jalan-jalan mengunjungi beberapa museum unik di dunia.

Apa jadinya ya jika museum yang biasanya menyimpan benda bersejarah malah menyimpan benda-benda aneh dan unik yang tidak pernah terbayangkan akan ada pada sebuah museum? Pasti kamu akan semakin penasaran dan akan memasukkannya ke dalam daftar kunjunganmu berikutnya. Berikut adalah beberapa museum dengan koleksi benda-benda unik dari berbagai belahan dunia.

1. Museum Kematian (Thailand)

(foto: renegadetravels.com)

Museum dengan nama asli Siriraj Medical Museum ini menyimpan beberapa kerangka, awetan janin atau bagian tubuh yang meninggal karena berbagai sebab. Dalam museum unik di dunia ini kamu dapat melihat bagaimana paru-paru manusia yang rusak akibat tusukan seorang psikopat, atau otak yang mengalami pendarahan, dan anggota tubuh lainnya.

Walaupun koleksinya cukup mengerikan, ternyata museum ini didirikan untuk keperluan medis, lho. Museum yang terletak di Rumah Sakit Siriraj ini memiliki beberapa bagian museum medis di antaranya museum anatomi, patologi, pengobatan tradisional Thailand dan museum toksikologi. Untuk kamu yang ingin menjadi dokter, mungkin bisa mengunjungi museum ini saat sedang berjalan-jalan ke Bangkok ya, Squad.

2. Museum Santet (Indonesia)

Museum Santet (Foto: Nurul/Okezone)

Museum Santet ini aslinya bernama Museum Kesehatan. Lokasinya berada di Jalan Indrapura 17, Surabaya. Isi museumnya bisa bikin bulu kuduk kamu merinding. Museum ini menyimpan berbagai koleksi dari jailangkung sampai santet yang juga berhubungan dengan dunia medis tradisional. Jika kamu ingin mencoba wisata anti mainstream, kamu bisa mencoba untuk berkunjung kesini.

Gedung museum sendiri sebenarnya merupakan bagian dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) dan Kebijakan Kesehatan, Departemen Kesehatan. Pada bagian dalam Puslitbang, terdapat dua gedung yang digunakan sebagai museum. Pada gedung bagian pertama, pengunjung dapat melihat alat kesehatan modern. Lain halnya dengan gedung kedua, di mana pengunjung bisa melihat sarana pengobatan tradisional termasuk santet.

Sejumlah koleksi berkaitan hal mistis juga dapat dengan mudah ditemukan di sini, ada tanah kuburan, tali pocong dan paku dari para korban santet. Kemudian ada pula susuk, yaitu logam berukuran kecil yang biasanya digunakan seseorang agar terlihat menarik. Belum lagi, museum ini juga menyimpan koleksi nyentrik seperti celana anti perkosaan dan foto proses penyantetan yang terdokumentasi.

3. Museum Kunstkamera (Rusia)

Museum Kunstkamera (foto: saint-petersburg.com)

Museum Kunstkamera merupakan salah satu museum unik di dunia yang paling terkenal di Rusia. Selain karena museum ini adalah museum pertama di Rusia, koleksi-koleksinya juga akan membuat siapa saja yang datang berdecak ngeri. 

Di museum yang telah berdiri sejak tahun 1726 ini, kamu dapat melihat berbagai jenis makhluk hidup yang diawetkan dalam toples-toples kaca. Makhluk hidup yang diawetkan lahir dengan kondisi yang tidak sempurna. Ada hewan yang berkepala dua, ada pula bayi dengan struktur tubuh tidak lengkap. Apakah kamu berani mengunjunginya?