Mie instan bikin kecanduan
Mie instan bikin kecanduan

DOMIGADO – Rasa lapar yang tidak bisa ditolak memang membuat banyak orang mencari cara untuk bisa menghilangkannya. Terutama mencari cara yang praktis dan cepat dalam menyiapkannya. Dari sekian banyak pilihan yang ada, maka banyak orang yang lebih memilih memasak mie instan. Tidak heran juga apabila kemudian banyak orang ingin atasi ketagihan mie instan. 

Ketagihan ini biasanya disebabkan karena intensitas tinggi pembuatan mie instan setiap harinya. Padahal seperti yang diketahui bahwa kandungan di dalam mie instan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara menghentikan ketagihan ini. Untungnya, ada 5 trik jitu untuk menghentikan kebiasaan ini. 

Jangan Berhenti Total 

Satu kesalahan besar yang masih sering dilakukan oleh mereka yang ingin atasi ketagihan mie instan adalah langsung ingin berhenti total. Mereka beranggapan bahwa dengan melakukan trik ini maka bisa langsung berhenti ketagihan mie instan. Namun pada kenyataannya, hasil yang terjadi malah sebaliknya. Efeknya adalah ketagihan mie instan akan menjadi-jadi. 

Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan jangan langsung berhenti total. Lakukan pemberhentian mengonsumsi mie instan ini secara perlahan dan juga teratur. Hal ini berguna supaya kamu tidak terlalu kaget dan malah nantinya tidak membebani diri sendiri. Contoh sederhananya adalah apabila kamu terbiasa mengonsumsi mie instan setiap hari. Bisa dikurangi dengan mengubah kebiasaan tersebut menjadi mengonsumsi mie instan setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Hal ini sangat berguna untuk mulai membatas asupan mie instan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, tidak ada salahnya juga kamu menyelingi dengan makanan lain supaya kecanduan makan mie instan bisa berkurang secara perlahan. 

Ganti bumbu mie instan dengan rempah asli dan bahan yang sehat
Ganti bumbu mie instan dengan rempah asli dan bahan yang sehat

Ganti Bumbu Mie dengan Rempah Asli 

Salah satu faktor utama yang membuat banyak orang menjadi ketagihan dengan mie instan adalah rasa bumbunya yang terbilang kuat sekaligus gurih. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa rasa gurih berlebihan pada jenis masakan telah menjadi candu bagi banyak orang. Jadi jangan heran ketika mie instan menawarkan rasa gurih berlebih ini menjadi makanan favorit. 

Solusi untuk atasi ketagihan mie instan berikutnya adalah dengan mengganti bumbu dengan rempah asli. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bumbu dari mie instan yang membuat seseorang sangat ketagihan. Guna mengatasinya maka kamu bisa menggantinya dengan bumbu rempah asli pada mie instan tersebut. 

Rempah asli yang bisa dipilih juga tergolong banyak sekali dan bisa dipilih sesuai dengan selera kamu. Sebut saja seperti bawang putih, daun bawang, garam, cabai hingga bisa juga ketumbar yang bisa dijadikan pilihan. Nantinya perlahan dengan menggunakan bumbu rempah ini akan membuat lidah mulai terbiasa dan perlahan bisa mengurangi intensitas mengonsumsi mie. 

Tambahkan Bahan-Bahan Sehat 

Kesalahan berikutnya bagi para pecandu mie instan adalah mengonsumsi mie instan begitu saja. Biasanya kebanyakan dari mereka akan mengonsumsi mie instan tanpa tambahan apapun. Bagi kamu yang memang ingin atasi ketagihan mie instan, kamu bisa menambahkannya dengan berbagai bahan sehat. 

Bahan sehat itu sendiri sebut saja mulai dari sayur sawi, wortel, kangkung, brokoli maupun sayuran lainnya yang bisa disesuaikan dengan selera kamu, lho. Bukan hanya sayuran yang bisa ditambahkan, tapi daging hingga bakso juga bisa dijadikan opsi berikutnya. Karena sekarang ini juga sudah banyak sekali tersedia daging dan bakso instan di dalamnya. 

Namun apabila mengingat bahwa bakso dan daging tersebut merupakan produk instan tentunya tidak baik dikonsumsi secara terus menerus. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggantinya dengan bakso dan daging asli. Barangkali akan mengeluarkan biaya lebih mahal tapi tentunya kesehatan yang didapatkan juga lebih baik daripada produk mie instan.