5) Tsukemen Ramen

Jenis Ramen
sc : matcha

Ramen yang satu ini berbeda dengan jenis lainnya karena ramen disajikan secara terpisah antara mi dan kuahnya. Cara menyantapnya juga berbeda, mi ramen tidak direndam kuah melainkan hanya dicelup saat akan menyantapnya. Kuah kaldu ini memiliki tekstur yang lebih kental dengan rasa yang lebih kuat.

Salah satu ciri khas tsukemen adalah mi dan kuah yang disajikan dalam wadah terpisah. Sangat berbeda dengan penyajian ramen. Pada tsukemen, mi dicelupkan ke dalam kuah sebelum dimakan. Biasanya mi pada tsukemen disajikan dingin dengan kuah yang panas, tetapi ada juga menu “atsumori”,  yaitu menu tsukemen yang mi dan kuahnya disajikan panas-panas.

6) Jenis Ramen Hokadate

Jenis Ramen
sc : hokkaido-labo

Walupun asal usul ramen di Jepang sedikit membingungkan, namun semua menyetujui bahwa bakmi yang sangat lezat ini berasal dari Cina. Hakodate memiliki histori terbaik untuk mangkuk “ramen” Jepang yang pertama ketika koran tahun1844 pertama kali mengiklankan sajian dari Nankin Soba (bakmi dari Nanjing) kepada pembaca lokal.

Belakangan ini dalam setiap mangkuk ramen Hakodate telah dilengkapi dengan topping seperti irisan tipis daging babi panggang, daun bawang dan bamboo strips. Anda juga akan menemukan fish cake, dan beberapa bayam ataupun rumput laut.

7) Jenis Ramen, Kari

sc : seriouseats

Sesuai namanya, kuah kari memiliki tekstur yang kental dengan warna coklat yang lebih pekat. Makana Kari memang sudah tidak asing bagi lidah masyarakat Jepang. Walaupun kari yang digunakan berbeda dengan bumbu kari kebanyakan masyarakat Asia Tenggara dan Selatan. Kari yang mereka miliki tetap menggunakan rempah, namun tidak terlalu kuat.

Karena rasanya yang nikmat, tak heran kuah kari banyak disukai oleh para pecinta kuliner Jepang. Untuk menambah tekstur, telur rebus dan irisan sayuran kerap ditambahkan dalam sajian ramen berkuah miso.