Perawatan kulit terutama perawatan wajah memang sangat penting. Akhir-akhir ini kita mendapati trend skincare yang semakin luas dan populer. Mulai dari basic skincare sampai skincare rutin yang punya puluhan step. Namun tahukah kalian ada hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit . Menerapkan pola hidup sehat lebih penting dibandingkan dengan step-step skincare untuk kesehatan tubuh dan kulit kita.  Ada beberapa kebiasaan sederhana perawatan wajah yang bisa kita lakukan untuk menjaga pola hidup sehat. Walaupun kebiasaan-kebiasaan ini sebenarnya sangat mudah dilakukan tapi sering dilewatkan bahkan dilupakan oleh banyak orang. 

Minum Air Putih

Untuk tubuh orang dewasa, tubuh setidaknya harus mengkonsumsi 8 gelas air dengan ukuran gelas 230 mililiter per hari. ukuran itu setara 2 liter/hari tapi jujur deh, kesibukan sehari-hari seringkali membuat kita lupa mengkonsumsi air putih. Malah ada beberapa orang yang mengganti konsumsi air putih dengan jenis minuman lain yang mengandung soda, tinggi gula dan berperisa.

Padahal mencukupi kebutuhan sehari-hari sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kulit kita. Dengan mencukupi kebutuhan air harian kulit kita dapat terhidrasi dengan baik dan dapat mencegah penuaan dini. Selain itu terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh berperan juga dalam metabolisme yang tidak hanya berpengaruh pada kesehatan kulit namun juga kesehatan seluruh tubuh dan organ dalam.

Olahraga Rutin

Di sela-sela kesibukan sehari-hari memang kadang sulit untuk menyempatkan waktu untuk berolahraga. Saat memikirkan aktivitas olahraga orang-orang mengira mereka harus pergi ke Gym atau tempat sejenisnya menghabiskan banyak waktu untuk bergerak sampai tubuh menjadi kelelahan, padahal olahraga dan gerak tubuh bisa dilakukan di mana pun. Jika kalian adalah orang yang sibuk, olahraga bisa dilakukan di kantor atau sekolah dengan cara melakukan peregangan tubuh dan aktivitas gerak tubuh kecil selama 10-15 menit. Jika dilakukan secara rutin setiap hari, hal ini jauh lebih baik daripada tidak menyempatkan berolahraga sama sekali. Yang terpenting dari berolahraga adalah selalu dilakukan secara  rutin dan konsisten walaupun kita tidak berolahraga dalam durasi yang lama.

Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kekencangan kulit, membuat kulit terlihat lebih segar dan mencegah penuaan dini. Selain kulit semakin cantik tubuh juga menjadi semakin sehat.

Mengkonsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Gaya hidup yang modern dan serba canggih membuat kita ingin mendapatkan kebutuhan kita dengan cepat. Termasuk kebutuhan makanan, menjamurnya restoran fast food dan jenis-jenis makanan kekiniaan lain mengakomodasi gaya hidup tersebut. Namun hal ini mengarahkan kita pada konsumsi makanan yang kurang sehat. Karena makanan-makanan tersebut seringkali sangat sedikit atau bahkan sama sekali tidak menggunakan sayur atau buah.

Padahal konsumsi Sayuran dan buah-buahan sangat penting bagi tubuh kita. Sayur dan buah mengandung nutrisi alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu buah mengandung pemanis alami yang jauh lebih menyehatkan daripada kandungan gula dalam makanan-makanan modern. Mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah dapat meningkatkan kondisi kulit kita. Karena tubuh menyerap nutrisi-nutrisi yang baik.