DOMIGADO – Pada 2016 lalu, film animasi “Kimi No Na Wa.” yang disutradarai oleh Makoto Shinkai ini telah berhasil mengambil hati banyak orang di berbagai belahan dunia. Film ini ditayangkan di berbagai negara dunia, bahkan juga memenangkan penghargaan Best Animation Award di Los Angeles, Amerika dan menyandang predikat sebagai film Jepang dengan jumlah penonton terbanyak di Tiongkok.

“Kimi No Na Wa” atau Your Name merupakan sebuah film animasi Jepang produksi tahun 2016 bertema fantasi untuk remaja yang ditulis dan disutradarai oleh Makoto Shinkai dan diproduksi oleh CoMix Wave Films. Perancangan tokoh film ini dikerjakan oleh Masayoshi Tanaka, dan untuk musiknya dibuat oleh band rock asal Jepang Radwimps.

Film ini dibuat berdasarkan novel karya Makoto Shinkai berjudul sama yang dirilis sebulan sebelum pemutaran perdananya tentang seorang siswi di pedesaan Jepang dan seorang siswa di Tokyo yang saling bertukar tubuh. Film ini dibintangi oleh Ryunosuke Kamiki, Mone Kamishiraishi, Masami Nagasawa dan Etsuko Ichihara.

Film animasi Kimi no na wa
Film animasi Kimi no na wa

“Kimi No Na Wa” didistribusikan oleh Toho dan ditayangkan perdana di konvensi Anime Expo 2016 di Los Angeles, California pada 3 Juli 2016, dan kemudian ditayangkan di Jepang pada 26 Agustus 2016. Film ini diputar di Jepang selama satu tahun penuh, tepatnya hingga 25 Agustus 2017. Di Indonesia, film ini ditayangkan di jaringan CGV blitz, Cinemaxx dan Platinum Cineplex mulai 7 Desember 2016.

KISAH DUA REMAJA YANG SALING BERTUKAR TUBUH

Dua remaja yang bertukar tubuh (kimi no na wa)
Dua remaja yang bertukar tubuh (kimi no na wa)

Film ini bercerita tentang Taki, seorang siswa SMA yang tinggal di pusat kota Tokyo, tepatnya di Shinjuku dan Mitsuha, siswi SMA yang tinggal di desa. Mitsuha Miyamizu tinggal di desa fiktif bernama Itomori di daerah pegunungan Hida Prefektur Gifu, mulai bosan dengan kehidupannya di pedesaan tempat dia lahir dan berharap dapat terlahir menjadi pemuda tampan yang hidup di Tokyo pada kehidupan selanjutnya. Kemudian Taki Tachibana yang tinggal di Tokyo, terbangun dari tidurnya dan menyadari bahwa dirinya adalah Mitsuha, yang entah bagaimana bisa masuk ke dalam tubuh Taki.

Taki dan Mitsuha menyadari bahwa mereka berdua saling memasuki tubuh satu sama lain. Mereka mulai berkomunikasi satu sama lain dengan saling meninggalkan catatan di kertas maupun melalui memo di ponsel mereka. Seiring dengan berjalannya waktu, mereka semakin terbiasa dengan pertukaran tubuh ini serta mulai mencampuri kehidupan satu sama lain.

Mitsuha membantu Taki untuk menjalin hubungan dengan seorang wanita rekan kerjanya yang bernama Miki Okudera, sehingga akhirnya Taki dapat berkencan dengan Miki. Sementara itu, Taki membantu Mitsuha agar lebih dikenal di sekolahnya.

Mitsuha kemudian memberitahu Taki mengenai sebuah komet yang diramalkan akan melintas dekat Bumi dalam beberapa hari mendatang, dan betapa tertariknya dirinya untuk dapat melihatnya, karena waktunya bertepatan dengan festival di desa Itomori.

Pada suatu saat, nenek dari Mitsuha bertanya kepada Taki yang berada di dalam tubuh Mitsuha, “Kamu masih bermimpi, kan?”, dan bercerita bahwa keturunan Miyamizu terkadang mengalami mimpi tentang kehidupan orang lain.

Keesokannya, Taki tiba-tiba kembali terbangun di tubuhnya sendiri. Saat bertemu dengan Miki, kencannya berakhir gagal. Miki meninggalkan Taki, mengatakan bahwa dirinya menyadari bahwa ada orang lain yang dipikirkan oleh Taki. Semenjak itu, Taki dan Mitsuha tidak pernah bertukar tubuh lagi. Taki kemudian mencoba menghubungi Mitsuha, namun tidak berhasil. Dia akhirnya memutuskan untuk menemui Mitsuha secara langsung dengan mengunjungi tempat kelahirannya.