Belakangan ini, IMEI INFO telah menjadi pembahasan di beberapa kalangan masyarakat. IMEI dikatakan penting sebagai penentu apakah ponsel itu legal atau tidak. Lalu apakah sebenarnya IMEI itu? dan seberapa pentingkah?

IMEI sejatinya adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. IMEI ini berfungsi sebagai nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP.

Setiap HP yang telah diproduksi baik itu Android maupun iOS, berharga mahal ataupun yang masih ramah di kantong, merek terkenal atau tidak, semuanya pasti memiliki nomor IMEI yang bersifat unik dan berbeda satu sama lain.

Jika dulu banyak orang yang tidak begitu peduli dengan keberadaan nomor IMEI, namun kini semenjak hebohnya pemberitaan mengenai wacana pemblokiran HP black market oleh pemerintah Indonesia, banyak orang yang mulai mencari tahu mengenai IMEI ponsel milik masing-masing.

Setelah diumumkannya regulasi mengenai pemblokiran HP BM lewat nomor IMEI, wajib hukumnya untuk kamu mengecek nomor IMEI di HP. Meskipun cara untuk mengecek nomor IMEI ini terbilang cukup mudah, tetapi ternyata masih banyak orang yang belum tahu cara untuk melakukannya.

Nah, buat kamu yang masih bingung mengenai bagaimana cara untuk mengeceknya, kamu bisa coba 4 cara mudah di bawah ini.

  • Ketika kamu membeli ponsel baru, coba perhatikan bodi bagian belakangnya. Biasanya ada cetakan stiker nomor IMEI. Namun tidak semua vendor menyertakan nomor IMEI pada bagian bagian belakang ponselnya.
  • Cek kotak ponsel. Nomor IMEI juga bisa kamu lihat di kotak ponsel. Biasanya nomer IMEI di tempatkan bersama serial number ponsel tersebut.
  • Cek di menu pengaturan. Nomor IMEI bisa kamu lihat juga melalui menu pengaturan. Untuk perangkat iPhone langkahnya yakni buka menu Setting > General > About. Sedangkan untuk Android terdapat di menu Setting > About Phone > Status.
  • Tekan *#06#. Apabila pada bagian belakang ponsel kamu tidak ada stiker nomor IMEI, kotak ponsel pun tidak tahu berada di mana, kamu bisa menekan tombol *#06# di menu panggilan telepon dan nomor IMEI akan otomatis muncul pada layar.

Selain itu, IMEI juga memiliki beberapa fungsi yang sangat penting, Beberapa fungsi penting IMEI adalah sebagai berikut.

Mengetahui Identitas HP

Bingung mau cari tahu identitas HP kamu lewat mana? Jangan khawatir, kamu juga bisa memanfaatkan nomor IMEI yang tertera pada HP untuk mengetahui hal ini. Kamu bisa mengunjungi situs untuk cek IMEI seperti www.imei.info untuk mengecek identitas HP secara detail.

Untuk Mengecek Garansi

Fungsi lain dari nomor IMEI adalah untuk mengecek masa garansi yang dimiliki oleh HP kamu. Hal ini menjadi sangat penting buat kamu yang ingin membeli HP secara online. Dengan begitu, kamu bisa mengecek terlebih dahulu apakah HP yang mau kamu beli masih dalam kondisi baru atau nggak. Entah Android maupun iPhone, kamu tetap bisa mengecek sisa garansi HP kamu lewat situs resmi mereka.

Untuk Melacak HP Hilang

Selain untuk mencari info mengenai perangkat HP yang kamu punya, fungsi lain dari nomor IMEI yang juga sangatlah penting adalah untuk melacak HP yang hilang. Jika selama ini kamu hanya mengandalkan aplikasi untuk melacak HP yang banyak beredar di internet, ternyata kamu juga bisa menegcek HP hilang menggunakan IMEI. Tapi, untuk melakukan hal ini kamu nggak bisa melakukannya sendiri melainkan menghubungi pihak provider kartu SIM yang kamu gunakan dan meminta untuk memblokir HP yang hilang lewat nomor IMEI.