DOMIGADO – Kabar gembira untuk kalian para penggemar serial anime Sword Art Online.  Karena Sword Art Online : Progressive resmi mendapatkan adaptasinya menjadi film anime. Hal ini dibuktikan dengan dirilisnya video trailer dan visual terbaru untuk film anime Sword Art Online : Progressive.

Sword Art Online : Progressive adalah light novel atau novel ringan yang menjadi seri novel spin-off dari seri Sword Art Online. Sword Art Online : Progressive masih ditulis oleh Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh Abec. Light novel atau novel ringan Sword Art Online  sendiri mulai dipublikasikan pada Oktober 2012. Sejauh ini novel ringan Sword Art Online telah terbit sebanyak 6 volume. Volume terakhir dari novel ringannya sendiri dirilis pada tahun 2018 lalu tepatnya pada bulan Mei.

Walaupun telah merilis trailer dan visual terbarunya masih belum ada informasi lebih lanjut dan detail mengenai tanggal perilisan film anime Sword Art Online : Progressive. Namun menurut kabar yang beredar film anime Sword Art Online : Progressive dijadwalkan akan rilis di Jepang pada tahun 2021 mendatang.

Sword Art Online : Progressive
Sword Art Online : Progressive

Yang akan menjadi sutradara dalam adaptasi film anime dari serial Sword Art Online : Progressive ini adalah Ayako Kawano. Ayako Kawano akan menyutradari film anime Sword Art Online : Progressive di A-1 Pictures. Selain Ayako Kawano, ada pula sutradara untuk mengatur adegan-adegan pertarungan dan aksi.

Adegan-adegan aksi dan pertarungan yang telah menjadi trade mark serial Sword Art Online ini akan digarap oleh Yasuyuki Kai selaku sutradara aksi. Untuk desain karakternya akan digarap oleh Kento Toya. Yuki Kajiura kembali dipercaya untuk mengerjakan bagian musik dalam film anime Sword Art Online : Progressive.

Untuk seiyuu yang akan mengisi suara para karakter sendiri belum diumumkan secara lengkap. Namun dapat dipastikan bahwa Yoshitsugu Matsuoka untuk mengisi suara karakter Kirito dan Haruka Tomatsu untuk mengisi suara karakter Asuna. Tidak akan tergeser dan mereka akan kembali mengisi suara dua karakter utama dalam film anime Sword Art Online : Progressive.

Seri novel ringan Sword Art Online : Progressive menceritakan kembali awal pertemuan Kirito dan Asuna. Kirito dan Asuna sama-sama merupakan pemain yang terjebak dalam dunia game VRMMO bernama Sword Art Online. Kirito dan Asuna beserta puluhan ribu pemain lainnya terjebak dalam permainan tersebut dan terancam dapat terbunuh dalam game.