The Marksman duduki box office ungguli Wonder Woman 1984 (foto: themarksmanmovie)
The Marksman duduki box office ungguli Wonder Woman 1984 (foto: themarksmanmovie)

DOMIGADO – Film The Marksman berhasil geser Wonder Woman 1984 dan menjadi box office Amerika Serikat minggu ini (17/1/2021). Sejak diluncurkan pada 21 Januari 2021, The Marksman berhasil meraup 6,9 juta dolar AS dari penjualan. Hasil tersebut juga turut membuat Thye Marksman patahkan rekor Wonder Woman 1984 yang merajai box office selama empat pekan berturut-turut.

Dilansir dari laman CNNIndonesia, Film yang dibintangi Liam Neeson dan disutradarai oleh Robert Lorenz tersebut berhasil meraup pemasukan sebanyak sekitar Rp97 miliar. Sementara itu, film animasi dari rumah produksi Universal dan DreamWorks Animation, The Croods: The New Age, meraih posisi kedua di pekan ke-delapan sejak penayangan perdananya.

Film yang dibintangi Nicolas Cage dan Emma Stone ini mencatat total pemasukan senilai US$40,2 juta untuk penjualan tiket di box office Amerika Utara dan US$134,8 juta secara global. Tidak hanya di bioskop, Croods 2 juga berhasil mencatatkan kenaikan jumlah penonton di layanan streaming online sebesar 13 persen selama akhir pekan ini.

Capaian Croods 2 ini juga semakin menjatuhkan Wonder Woman 1984 ke posisi ketiga setelah menguasai singgasana box office selama empat pekan berturut-turut. Pada pekan kelima ini WW84 hanya meraup pemasukan tambahan sekitar US$2,6 juta dalam empat hari terakhir, sehingga total pemasukan film menjadi US$35,8 juta untuk domestik dan US$141,7 juta secara global.

Posisi keempat box office Hollywood ditempati film terbaru dari Universal Studio, News of the World, dengan perkiraan pemasukan pada pekan ini sebesar US$1,3 juta. Total pemasukan film tersebut hingga pekan ini mencapai US$ 8,7 juta secara domestik. Di posisi kelima ada Monster Hunter keluaran Sony Picture dengan perkiraan pendapatan kotor dalam empat hari terakhir sebesar US$1,1 juta sehingga total pemasukan domestik hingga hari ini mencapai US$9,2 juta.

Sementara itu, film animasi dari Disney dan Pixar, Soul masih menjadi film terlaris ketiga sepanjang masa di box office China dengan mencatatkan pemasukan tambahan pada penayangan akhir pekan kemarin (17/1) sebesar US$43,1 juta. Film animasi keluarga yang hanya diputar di Disney Plus untuk di pasar AS dan internasional itu telah meraup total pemasukan sebesar US$ 57,4 juta di box office luar negeri.

Sinopsis film The Marksman

The Marksman mengisahkan tentang Jim Hanson, seorang pensiunan Marinir Amerika yang tinggal di perbatasan Arizona-Meksiko. Saat ia berkeliling ia menemukan warga Meksiko bernama Rosa dan juga putranya bernama Miguel yang berusaha menyeberang secara ilegal. Ternyata mereka sedang berusaha kabur dari jeratan kartel.

Tidak berselang lama, pimpinan kartel bernama Maurico dang anggotanya, yang sedang melakukan pengejaran terhadap Rosa sampai diperbatasan dan menemukan mereka. Negosiasi berjalan alot dan keduanya pun terlibat baku tembak. Rosa pun terbunuh, sementara Jim dan Miguel berhasil lolos. Jim berusaha untuk membawa Miguel menuju ke rumah keluarganya di Chicago.

Maurico melacak keduanya menuju Route 66 di Oklahoma. Jim pun hamper tertangkap karena dijebak oleh polisi yang korup, namun mereka berhasil lolos dan menuju ke utara. Jim memutuskan untuk berhenti di sebuah gereja sehingga Miguel bisa mendoakan dengan benar ibunya. Namun Maurico tetap berusaha keras untuk memburu Miguel.

Maurico dan anggota kartel berhasil menemukan Jim dan Miguel di sebuah peternakan. Baku tembakpun tidak terelakan. Jim mampu membunuh 3 anggota kartel, namun Maurico berhasil menangkap Miguel. Pertemouran semakin sengit, hingga Jim mampu menguasai Maurico dan juga menyelamatkan Miguel.

Jim meninggalkan Marurico begitu saja dengan menyisakan satu peluru didalam senjata di dekat Maurico yang sudah tak berdaya. Maurico hanya memiliki dua pilihan, bunuh diri dengan peluru yang tersisa atau bersusah payah untuk Kembali ke Meksiko. Jim dan Miguel meninggalkan peternakan, namun mereka mendengar suara tembakan. Apakah pelarian Jim dan Miguel berhasil?

Dilansir dari laman Tirtoid, Open Road, distributor di balik The Marksman, merupakan distributor film Neeson sebelumnya, Honest Thief, yang berhasil meraup pendapatan lebih tinggi pada pekan pertamanya pada Oktober tahun lalu yaitu 4,1 juta dolar AS dan mengumpulkan pendapatan sebesar 28 juta dolar AS dari pemutarannya secara global.

Pihak Open Road menyampaikan bahwa selalu ada peluang dalam perfilman meskipun keadaan yang serba tertekan akibat banyak bioskop yang tutup akibat pandemi Covid-19.

“Sebuah kebenaran universal bahwa bahkan di pasar yang tertekan pun ada peluang. Dan ada banyak orang yang ingin pergi ke bioskop. Tidak semua orang ingin pergi ke bioskop, dan bioskop tidak buka di mana-mana. Tetapi ada banyak orang yang mencari hiburan berbasis luas, seperti biasanya,” ujar Tom Ortenberg, bos Open Road dikutip dari Deadline.

The Marksman bergabung dengan perusahaan Honest Thief dan The War With Grandpa yang dibintangi Robert De Niro sebagai salah satu pemuncak box office dengan pendapatan terendah dalam sejarah modern. Hal ini karena kenyataan suram yang dihadapi bioskop di tengah COVID terbaru negara itu karena secara keseluruhan, sekitar 65% bioskop AS tetap ditutup karena pandemi.

Selain dibintangi oleh Liam Neeson, The Marksman juga menghadirkan Katheryn Winnick, Alex Knight dan Teresa Ruiz. Untuk naskah sendiri film ini ditulis oleh Chris Charles dan Danny Kravitz. Dikutip dari Vulture dalam The Marksman, Liam Neeson tampil melankolis seperti peran Clint Eastwood dalam film-filmnya seperti Unforgiven. Hal ini mengingat sang sutradara, Robert Lorenz, merupakan asisten sutradara dan produser untuk Eastwood dan dia juga menyutradarai Trouble With the Curve yang dibintangi oleh Eastwood.