DOMIGADO – Ketika kamu SD mungkin juga sampai SMA pasti pernah denger kalau sekolah kamu dibangun di tanah yang dulunya kuburan atau paling tidak bekas rumah sakit. Cerita Horor di institusi pendidikan memang tidak ada habisnya dan selalu seru dibahas. Apalagi cerita-cerita horor dari kampus-kampus Indonesia yang notabenenya sudah berdiri selama bertahun-tahun. Beberapa dari banyaknya kisah horor kampus-kampus di Indonesia. Beberapa cerita horor ini sudah menjadi legend dan selalu dibahas dari tahun ke tahun. 

ilustrasi cerita horor hantu kampus
Foto Ilustrasi

1. Gadis Pucat di Rektorat Universitas Indonesia

Kita mulai dengan kisah di salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia. Universitas Indonesia di Jakarta. Kisah tentang gadis pucat yang menampakan diri di gedung Rektorat Universitas Indonesia sudah hampir diketahui oleh semua mahasiswa Universitas Indonesia. Beberapa pengakuan mengatakan bahwa mereka melihat sendiri penampakan gadis dengan kulit pucat dan cara berjalan yang tertatih-tatih dengan kepala yang terkulai lemas ketika melintasi gedung Rektorat Universitas Indonesia. Konon katanya Gadis Pucat adalah arwah penasaran dari seorang gadis yang meninggal karena gantung diri. 

2. Jangan Menengok Ke Belakang di Universitas Airlangga 

Salah satu Universitas terbaik di Indonesia yaitu Universitas Airlangga memang menyimpan banyak cerita horor yang terkenal. Terutama dengan fakultas kedokterannya di Kampus A yang gedungnya masih bernuansa kolonial. Namun di antara banyak cerita horor di Universitas Airlangga, kisah tangisan di area parkir ini menjadi terkenal dan banyak yang mengaku mengalaminya sendiri. Mahasiswa Univeristas Airlangga atau Unair sering beraktivitas sampai seharian di Kampus. Area parkirnya pun biasanya bisa digunakan sampai cukup malam. Konon katanya jika kamu sendirian malam-malam ke area parkir. Kamu akan mendengar suara tangisan wanita dari belakang. Dan jika kamu mendengarnya cepat-cepat ambil kendaraan kamu tanpa menoleh ke belakang apalagi menuruti rasa penasaran kamu untuk mencari asal suaranya.

Ilustrasi cerita horor hantu kampus
Ilustrasi Kuntilanak

3. Fancy Night FSRD Institut Teknologi Bandung

Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung biasa mengandakan Fancy Night. Acara ini biasanya diselenggarakan ala pesta topeng dengan orang-orang datang menggunakan topeng-topeng. Ada berbagai kejadian horor dalam Fancy Night FSRD ITB ini. Seperti cerita para mahasiswa yang merasa berpapasan dengan dirinya sendiri di tengah-tengah acara berlangsung. Ada pula suatu hari di tengah acara muncul sosok kakek-kakek dan anak kecil yang entah dari mana asalnya mengikuti pesta itu. 

4. Kakak Cantik Universitas Diponegoro

Di tengah kelas atau kegiatan mahasiswa lainnya di Universitas Diponegoro seringkali mendapat ‘mahasiswa tambahan’ yaitu sesosok wanita dengan rambut panjang. Sosok kakak cantik ini katanya muncul hampir di seluruh bagian Universitas Diponegoro namun paling sering terlihat di Ruang B101 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undip. Bahkan kadang si kakak cantik ini ikut nimbrung dengan mahasiswa-mahasiswa yang beraktivitas sampai malam di kampus.

5. Mahasiswa Abadi Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada

Sosok Mbak Yayuk sudah menjadi urban legend terkenal di Jogjakarta yang terjadi di Universitas Gadjah Mada atau UGM. Mbak Yayuk adalah sosok arwah yang sering muncul di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM. Penampakan Mbak Yayuk ini seperti mahasiswa pada umumnya. Dengan pakaian yang rapi namun tatapannya kosong. Konon Mbak Yayuk ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM yang bunuh diri karena skripsinya yang terus-terusan di tolak kampus. Karena itu Mbak Yayuk tidak bisa meninggalkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan menjadi mahasiswa abadi UGM karena memang belum diluluskan.

Ilustrasi cerita horor yang legend di kampus
Ilustrasi cerita horor yang legend di kampus

6. Nenek di PSBJ Universitas Padjajaran

Pusat Studi Bahasa Jepang disingkat PSBJ merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran atau FIB Unpad. Gedung satu ini adalah gedung yang paling dihindari oleh mahasiswa terutama saat menjelang petang. Katanya ada sosok nenek yang menghuni gedung tersebut dan sering menampakkan diri menjelang malam. Salah satu kejadiannya adalah ketika sosok nenek itu menampakan diri di jendela gedung PSBJ dan di pojok gedung di dekat toilet.

7. Satpam Melayang Asrama IPB

Ceritanya di Asrama Mahasiswa Institut Pertanian Bogor, ada beberapa anak yang belum tidur dan berkumpul untuk bermain kartu di kamar. Kemudian dari jendela kamar yang terbuka terdengar suara kaca yang diketuk disusul suara yang berkata, “Dek, jendelanya ditutup ya, sudah malam…” anak-anak yang sedang berkumpul itu mengiyakan saja tanpa curiga. Namun beberapa saat setelah satpam itu berlalu, mereka baru sadar bahwa kamar mereka ada di lantai 5 gedung asrama. Jadi bagaimana satpam itu bisa mengetuk jendela yang mengarah ke luar di lantai 5. Satpam mana yang bisa melayang kalau bukan….

8. Kuntilanak Jembatan Teksas di Universitas Indonesia

Satu lagi kisah horor dari Universitas Indonesia, tepatnya di Jembatan Teksas. Jembatan ini disebut Jembatan Teksas singkatan dari teknik dan sastra. Karena jembatan ini menghubungkan area Fakultas Teknik UI dan Fakultas Sastra UI. Banyak mahasiswa yang mengaku bahwa ada sosok kuntilanak yang menjadi penunggu jembatan itu. Beberapa mahasiswa pun mengaku sering mendengar tawa perempuan dan melihat sosok itu menampakan diri.

Itulah, kisah-kisah horor legend dari kampus-kampus negeri di Indonesia pilihan Domigado.com. Sebenarnya masih banyak lagi kisah-kisah horor lain dari kampus-kampus tersebut dan kampus-kampus lain. Terutama di Indonesia di mana hal-hal magis dan mitos tersebut masih dipercayai. Bagaimana dengan kampusmu? Kisah horor apa yang terkenal dan menjadi legend dari kampusmu? 

Author : Virgin Tirta