Melansi dari laman Alodokter.com, Flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik kecil pada kulit yang berwarna lebih gelap daripada area di sekelilingnya. Flek hitam sering muncul di wajah. Namun, flek hitam juga bisa terjadi di kulit lengan, dada, atau leher.

Flek hitam merupakan kondisi yang wajar dan dapat terjadi di segala usia, terutama pada musim panas dan pada orang yang berkulit putih. Kondisi ini terjadi akibat peningkatan produksi pigmen alami kulit (melanin).

Flek hitam muncul karena peningkatan produksi melanin di kulit, terutama setelah terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet. Melanin adalah pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak kandungan melanin pada kulit, maka semakin gelap kulit orang tersebut.

Flek hitam muncul saat kulit menyerap sinar ultraviolet, sehingga menyebabkan peningkatan produksi melanin. Selanjutnya, bagian kulit yang memiliki banyak melanin atau mengalami penumpukan melanin, akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik.

Flek hitam dapat dialami oleh semua orang di segala usia. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya flek hitam, yaitu:

  • Sering terpapar sinar matahari atau terpapar dalam waktu yang lama
  • Memiliki kulit putih atau cerah
  • Memiliki keluarga yang juga mengalami kondisi serupa (faktor genetik)

Namun tidak perlu khawatir, jika kamu merasa tidak nyaman dengan adanya flek hitam di wajah kamu, ada beberapa cara alami untuk mengatasi flek hitam pada wajah.  Berikut adalah tips untuk mengatasi flek hitam pada wajah dengan bahan alami yang berhasil Domigado.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Menggunakan kentang sebagai masker

Kentang adalah salah satu bahan sayuran yang banyak digunakan untuk memasak. Bahan ini sangat mudah ditemukan di pasar modern maupun pasar tradisional. Ternyata, kentang tidak hanya bermanfaat sebagai makanan.

Kandungan di dalam kentang terbukti mampu menghilangkan flek hitam. Kentang juga bisa mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit, dan membantu mencerahkan kulit.

Gunakan kentang sebagai masker agar kamu mendapatkan manfaat-manfaat ini. Cuci bersih kentang dan iris tipis-tipis. Lalu, letakan irisan kentang pada wajah. Biarkan selama beberapa menit dan cuci bersih dengan air hangat.

2. Menggunakan gel lidah buaya

Penggunaan lidah buaya untuk merawat wajah tentunya sudah tidak asing lagi. Tanaman ini memang dikenal memiliki banyak manfaat. Lidah buaya mampu melembabkan dan menghaluskan wajah. Kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu menangkal radikal bebas. Tidak heran banyak produsen kecantikan yang menjual lidah buaya di pasaran.

Jika kamu mempunyai tanaman lidah buaya di rumah, ambil dan belah batang lidah buaya untuk mendapatkan dagingnya. Oleskan daging tersebut di bagian wajah yang mengalami flek hitam. Pijat perlahan dan biarkan 15 hingga 20 menit. Setelah mengering, bilas hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan satu hingga dua kali sehari selama beberapa minggu.

3. Menggunakan Jus lemon atau air perasan jeruk nipis

Lemon dan jeruk nipis adalah buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini terkenal memiliki banyak khasiat untuk wajah. Kedua bahan mampu melawan penuaan, mencerahkan wajah, menangkal radikal bebas, hingga merawat kerusakan kulit akibat sinar matahari dan menghilangkan flek hitam.

Cara menggunakannya pun mudah. Pertama, buat jus lemon atau peras jeruk nipis. Ambil airnya dengan bantuan kapas dan kenakan ke bagian wajah yang mengalami flek hitam. Kemudian bilas dengan air bersih ketika sudah mengering.

Jika kamu menggunakan jus lemon atau air jeruk nipis secara rutin selama dua minggu, dijamin flek hitam pada wajah akan menghilang. Tapi tetap perhatikan kondisi kulit kamu. Jika kamu memiliki kulit sensitif, maka berikan tambahan air agar jus lemon atau air jeruk nipis tidak terlalu asam.

4. Menggunakan Kunyit

Siapa sangka jika kunyit memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit wajah. Kunyit mampu mengusir jerawat, menyamarkan bekas jerawat, dan mengangkat sel kulit mati. Kunyit juga memiliki kandungan anti-pigmentasi dan anti-inflamasi.

Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan dua sendok teh kunyit yang sudah dihaluskan dengan susu dan air lemon. Perbandingan kunyit harus lebih banyak. Jika tidak, campuran akan terlalu cair untuk digunakan. Gunakan campuran sebagai masker dan biarkan selama beberapa menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat.

5. Menggunakan pasta almond

Jika kamu mempunyai kulit wajah yang kering, kamu bisa menggunakan almond untuk merawat wajah. Almond dapat berfungsi sebagai pelembab alami. Selain itu, almond juga mengandung vitamin E dan antioksidan. Ia mampu menghilangkan flek hitam dan bekas luka di wajah.

Tapi, kamu mungkin butuh sedikit waktu dan tenaga untuk menyiapkan masker almond. Sebelum diolah, kacang almond harus direndam dengan susu terlebih dahulu selama satu malam. Kemudian, kacang almond dikupas dan digiling lalu dicampurkan dengan bubuk cendana dan madu. Aduk hingga merata sampai masker almond berbentuk pasta dan siap digunakan.

Masker ini akan memberikan efek yang maksimal jika digunakan satu sampai dua minggu sekali. Berikan pijatan ringan agar kamu juga mendapatkan efek relaksasi.

6. Menggunakan bubur pepaya

Buah pepaya digemari oleh banyak orang karena dikenal mampu melancarkan pencernaan. Ternyata, kandungan di dalam buah pepaya juga mampu mencerahkan kulit wajah dan menghilangan flek hitam jika digunakan sebagai masker. Pasalnya, kandungan ini mampu mengelupas dan menyingkirkan sel kulit mati.

Masker pepaya pun sangat mudah dibuat. Kamu hanya perlu mengambil daging buah pepaya yang sudah matang, lalu menghancurkannya hingga menjadi bubur. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini tiga hingga empat kali seminggu agar efeknya maksimal.

7. Menggunakan masker oatmeal

Selain sehat, oatmeal merupakan makan yang praktis. Hanya perlu diseduh dengan air hangat hingga menjadi bubur untuk menyantapnya. Selain itu, oatmeal juga sangat mudah diolah menjadi masker dan berfungsi juga untuk menghilangkan flek hitam di wajah Kamu. Oatmeal hanya perlu ditumbuk dan dicampur dengan air perasan lemon dan madu hingga menjadi pasta.

Selain menghilangkan flek hitam, masker oatmeal mampu melembutkan dan meremajakan kulit. Oatmeal juga bisa digunakan apabila kulit kamu gosong akibat sinar matahari.