Viral roti ubi ungu Korea (foto: INSTAGRAM @FOODIE_RENEE)
Viral roti ubi ungu Korea (foto: INSTAGRAM @FOODIE_RENEE)

DOMIGADO – Korea memang selalu mencuri perhatian dunia. Mulai dari drama Korea, musik K-Pop, hingga kuliner yang mengunggah selera. Setelah beberapa waktu lalu viral Korean Garlic Bread, kini giliran camilan unik yang bernama Roti Ubi Ungu Korea. Dibilang unik karena roti ubi ungu Korea ini memiliki bentuk seperti aslinya. Lalu bisakah kita membuat sendiri dirumah?

Roti yang disebut juga sweet potato mochi bread ini punya tekstur kenyal dan rasa khas ubi jalar yang manis. Domigado.com akan membagikan resep untuk mengisi waktu weekend kamu di rumah. Berikut adalah resep roti ubi ungu Korea yang dilansir dari food blogger dan recipe creator pada akun Instagram @foodie_renee.

Bahan adonan:

  • 1 cup tepung tapioka
  • 2/3 cup air
  • 2 sdm mentega
  • 1 1/2 sdm gula
  • 1 sdm tepung serbaguna
  • 2 sdm tepung beras ketan
  • 1 butir telur ukuran sedang
  • 1/4 cup tepung ubi (bisa beli di marketplace)

Bahan isi:

  • 240 gram ubi jalar manis (ubi kuning atau ubi ungu), kukus
  • 1 sdm madu
Roti ubi ungu ala Korea (Foto: INSTAGRAM @FOODIE_RENEE)
Roti ubi ungu ala Korea (Foto: INSTAGRAM @FOODIE_RENEE)

Cara membuat :

  1. Panaskan oven pada suhu 160 derajat celsius. Alasi loyang dengan kertas roti.
  2. Siapkan piring lebar, taburi tepung ubi di atasnya. Sisihkan.
  3. Kupas ubi kukus, masukkan dalam wadah dan hancurkan. Tambahkan madu dan campur sampai rata. Bagi ubi jadi 6 bagian, bentuk oval. Sisihkan.
  4. Siapkan teflon anti lengket. Tuang air, mentega, dan gula. Masak dengan api kecil. Kalau mentega sudah leleh, masukkan tepung tapioka. Aduk selama 5 menit sampai adonan menyatu dan tekstur sangat lengket.
  5. Keluarkan adonan dari teflon, masukkan dalam mangkuk. Dinginkan selama 5 menit. Tambahkan tepung beras ketan, tepung serbaguna, dan telur. Uleni sampai adonan tercampur rata dan tekstur cukup padat.
  6. Bagi adonan menjadi 6 bagian, kira-kira sebesar kepalan tangan.
  7. Ambil 1 bagian adonan tepung, masukkan 1 bagian ubi. Lipat dan tutup bagian pinggir adonan. Bentuk adonan seperti ubi ungu pakai tangan.
  8. Letakkan adonan berbentuk ubi di atas piring yang sudah ditaburi tepung ubi. Balur adonan dengan tepung ubi sampai tertutup rata.
  9. Letakkan adonan di atas loyang, panggang selama lebih kurang 15 menit. Kalau sudah matang, roti ubi ungu siap disajikan selagi hangat.

Itu tadi resep dan cara membuat roti yang lagi viral ini. Sederhana dan gak ribet ya ternyata. Semoga resep tadi bisa menjadi inspirasi kamu buat mengisi liburan kamu di rumah. Selamat mencoba.