Naik pesawat terbang adalah kegiatan yang menyenangkan. Menatap awan dari dekat adalah sebuah kebahagiaan yang akan membawa kita merasa berada di langit ke tujuh. Saat naik turun pesawat terbang tentu semua orang ingin aman juga nyaman. Tapi bagaimana kalau pendaratannya membuat jantung serasa copot karena letak bandaranya yang ekstrim?  Namun tentu saja bandara-bandara yang letaknya di luar mainstream ini sudah didesain sedemikian rupa untuk keselamatan penumpang maupun penduduk yang tinggal di sekitar bandara. Manakah bandara paling berbahaya di dunia?

Mau tahu bandara mana saja yang lumayan berbahaya di dunia? Simak artikel berikut ini, sebelum jalan-jalan untuk mengunjunginya!

1. Bandara Lukla Airport, Nepal

Bandara Lukla adalah bandara  paling berbahaya di dunia

Siapa yang nggak kenal Nepal? Bandaranya terkenal sebagai bandara paling berbahaya di dunia. Bandara udara yang satu ini juga dikenal sebagai bandara udara Tenzing Hillary. Di mana, Tenzing Hillary merupakan gabungan dari dua orang yang pertama kali mencapai puncak tertinggi gunung Everest, yaitu Tenzing Norgay dan Sir Edmund Hillary pada tanggal 29 Mei 1953. Bandara udara yang berada di kota kecil bernama Lukla ini, populer dengan landasan pacunya yang sangat pendek, yaitu 527 meter. Tidak hanya itu, pada bagian ujung bandara terdapat jurang dengan kedalaman 600 meter. Bandara Lukla dikelilingi oleh beberapa gunung, salah satunya adalah gunung tertinggi di dunia, yaitu gunung Everest. Hal tersebut juga yang menjadikan bandara ini sebagai akses utama keluar masuk para pendaki Himalaya ke gunung Everest. Kurangnya pengaturan lalu lintas dan pengontrol daya membuat bandar udara ini menjadi sangat ekstrem. Semoga pihak bandara bisa semakin memberikan layanan terbaik bagi pesawat yang akan landing.

2. Bandara Paro Airport, Bhutan

Bandara  Paro salah satu paling berbahaya di dunia

Bandara Paro terletak di kaki gunung Himalaya, bandara ini berada pada ketinggian 1,5 mil di atas laut serta dikelilingi oleh pohon pinus yang tumbuh setinggi 18 ribu kaki. Tidak hanya itu, landasan pacu yang dimiliki Bandara Paro pun cukup pendek, yaitu berkisar 6.500 kaki. Menjadi satu-satunya bandara internasional yang ada di Bhutan, Paro Airport hanya memiliki 8 pilot yang lolos kualifikasi di dunia. Selain itu, beberapa pilot bersertifikat dan terpilih saja yang bisa mendarat di bandara yang satu ini. Perlu skill tingkat dewa untuk mendaratkan pesawat di bandara paling berbahaya di dunia.

3. Bandara Princess Juliana International Airport, St. Maarten

Bandara Princess Juliana salah satu bandara paling berbahaya di dunia

Bandara ini berlokasi di Pulau Saint Martin, sangat dekat dengan pantai yang menjadi kawasan wisata. Bandara Internasional Princess Juliana memiliki landasan pacu sepanjang 2.179 meter. Awalnya, bandara ini hadir hanya untuk digunakan pesawat kecil saja, namun seiring perkembangan industri pariwisata yang sangat pesat, akhirnya bandara ini juga digunakan untuk pesawat-pesawat yang besar. Untuk bisa mendaratkan pesawat di bandara internasional ini, pilot harus memiliki tingkat kehati-hatian yang besar. Pasalnya, bandara ini berbatasan langsung dengan bibir pantai yang penuh oleh wisatawan. Tidak hanya itu, yang membuat bandara ini berbahaya adalah ketika pesawat mendarat dan lepas landas, jarak antara pesawat dan wisatawan yang berada di bawahnya hanya beberapa meter saja. Menarik? Yuk coba terbang ke sana! Siapa takut!

