Boygroup Super Junior D&E
Boygroup Super Junior D&E

DOMIGADO – Jika kamu merupakan SM Stan, pastinya sudah tidak asing lagi dengan sub-unit dari setiap idolgroup di bawah naungan SM Entertaiment. Untuk para ELF pastinya sekarang ini sedang menanti penampilan KPop idol mereka, karena salah satu sub-unit yang akan comeback dalam waktu dekat yaitu sub-unit dari boygroup Super Junior D&E

Terlihat dari nama sub-unit tersebut, D&E merupakan inisial dari nama Donghae dan Eunhyuk sebagai anggotanya. Lee Donghae yang memiliki posisi sebagai lead vocalist, lead dancer, rapper, dan Eunhyuk yang memiliki posisi sebagai main rapper, vocalist, main dancer Super Junior membuat comeback duo ini dinantikan oleh para fans.

Comeback Pertama Personel Suju di Tahun 2020

Comeback pertama di tahun 2020 ini, Super Junior D&E akan comeback pada tanggal 3 September mendatang dengan album Bad Blood. Pada comeback kali ini terasa lebih spesial karena tidak disangka-sangka para fans mendapatkan bocoran kelima lagu yang terdapat dalam album tersebut melalui video Highlight Medley.

Album Bad Blood mini album keempat dari D&E sejak terbentuknya sub-unit tersebut di tahun 2011. Terdapat lima buah lagu di album kali ini, yaitu, Change, To You, Tomorrow, Contact, Off Line, dan yang terakhir B.A.D yang merupakan title track dalam album Super Junior D&E kali ini. Mini album ini akan memiliki tiga versi yang berbeda, yaitu Hot Blood, Cold Blood dan Balance.

Lee Donghae dan Eunhyuk memiliki banyak peran dalam partisipasi comeback mereka kali ini. Seperti Eunhyuk yang ikut serta dalam penulisan lagu To You, Tomorrow dan juga Donghae yang ikut serta dalam pembuatan lirik lagu B.A.D  . Selain itu, title track dari duo ini akan disusun dan diproduksi juga oleh Lee Donghae. Seperti biasanya, keduanya bekerja sama dengan baik dan bekerja keras untuk setiap comeback mereka.

Track list album Bad Blood Super Junior D&E
Track list album Bad Blood Super Junior D&E

Sosok-Sosok dalam Pembuatan Album

Selain Donghae dan Eunhyuk, berikut ini nama-nama lain yang berperan dalam pembuatan kelima lagu dalam album Bad Blood.

  1. J-DUB membuat lirik B.A.D bersama Donghae
  2. Lalala Studio yang merupakan pembuat lirik dari lagu Contact
  3. Joni dan ZigZag Note yang bersama-sama membuat lirik dengan Eunhyuk untuk lagu To You, Tomorrow
  4. OUOW merupakan pembuat lirik lagu Change
  5. Joombas merupakan pembuat lirik lagu Off Line

Kelima lagu dalam album Bad Blood ini memiliki kesan yang berbeda-beda di setiap lagunya. Setiap lagu dalam album ini akan menampilkan genre dan pesona yang berbeda dari keduanya. Mulai dari lagu R&B, Funky, Ballad, dan dance terdapat dalam album terbaru sub-unit dari Super Junior ini. Alasan inilah yang membuat fans sangat menantikan album baru mereka.

B.A.D yang merupakan title track kali ini memiliki genre hip-hop eletronik dengan lirik yang menggambarkan daya tarik seorang wanita berbahaya. Mini album ini akan diliris pada 3 September pukul 6PM KST atau pukul 20.00 WIB. 

Para fans juga bisa melihat musikalitas Super Junior D&E ini melalui lagu-lagu yang mengisi album kali ini. Contohnya dalam lagu To You, Tomorrow dan Contact  yang bergenre rock ballad, lagu Change yang memiliki genre heavy and rhythmical hip-hop Lo-Fi, dan Off Line dengan genre groovy rhythm dan catchy melody yang bisa membuat para pendengarnya ketagihan.

Selain dari kekuatan lagu-lagunya, Lee Donghae dan Eunhyuk menunjukkan pesona mereka melalui penampilannya. Pada tanggal 25 Agustus 2020 pukul 22.00 WIB lalu, teaser image Lee Donghae telah diliris.