korean strawberry milk segar sungguh nikmat di minum saat cuaca panas dan terik.
korean strawberry milk segar sungguh nikmat di minum saat cuaca panas dan terik.

DOMIGADO – Saat mendengar tentang kuliner Korea, apa yang terlintas pertama di kepala? Hayo ngaku, pasti banyak yang membayangkan tentang kimchi yang berwarna merah itu kan? Sayuran lobak atau sawi yang di fermentasi berwarna merah itu memang populer sekali di Korea. Rasanya yang pedas dengan rasa asam cuka sungguh melekat saat mendengar negara Korea. Selain makanan, minuman segar ala Korea juga bisa jadi menu kuliner yang asyik untuk dicoba lho! Seperti strawberry milk ala Korea misalnya. Terbuat dari susu sapi yang di padukan dengan buah strawberry segar sungguh nikmat di minum saat cuaca panas dan terik.

Sekarang ini, beragam kuliner ala Korea memang semakin bermunculan, mulai dari makanan hingga minuman. Salah satu minuman yang menjadi tren ya si fresh strawberry milk ini. Enggak perlu repot-repot ke Korea atau beli di luar, kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Hanya memerlukan beberapa bahan, minuman ini sangat mudah dibuat dan bakalan sukses untuk menyegarkan harimu. Yuk disimak resep dan cara membuatnya!

Bahan yang diperlukan

korean strawberry milk mudah dibuat, source pinterest
korean strawberry milk mudah dibuat, source pinterest

14 buah strawberry

60 g gula pasir

200 – 400 ml susu cair segar

Cara Membuatnya

Hancurkan Buah Strawberry Dengan Cara Ditekan-Tekan

korean strawberry milk mudah dibuat, source pinterest

Pertama, cuci buah stroberi dan buang bagian daunnya. Lalu potong sebanyak 8 buah stroberi menjadi dua bagian. Setelah itu, dihancurkan dengan cara ditekan-tekan. Diamkan dalam kulkas selama 15 menit (kalian bisa mendiamkan sirup ini hingga 3 hari di dalam kulkas untuk hasil yang terbaik)

Membuat Sirup Strawberry

korean strawberry milk mudah dibuat, source pinterest
korean strawberry milk mudah dibuat, source pinterest

Strawberry yang telah dihancurkan, dimasukkan ke dalam panci lalu ditambahkan gula, aduk hingga rata. Campuran dipanaskan menggunakan api sedang. Tunggu hingga mendidih lalu panaskan selama 2-3 menit. Setelah itu didinginkan. Sirup dapat disimpan hingga 3-4 hari (best) atau jika ingin menambahkan shelf life (jangka waktu) dari sirup, tambahkan sedikit lemon jus ke dalam sirup.

Potong-Potong Sisa Buah Strawberry

Untuk menambah tekstur, siapkan sisa strawberry segar lalu potong kecil-kecil atau ukuran dadu. Potongan stroberi ini akan dicampurkan dengan bahan lainnya saat akan disajikan.

Campurkan Semua Bahan Dan Siap Untuk Disajikan

korean strawberry milk mudah dibuat, source pinterest

Siapkan botol untuk wadah, kamu boleh menggunakan Double Wall Glass insulation, Milk Glass Jar, Botol Pier SAP atau botol apa saja sesuai selera. Masukkan semua bahan ke dalam botol atau gelas sesuai urutan berikut. Pertama-tama, tuangkan sirup strawberry yang sudah dingin. Setelah itu, masukkan potongan strawberry segar. Terakhir, tuangkan susu cair ke dalam campuran. Gunakan Susu Segar atau Fresh Milk untuk rasa yang lebih maksimal.

Tutup botol wadah dan jangan lupa untuk diaduk/dikocok terlebih dahulu sebelum minum hingga semua bahan tercampur rata. Jadi deh! Buat yang suka dingin, kamu bisa menyimpannya dilemari es terlebih dahulu atau jika ingin menambahkan es batu, tambahkan ke atas sirup.

Itulah cara membuat fresh strawberry milk ala Korea. Dengan caranya yang mudah, siapa pun pasti bisa membuatnya sendiri. Minuman ini cocok disajikan saat santai bersama keluarga atau teman-teman. Sangat menyegarkan dan dahaga pun langsung hilang.