DOMIGADO – Semakin banyaknya satwa yang punah membangkitkan rasa penasaran para ilmuwan untuk mencoba melahirkan kembali hewan-hewan punah tersebut dari sisa-sisa fosil hewan yang tersisa. Saat ini para ilmuwan tengah mencoba mengekstraksi fragmen DNA dari fosil dan mengawetkan bagian-bagian tubuh dari hewan punah, kemudian menggunakannya untuk membantu mengetahui sisa urutan genomnya atau setidaknya sebagian besar. Hingga akhirnya, para ilmuwan mungkin bisa mengkloning hewan yang sudah lama mati.

Munculnya harapan akan kembalinya fauna yang telah punah ini dipicu setelah pada tahun 2003 para ilmuwan berhasil membuat kembali bucardo, yaitu spesies kambing gunung yang telah punah pada 2000. Sayangnya, bucardo hasil rekayasa ini meninggal beberapa menit setelah dilahirkan. Hal tersebut tentunya membangkitkan kembali semangat para ilmuwan untuk melahirkan kembali satwa yang telah mati tersebut. Ada beberapa satwa yang sedang menjadi target untuk segera dilahirkan kembali. Apa sajakah itu? Berikut Domigado.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Gajah Mammoth

Gajah Mammoth hewan punah sejak ribuan tahun
(Gajah Mammoth foto: Shutterstock)

Saat ini para ilmuwan sudah siap untuk membuat hibrida gajah mammoth. Mereka menggabungkan DNA gajah Asia dengan DNA mammoth, dengan harapan dapat menumbuhkan bayi hibrida dalam rahim gajah buatan. Meskipun nantinya itu bukanlah mammoth sejati, tetapi hewan hasil persilangan tersebut akan memiliki kadar lemak, bulu yang lebat, dan telinga kecil yang dapat membantunya bertindak seperti mammoth, saudaranya yang telah punah tersebut.

2. Harimau Tasmania

Hewan Punah Harimau Tasmania
( Harimau Tasmania foto: discoverthetarkine.com.au)

Di zaman modern, hewan asli Australia ini merupakan marsupial karnivora terbesar. Sekitar tahun 1930-an, mereka punah. Selain kurangnya keragaman genetik, perburuan liar juga dituding menjadi penyebabnya. Namun spesimennya masih utuh, sebab toples-toples museum sudah mengasamkan dan mengawetkannya. Bahkan mungkin DNA-nya pun masih tersimpan. Sampai sekarang, proyek untuk mengkloning hewan ini masih berjalan lancar.

3. Quagga

Hewan Punah Quagga
(Quagga Photo: Courtesy of The Quagga Project)

Satwa kerabat zebra ini punah pada tahun 1880 an, akan tetapi para ilmuwan di Afrika Selatan sedang terus berusaha untuk mengembalikannya. Beberapa peneliti berpendapat bahwa quagga tidaklah murni spesiesnya sendiri, melainkan merupakan subspesies dari zebra pada umumnya. Sehingga para ilmuwan dapat melakukan pembiakan selektif untuk mempercepat evolusi dan menciptakan kembali quagga, atau setidaknya zebra mirip dengan quagga walaupun spesies ini nantinya bukan merupakan quagga sejati.

4. Pyrenean Ibex

Pyrenean Ibex Hewan yang termasuk sudah punah
(Pyrenean Ibex foto: National Wildlife Research Center)

Secara teknis, proses kloning sudah berhasil dilakukan. Walau bertahan 7 menitan, Pyrenean Ibex tampil sebagai hewan punah pertama yang “dihidupkan” kembali. Janin kloningan yang mengandung DNA-nya bisa “ditanam” dalam rahim kambing domestik. DNA tersebut berasal dari Celia, pyrenean ibex betina yang mati karena tertimpa pohon di tahun 2000. Namun janin tersebut mengalami masalah paru-paru sehingga tak bertahan lama. Namun terobosan ini juga tetap membuka harapan lebar.

5. Saber-Toothed Cats/ Kucing bergigi pedang

Saber-Toothed Cats atau Kucing bergigi pedang
(Saber-Toothed Cats/ Kucing bergigi pedang foto: Indiana State Museum)

Pandangan tentang kucing yang cute pasti akan berubah ketika gigi taring bak pedang tersemat di dalam mulutnya. Ia justru tampil gagah dan garang. Kepunahan kucing ini relatif baru, sekitar 11.000 ribu tahun lalu. Namun spesimen fosilnya sudah diamankan. Di Museum La Brea Tar Pits pun sudah ditemukan beberapa spesimen utuh.