DOMIGADO – Banyak orang di dunia ini menunggu film animasi Stand By Me Doraemon 2 yang akan hadir pada tanggal 20 Oktober 2020 mendatang. Memang Doraemon baik manga maupun adaptasi serial  dan film animenya sudah menjadi judul legendaris yang sangat dicintai. Anime Doraemon bertahan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi favorit banyak orang dari anak-anak sampai orang dewasa.

Selama itu juga anime Doraemon telah banyak menanamkan pelajaran tentang kebaikan kepada para penontonnya. Selain menunjukan petualangan para karakternya dengan alat-alat canggih dari kantong ajaib. Ternyata anime Doraemon juga menunjukan tipe-tipe manusia di sekitar kita yang juga digambarkan pada karakter-karakternya.

Mungkin hal ini kurang kamu sadari ketika menonton Doraemon, namun 4 karakter dari Doraemon ini bisa menunjukan 4 tipe manusia yang ada di sekitar kita. Sambil menunggu rilisnya Stand By Me Doraemon 2, kamu bisa menyimak 4 tipe manusia yang ditunjukan dalam anime Doraemon berikut ini :

1. Nobita  : Si Ingin Serba Instan

Nobita
Nobita

Banyak orang yang ingin berhasil dan sukses namun tidak mau dan malas untuk melalui proses perjuangan yang panjang dan melelahkan. Mereka ingin meraih keberhasilan kalau bisa dengan proses yang cepat dan instan tanpa perlu bersusah payah.  Tipe manusia satu ini digambarkan dengan sempurna dengan salah satu karakter utama dalam Doraemon yaitu Nobita.

Nobita digambarkan sebagai murid kelas 4 SD yang bodoh dan juga pemalas sehingga selalu mendapatkan nilai 0 saat ulangan. Selain itu Nobita juga cengeng dan selalu mengeluh pada Doraemon. Bukannya belajar yang rajin, dia malah merengek dan meminta alat ajaib Doraemon untuk menyelesaikan masalahnya.

Tipe satu ini adalah mereka yang tidak mau berusaha tapi punya mimpi yang  muluk dan sangat tinggi. Kalau kamu merasa punya kebiasaan seperti ini lebih baik kamu segera merubah diri kamu sendiri. Seperti yang diperlihatkan dalam animenya, walaupun sudah dibantu oleh alat ajaib Doraemon. Nobita sangat jarang berhasil meraih tujuannya dan tetap mendapat nilai 0 saat ulangan.

2. Giant : Si Pejuang yang Licik dan Keras Kepala

Giant
Giant

Giant sering dianggap sebagai tokoh antagonis yang sering membully karakter-karakter yang lain karena dia berbadan besar dan kuat. Karakter yang punya nama asli Takeshi Goda ini sering disalah pahami dan dianggap menyusahkan karakter lainnya. Namun ternyata dibalik sifat yang ditunjukannya ada alasan tertentu bagi Giant.

Dari manga maupun animenya, bisa dilihat bahwa Giant berasal dari keluarga menengah ke bawah. Di mana keluarganya merupakan pemilik Toko Kelontong kecil.  Giant selalu disuruh untuk menjaga toko kelontongnya karena mereka tidak sanggup menggaji karyawan sendiri.

Sadar kalau dia punya robot kucing dari masa depan seperti Nobita atau mainan-mainan mahal seperti si Suneo. Giant pun memanfaatkan kelebihan yang ada dalam dirinya yaitu kekuatan. Bisa dibilang cara Giant ini licik juga. Karena dia mengintimidasi Suneo dan Nobita agar tujuannya dapat tercapai dan dirinya mendapatkan pengakuan.

Tipe yang seperti  ini justru adalah mereka yang sangat mungkin untuk berhasil meraih impian mereka. Karena mereka memiliki sifat pekerja keras dan tidak mudah menyerah namun hal ini juga bisa bersifat negatif. Di mana mereka menghalalkan segala cara untuk meraih tujuan termasuk memanfaatkan dan cara yang merugikan orang lain.

3. Suneo : Si Penjilat yang Oportunis

Suneo
Suneo

Jika kamu melihat tokoh Suneo dalam animasi Doraemon, tokoh satu ini merupakan tokoh yang paling labil. Kadang ia memihak pada Giant dan menjadi kaki tangannya, kadang pula dia memihak Nobita yang sering dipukul oleh Giant. Hal ini menunjukan kalau karakter Suneo merupakan karakter yang oportunis. Di mana ia selalu mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri dari kesempatan yang ada.

Walaupun karakter Suneo ini termasuk karakter yang punya previlage karena dia berasal dari keluarga yang kaya raya dan punya banyak mainan yang bagus dan mahal. Suneo sadar kalau dia masih lebih lemah secara fisik dari Giant. Tidak seperti Nobita yang memiliki Doraemon untuk membantunya. Suneo benar-benar sendiri jika berhadapan dengan Giant.

 Jadi agar tidak menjadi bahan bullyan seperti Nobita, Suneo pun mendekati Giant dan merayunya dengan menunjukan Giant berbagai mainan kerennya. Namun ketika Giant sudah keterlaluan padanya, dia meminta bantuan Nobita yang punya akses penuh pada alat-alat ajaib dari Doraemon.

Tipe orang satu ini menentukan keputusannya berdasarkan situasi dan kondisi. Sehingga tidak heran jika tipe satu ini paling sering berubah haluan. Tipe manusia macam ini yang biasanya disebut sebagai penjilat yang bermuka dua. Yang pasti akan kamu temukan sangat banyak di sekitarmu atau mungkin kamu sendiri punya kebiasaan buruk macam Suneo ini.