Ilustrasi tur virtual terbaik dunia (foto: Shutterstock)

DOMIGADO – Ini dia tur virtual terbaik di dunia yang bikin liburan dirumah kamu gak ngebosenin. Saat ini beraktivitas di rumah tidak membuat seseorang merasa terkurung karena tetap bisa menjelajah ke berbagai belahan dunia. Beberapa destinasi wisata terbaik dunia telah menyediakan tur visual yang tidak kalah menarik. Deretan tur visual terbaik dibawah ini dijamin bikin kamu serasa benar-benar sedang berada disana.

Bermodal koneksi internet, kamu bisa dengan mudah melakukan wisata secara virtual di berbagai tempat. Bahkan kamu juga bisa berkunjung ke tempat yang mungkin belum pernah didatangi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut reddaksi Domigado.com hadirkan tur wisata virtual terbaik dunia untuk menemani liburan kamu dirumah aja.

1. Machu Picchu, Peru

Machu Picchu, Peru (foto: Wikimedia Commons)
Machu Picchu, Peru (foto: Wikimedia Commons)

Destinasi tur virtual terbaik pertama adalah tur virtual di Machu Piccu, Peru. Kawasan yang dibangun di pegunungan Andes pada ketinggian 2.430 mdpl sekitar tahun 1450 ini masih menyimpan banyak misteri. Salah satunya adalah karena area ini dibangun tanpa bantuan roda dan binatang untuk mengangkut batu-batu besarnya.

Kompleks Machu Pichu adalah peninggalan bangsa Inca, yang dulu mendiami wilayah Pegunungan Andes di Peru. Para arkeolog menyatakan situs ini adalah sebuah permukiman, yang sangat mungkin adalah kota kerajaan, pada abad 15 masehi. Melalui tur visual ini, kamu dapat menjelajahi setiap area situs. Tur ini juga menyediakan gambar 360 derajat agar pengunjung dapat menikmati situs dengan lebih nyaman.

2. Tur virtual terbaik dunia di Piramid Giza, Mesir

Tur virtual terbaik dunia di Piramid Giza, Mesir (foto: Unsplash/Leonardo Ramos)
Tur virtual terbaik dunia di Piramid Giza, Mesir (foto: Unsplash/Leonardo Ramos)

Bangunan Piramid Giza ini sangat populer, bukan hanya bentuknya yang unik melainkan juga tersirat banyak misteri yang belum terpecahkan. Bangunan yang diperkirakan berdiri 4.500 tahun yang lalu itu sebenarnya adalah makam bagi raja Mesir, yang dikenal juga dengan nama Firaun.

Dengan mengunjungi Google Arts and Culture, kita diajak berkunjung secara virtual ke Giza, melihat tiga piramid dan The Great Sphinx yang mendunia tersebut. Hanya saja virtual tour ini hanya melihat Piramid Giza dari luar, baik secara dekat atau dari jauh.

3. Menara Eiffel, Prancis

Tur virtual terbaik Menara Eiffel, Prancis (foto: Pixabay)
Menara Eiffel, Prancis (foto: Pixabay)

Berkunjung ke Paris tak lengkap tanpa mengunjungi Menara Eiffel, yang merupakan landmark Ibu Kota Prancis tersebut. Berhubung sedang dikarantina, berkunjung ke Menara Eiffel bisa dilakukan secara virtual dulu lewat Google Street View di Google Map. Atau bisa pula melihat lebih detail menara besi, yang dibangun pada tahun 1887-1889, dibeberapa situs lainnya.

4. Angkor Wat, Kamboja

Tur virtual terbaik Angkor Wat, Kamboja (foto: Wikimedia Commons)
Angkor Wat, Kamboja (foto: Wikimedia Commons)

Angkor Wat bisa dibilang adalah kota candi. Pasalnya di kompleks ini berisi banyak bangunan candi. Para arkeolog yang meneliti situs ini menyatakan bahwa candi tertua di Angkor Wat berasal dari paruh pertama abad 12 Masehi. Secara usia, candi tertua di Angkor Wat ini masih kalah tua dari Candi Borobudur. Namun kompleks ini sekarang lebih populer, setelah Ta Prohm, salah satu candi di sana, muncul dalam film Lara Croft: Tomb Raider tahun 2018.

Jika sekarang kita tak bisa berkunjung ke Angkor Wat secara langsung, jangan khawatir. Sebab kita bisa berkunjung secara virtual dulu lewat situs Virtual Angkor. Di situs ini tersedia foto dan video simulasi, yang bisa diputar 360 derajat. Dan di situs ini pengunjung juga mendapat ilmu pengetahuan soal Angkor Wat.

5. Taj Mahal, India

Taj Mahal, India (foto: turtix/Shutterstock)
Taj Mahal, India (foto: turtix/Shutterstock)

Bangunan dengan atap kubah “bawang” ini memang sangat menarik dipandang mata. Warnanya yang putih membuat bangunan ini terlihat tenang dan manis, seolah-olah sedang memandang seorang gadis yang cantik, manis, dan baik hati. Apalagi sejarah berdirinya bangunan ini adalah rasa cinta Raja Mughal, Shah Jahan, kepada istrinya, Mumtaz Mahal.

Menurut sejarah, ketika sang istri meninggal dunia, Shah Jahan membuat musoleum dari marmer putih ini untuk menaungi makam sang istri. Raja yang memerintah India di abad ke-17 itu mau memberikan yang terbaik bagi istrinya, sehingga pembangunannya memakan waktu 22 tahun. Maka jadilah Taj Mahal yang cantik itu. Bangunan ini menggabungkan gaya arsitektur Persia, Islam, dan India, yang bisa kita lihat lewat wisata virtual bersama Google Street View.

6. Tur virtual terbaik dunia, Stonehenge, Inggris

Stonehenge, Inggris (foto: Shutterstock)
Stonehenge, Inggris (foto: Shutterstock)

Situs megalitik di Wiltshire Inggris ini menjadi unik karena mengeluarkan aura misterius. Para arkeolog menyatakan bahwa Stonehenge adalah tempat ibadah untuk melakukan ritual kremasi, yang diperkirakan berusia 5.000 tahun lalu. Meski begitu, tak sedikit orang yang memiliki anggapan lain soal situs ini. Pasalnya, batu-batu yang sangat besar itu disusun tegak, seperti memagari arena bulat, sehingga bangunan ini seperti bukan buatan manusia.

Entah kamu mau percaya hasil penelitian para arkeolog, atau pendapat kelompok yang percaya keberadaan alien, kita bisa berkunjung ke situs ini secara virtual. Caranya hanya masuk ke situs English Heritage, lalu memilih virtual tour dan Stonehenge. Di sana kita tidak saja bisa melihat Stonehenge secara lebih dekat, tapi juga bisa mempelajarinya lebih jauh.