4. Bandara Toncontin Airport, Honduras

Bandara  Toncontin sebagai bandara paling berbahaya di dunia

Bandara ini menjadi salah satu bandara paling sulit bagi pilot untuk mendaratkan pesawat. Panjang landasan pacu yang dimiliki bandara Toncontin hanya berkisar 1.800 meter atau 6.112 kaki. Hal tersebut yang membuat pilot harus memutarkan pesawatnya sejauh 45 derajat untuk bisa mendarat di bandara yang satu ini. Namun, putaran yang dilakukan pesawat memiliki potensi mengikis medan di bagian bawah pesawat karena gesekan yang terjadi. Dilansir dari ekbis.sindonews.com, bahwa History Channel juga menjadikan Bandara Toncontin sebagai salah satu bandara paling ekstrim di dunia, karena memiliki landasan pacu yang pendek dan berada di medan pegunungan. Tentu para pilot yang berani landing di sini telah punya skill tingkat dewa!

5. Bandara Gibraltar International Airport, Gibraltar

Bandara yang berada di Eropa Selatan ini, didirikan selama Perang Dunia II untuk Angkatan laut Inggris dan hanya memiliki satu terminal saja. Bandara yang hanya digunakan oleh Angkatan Udara ini memiliki landasan pacu sepanjang 1.828 meter. Tidak hanya itu, bandara ini juga bersinggungan dengan jalan utama kota bernama Winston Churchill Avenue. Maka dari itu, lampu lalu lintas yang ada di jalan utama kota akan memberi tahu kapan kendaraan harus berhenti ketika ada pesawat yang hendak mendarat atau lepas landas. Gibraltar International Airport menjadi bandara paling berbahaya di dunia karena menggunakan sebagian jalan utama kota yang dilalui oleh masyarakat. Mengerikan atau menantang?

6. Bandara MCAS Futenma, Okinawa Jepang

Salah satu bandara paling berbahaya di dunia ini memiliki landasan pacu yang terletak di tengah keramaian kota. Di mana kota tersebut memiliki jumlah penduduk lebih dari 3.000 orang. Selain itu, Bandara MCAS Futenma juga hadir di tengah-tengah rumah sakit dan sekolah yang seharusnya menjadi lokasi aman dan tenang untuk belajar dan pemulihan dari masa sakit. Hal tersebut merupakan pelanggaran yang dilakukan MCAS Futenma terhadap standar keselamatan yang sudah ditetapkan oleh Departemen Angkatan Laut Amerika Serikat untuk sebuah lapangan udara militer. Lalu? Lets see!

7. Bandara Madeira Airport, Portugal

Bandara udara ini menjadi bandara paling sibuk sekaligus bandara paling berbahaya di dunia. Pasalnya, bandara ini terletak di sekitar tebing curam. Hal itu menjadi perhatian khusus bagi pilot yang akan lepas landas atau mendarat di bandara ini untuk lebih berhati-hati. Terlebih, bandara sudah diperluas hingga ke sisi tebing yang curam. Bandara Madeira memiliki angin yang sangat kuat, karena berasal dari pegunungan dan lautan yang berada di kedua sisinya. Tidak hanya itu, sistem pendaratan instrumen yang tidak dimiliki oleh bandara ini, mengharuskan pilot untuk menavigasikan medan yang menantang secara manual. Maka dari itu, hanya 20 kapten dari maskapai British Airways yang memenuhi syarat dan bisa beroperasi ke Bandara Madeira. Jangan parno. Bandara ini juga memberikan pelatihan khusus bagi pilot agar bisa mendaratkan pesawatnya di Bandara Madeira dengan benar. Jadi tidak sembarangan pilot yang bisa landing di sini.

Itulah tujuh bandara paling berbahaya di dunia. Meskipun pihak bandara dan maskapai penerbangan menjamin dan mengutamakan keselamatan penumpang, tapi ingat ya, lebih baik kalau kamu harus terbang ke sana, harus melindungi diri dengan asuransi perjalanan. Amankan perjalananmu!