Domigado – Jika kamu ingin memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah, menjadi sebuah produk yang bagus dan tentu saja kreatif. Maka kamu bisa DIY toples kaca yang digunakan untuk menyimpan selai, minuman atau bahan lain sebagainya. Terkadang dengan menggunakan toples kaca ini. Kamu bisa membuat produk yang tidak ternilai harganya dan tentu saja tidak bisa didapatkan dengan mudah.

Memanfaatkan Botol Kaca

DIY toples kaca
source : thebudgetdecorator

Ada banyak barang bekas yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat berbagai produk dirumah. Mulai dari botol plastik hingga botol kaca bekas, bisa kamu olah menjadi produk cantik dan menarik. Asalkan kamu tahu ide untuk mengolahnya, bahkan sampah bisa menjadi menarik.

Sebenarnya kamu bisa memanfaatkan barang ini untuk berbagai produk ataupun ide kreatif yang berguna tanpa harus menambah modal lagi. Apa saja sih ide yang bisa kamu wujudkan dengan menggunakan toples kaca. Dalam artikel berikut ini ada beberapa ide yang bisa kamu contoh dan kamu buat di rumah bersama si kecil ada juga keluarga.

1) Pot Bunga atau Tanaman

DIY toples kaca
source: youtube

Ide pertama yang bisa kamu gunakan untuk memfungsikan kembali toples kaca yang kamu miliki, yaitu menjadi tempat untuk meletakkan tanaman mini. Beberapa orang seringkali menanam ataupun budidaya tanaman.  Nantinya bisa kamu pindahkan ke pot yang lebih besar ataupun ke halaman yang kamu miliki. Namun tanaman tersebut akan lebih baik jika dibibitkan atau dibudidayakan terlebih dahulu pada tempat yang kecil.

Sehingga bisa tumbuh subur, tanaman juga tidak akan terserang penyakit ataupun serangga. Salah satunya kamu bisa memanfaatkan toples kaca menjadi pot. Di luar negeri banyak sekali masyarakat yang menggunakan toples kaca bekas selai ataupun minuman dan makanan, sebagai tempat untuk merawat tanaman kecil mereka. Jenis tanamannya, mulai dari obat ataupun tanaman rempah untuk bumbu dapur. Kamu tidak perlu lagi membeli hanya tinggal memetik dan menggunakannya secara langsung. Menarik bukan?

2) Tempat Lampu Hiasan

DIY toples kaca
source : thegardenglove

Selanjutnya ide DIY toples kaca yang bisa kamu lakukan di rumah yaitu membuatnya menjadi sebuah lampu hiasan. Toples kaca dapat dimanfaatkan sebagai tempat lampu yang unik, dan cocok untuk hiasan ketika natal ataupun ketika ada acara di rumah. Umumnya beberapa orang memanfaatkan toples kaca, terutama jika kaca tersebut memiliki warna.

Sehingga tampilan lampu tersebut tidak monoton dan semakin unik. Kamu juga bisa memanfaatkan toples kaca dengan tipe kaca bening, untuk mengemas sebuah lampu yang bisa dijadikan hiasan di meja ataupun di dinding. Pastikan bahwa jenis toples kaca yang kamu gunakan memiliki tampilan yang menarik ya, sehingga ketika dimasukkan sebuah lampu akan memberikan efek berbeda. Sambungkan juga dengan kabel di bagian tutup toples tersebut, sehingga lampu tetap bisa menyala. Jika dilihat seolah-olah kamu sedang menangkap kunang-kunang bukan.

3) DIY Toples Kaca untuk Tempat Tisu

DIY toples kaca
source : pinterest

Ide selanjutnya yakni dimanfaatkan untuk tissue holder atau tempat tisu. Kita harus mengeluarkan biaya lagi jika membeli tempat untuk meletakan tisu. Padahal, kamu bisa menggunakan toples kaca dan juga menyulapnya sebagai salah satu tempat tisu unik dan tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Jika umumnya tempat itu memiliki bentuk kotak atau persegi panjang, kamu bisa memanfaatkan toples kaca yang berbentuk bulat untuk bisa memasukkan tissue roll.

Setelah dibuat, kamu dapat menghiasnya di meja makan ataupun di ruang tamu. Dengan begitu penampilan tempat tisu yang kamu miliki berbeda dengan yang lainnya. Bahkan tidak memerlukan biaya yang mahal kamu cukup menghias ataupun melapisi tempat tisu tersebut dengan gambar dan juga kain. Dengan begitu toples kaca sudah bisa dimanfaatkan sebagai produk lain murah dan mudah bukan.