DOMIGADO – Cireng merupakan salah satu jajanan yang akan mengingatkan kita pada masa kecil kita. Terutama pada masa Sekolah Dasar. Pasti di antara kita ada yang pernah merasakan antri di depan gerobak cireng. Bahkan sampai dewasa, cireng tetap menjadi jajanan yang paling favorit.

Masa pandemi seperti ini menjadi masa yang sulit untuk semua orang. Bahkan untuk jajan atau beli makanan di luar rumah bisa menjadi hal yang sulit. Anjuran untuk menghabiskan waktu di Rumah membuat banyak orang menjadi stress dan merasa bosan.

Namun jika dilihat dari sisi positifnya, pandemi COVID-19 membuat kita semua jadi lebih berhemat karena tetap di Rumah. Tetap di Rumah pun membuat kita semua memiliki waktu yang bisa digunakan untuk kegiatan dan hobi yang lebih produktif di Rumah.

Salah satu hobi produktif yang bisa kita lakukan di Rumah adalah memasak. Terutama karena kita tidak bisa sering-sering keluar rumah untuk membeli makanan dan camilan. Membuat camilan sendiri di rumah adalah alternatif yang tepat. Camilan buatan sendiri ini bisa dinikmati bersama keluarga atau malah jadi ide bisnis baru.

Salah satu jajanan yang bisa kita buat sendiri di Rumah adalah cireng ini. Yup, cireng jajanan masa kecil kita bisa kita buat sendiri di Rumah. Bahkan bisa kita tambahkan sentuhan modern dengan menambahkan keju.

Berikut ini adalah resep Cireng Keju dari Yusita di Cookpad yang pastinya enak plus murah dan bisa bikin kamu nostalgia.

Bahan-Bahan :

  • 250 gr Tepung Tapioka
  • 3 Siung Bawang Putih, (haluskan)
  • Garam, Royco, Merica (secukupnya)
  • 200 ml air
  • Keju Cheedar (dipotong dadu)

Langkah-Langkah :

Rebus Air hingga mendidih

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah rebus air hingga mendidih, setelah mendidih lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan bersama garam, royco dan merica ke dalam air mendidih tersebut. Kemudian aduk semua bahan hingga rata.

Tambahkan Bumbu

Setelah teraduk dengan rata kita bisa menambahkan 3 sdm tepung tapioka. Campuran tersebut kita aduk lagi hingga menjadi kental.

Campurkan dengan tepung tapioka

Yusita/Cookpad.com
Yusita/Cookpad.com

Kemudian kita harus menyiapkan wadah lain tuangkan sisa tepung tapioka di dalam wadah tersebut. Kemudian adonan tepung tapioka yang sudah mengental kita tuangkan dalam sisa tepung tesebut. Campurkan kedua adonan tersebut hingga menjadi rata.

Bentuk menjadi beberapa bagian

Yusita/Cookpad.com
Yusita/Cookpad.com

Setelah tercampur rata dan menjadi adonan yang lembut. Kita sudah bisa mulai untuk membentuknya. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Bentuk adonan sesuai dengan keinginan kita paling mudah adalah bentuk bulat. Pipihkan adonan untuk mengisinya dengan keju. Kemudian bulatkan kembali dengan sedikit ditekan.

resep cireng keju Yusita/Cookpad.com
Yusita/Cookpad.com

Lakukan hal ini hingga adonan habis. Bulatan-bulatan yang sudah jadi ditaburi lagi dengan tepung tapioka. Ada baiknya membentuk adonan ini dilakukan setelah adonan sudah jadi agak dingin. Sehingga tangan kita tidak terlalu kepanasan.

Goreng Garing

Resep Cireng keju Yusita/Cookpad.com
Yusita/Cookpad.com

Setelah bulatan adonan jadi tahap terakhir adalah menggoreng cireng Kita bisa panaskan minyak dan goreng adonan hingga matang. Angkat, tiriskan dan siap disajikan!

Bagaimana gampang dan murah, kan bahan-bahan untuk membuat cireng keju ini. Tentu saja rasanya akan sangat enak untuk dinikmati bersama. Bisa banget untuk dicoba di Rumah.