Chelsea dan Bayern Munchen raih hasil sempurna (foto: Twitter @ChelseaFC)
Chelsea dan Bayern Munchen raih hasil sempurna (foto: Twitter @ChelseaFC)

DOMIGADO – Dua pertandingan terakhir babak 16 besar Liga Champions 2021 telah usai digelar pada Kamis (18/03) dini hari WIB. Hasilnya, Chelsea dan Bayern Munchen mendapatkan poin sempurna. Chelsea yang menjamu wakil Spanyol Atletico Madrid berhasil menang dengan cukup meyakinkan. Pertandingan lainnya, Bayern Munchen yang menjamu Lazio cukup kerepotan meski akhirnya berhasil meraih kemenangan. Dengan hasil ini, Chelsea dan Bayern Munchen berhak melaju ke perempat final Liga Champions 2021.

Laporan pertandingan Chelsea vs Atletico Madrid

Chelsea yang bertugas sebagai tuan rumah pada leg kedua ini terlihat bermain cukup sabar untuk membongkar permainan Atletico Madrid. Sedangkan Atletico yang pada leg pertama kalah 0-1, mencoba bermain menyerang sejak awal pertandingan demi mengejar defisit gol. Namun, kesabaran Chelsea lah yang membuahkan hasil.

Chelsea berhasil memanfaatkan kesempatan counter attack. Timo Werner menyisir sisi kiri lapangan usai menerima umpan dari Kai Havert. Melihat Hakim Ziyech yang berdiri bebas, Werner langsung menyodorkan bola kepadanya.  Ziyech pun berhasil memanfaatkan dengan baik bola sodoran Werner. Gol! 1-0 untuk kemenangan Chelsea.

Chelsea dan Bayern Munchen raih hasil sempurna (foto: Twitter @ChelseaFC)
Para pemain Chelsea saat merayakan kemenangan atas Atletico Madrid (foto: Twitter @ChelseaFC)

Memimpin 1-0, Chelsea pun bermain lebih percaya diri dan semakin menguasai pertandingan. Serangan demi serangan dilancarkan Chelsea, namun peluit panjang dibunyikan, keadaan tidak berubah. Babak pertama ditutup dengan keunggulan 1-0 untuk Chelsea. Babak kedua Atleti mencoba mengganti strategi dan bermain lebih agresif.

Namun sial, keasikan menyerang justru mendatangkan petaka bagi pasukan Diego Simeone. Menit ke-82 mereka harus pincang dan bermain dengan 10 orang. Stevan Savic mendapatkan kartu merah usai menyikut dada Antonio Rudiger saat berusaha melepaskan penjagaannya. Wasit memutuskan bahwa Savic melakukan pelanggaran dan diganjar kartu merah.

Atleti semakin kesulitan, pada masa injury time, Chelsea pun berhasil memanfaatkan keadaan. Chelsea pun menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 berkat gol Emerson Palmieri. Dengan kemenangan 2-0 tersebut, The Blues melaju ke babak perempatfinal. Chelsea Unggul agregat 3-0 atas Atletico Madrid.

Laporan pertandingan Bayern Munchen vs Lazio

Robert Lewandowski berhasil membawa Bayern Munchen ke semi final (foto: Twitter @FCBayern)
Robert Lewandowski berhasil membawa Bayern Munchen ke semi final (foto: Twitter @FCBayern)

Pada leg kedua ini, giliran Bayer Munchen yang bertugas menjamu Lazio. Usai kalah 1-4 dikandang, Lazio harus berusaha keras untuk meraih kemenangan demi tiket ke perempat final. Namun raksasa Jerman tidak memberikan kesempatan begitu saja kepada Lazio. Unggul jauh defisit gol tidak membuat permainan Bayern Munchen kendor.

Hasilnya, di menit ke-35 Bayern berhasil unggul terlebih dahulu lewat titik putih. Wasit memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah setelah Vedat Muriqi menjatuhkan Leon Goretzka di kotak terlarang. Robert Lewandowski yang maju sebagai eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan. Bayern pun memimpin 1-0 atas Lazio. Namun hingga babak pertama usai skor tidak berubah.

Babak kedua, tepatnya menit ke-73, Bayern menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 lewat upaya Eric Maxim Choupo-Moting yang memanfaatkan umpan David Alaba. Sedangkan Lazio hanya mampu membalas satu gol, yakni di menit ke-82 lewat Marco Parolo. Laga usai dengan skor 2-1. Secara agregat, Bayern menang 6-2 atas Lazio dan berhak melaju ke babak perempatfinal Liga Champions 2020-2021.

Daftar tim yang lolos dan drawing perempat final Liga Champions 2021

Liverpool menjadi satu dari 8 tim yang lolos ke perempat final (foto: AP Photo)
Liverpool menjadi satu dari 8 tim yang lolos ke perempat final (foto: AP Photo)

Usai dual aga terakhir yang dimainkan Kamis (18/03) dini hari WIB, babk 16 besar Liga Champions 2021 pun usai. Dengan demikian 8 tim berhasil melaju ke babak perempat final. Bayern Munchen dan Chelsea pun menyusul 6 tim yang telah dinyatakan lolos sebelumnya. Keenam tim tersebut adalah Liverpool, Paris Saint-Germain, FC Porto, Borussia Dortmund, Real Madrid, dan Manchester City.

Yang cukup mengejutkan adalah, pada daftar 8 tim yang lolos ke babak perempat final, hanya satu wakil Spanyol hanya satu yang tersisa. Real Madrid menjadi satu-satunya tim Spanyol yang berhasil lolos ke babak perempat final usai menekuk Atalanta. Sedangkan Barcelona yang menjadi salah satu tim favorit juara musim ini harus mengakui keunggulan raksasa Prancis, Paris Saint-Germain.

Sedangkan dua wakil Inggris yang lolos babak 16 besar melenggang dengan mulus ke perempat final. Liverpool dengan mudah mengatasi kuda hitam asal Jerman, RB Leipzig, dengan agregat 4-0 (2-0, 2-0). Manchester City juga mengalahkan wakil Jerman lainnya, Borussia Moenchengladbach, dengan agregat 4-0 (2-0, 2-0).

Chelsea dan Bayern Munchen raih hasil sempurna (foto: uefa.com)
(foto: UEFA.com)

Drawing perempat final Liga Champions 2020-2021 yang sekaligus menjadi penentuan lawan di semifinal, Rencananya akan dilakukan Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) di Nyon, Swiss pada Jumat 19 Maret 2021 pukul 18.00 WIB. Seperti biasa, UEFA akan membagi delapan tim ke dalam dua bracket.

Berikut hasil lengkap babak 16 besar Liga Champions 2020-2021 dengan skor agregat masing-masing laga yang dilansir BolaSport.com dari laman resmi UEFA:

Juventus 4-4 FC Porto (leg 1: 1-2; leg 2: 3-2)

Borussia Dortmund 5-4 Sevilla (leg 1: 3-2; leg 2: 2-2)

Liverpool 4-0 RB Leipzig (leg 1: 2-0; leg 2: 2-0)

Paris Saint-Germain 5-2 Barcelona (leg 1: 4-1; leg 2: 1-1)

Manchester City 4-0 Borussia Moenchengladbach (leg 1: 2-0; leg 2: 2-0)

Real Madrid 4-1 Atalanta (leg 1: 1-0; leg 2: 3-1)

Chelsea 3-0 Atletico Madrid (leg 1: 1-0; leg 2: 2-0)

Bayern Muenchen 6-2 Lazio (leg 1: 4-1; leg 2: 2-1)