Domigado – Di era milenial ini banyak sekali anak muda yang membutuhkan cara tepat untuk bisa atasi overthinking, yang seringkali menyerang atau bahkan membebani seseorang. Mungkin kamu sering mendengar kata overthinking dan sering mengganggu kesehatan mental banyak anak muda di zaman sekarang ini.

Sebenarnya apa sih overthinking itu? dan bagaimana bisa mengganggu jalannya kehidupan seseorang. Sehingga menyebabkan mereka tidak semangat untuk bekerja melakukan kegiatan bahkan mengalami depresi dan juga stres. Dalam artikel berikut ini akan kita bahas secara lengkap.

Apasih Overthinking?

Atasi Overthinking

Overthinking merupakan istilah yang seringkali digunakan bagi seseorang yang berlarut-larut dalam memikirkan sebuah masalah ataupun perilaku secara berlebihan. Hal ini dipicu oleh adanya kekhawatiran akan suatu hal sepele. Adanya teguran, trauma masa lalu dan tentu saja beban ataupun tanggung jawab yang harus diambil, ketika tubuh dan juga pikiran sedang dalam kondisi lelah. 

Konidis seperti ini bukan hanya berasal dari pekerjaan ataupun kehidupan sehari-hari. Tetapi bisa dari berbagai macam mulai dari ekonomi, kehidupan asmara, permasalahan dengan teman di sekitar ataupun keluarga dan lain sebagainya. 

Cara Atasi Overthinking

Jika dibiarkan berlarut kebiasaan level tinggi ini bahkan bisa menyebabkan kondisi fatal bagi seseorang. Dengan adanya teknologi dan juga segala macam kehidupan yang semakin maju. Nyatanya yang tidak berjalan sama dengan kesehatan mental anak muda zaman sekarang yang lebih banyak mengalami kondisi overthinking. Lantas bagaimana cara mengatasi overthinking? agar kita tidak terjebak dalam kegagalan dan juga ketakutan tersebut.

1. Tantang ketakutanmu sendiri

Atasi Overthinking

Rasa takut bisa menghambat keberhasilan seseorang. Kamu gak bisa mempertimbangkan hal lain jika terus memikirkan hal-hal yang membuatmu takut untuk mengambil langkah. Tantang ketakutanmu itu dengan cara memberi reward untuk dirimu sendiri jika kamu berhasil melawannya. Dengan begitu, kamu tak akan tenggelam dalam rasa takut yang berlarut-larut.

2) Hadapi dan Atasi Masalah

Atasi Overthinking

Cara agar tidak overthinking, yakni mulailah untuk menghadapi dan mengatasi masalahnya. Meskipun berat di awalnya, tetapi cara ini sangat melegakan. Hanya cukup mulai lakukan dan tahan rasa ingin berhenti menyelesaikan di tengah jalan. Sebab, ketika sudah merasa berat, tandanya penyelesaian akan segera didapatkan. Jadi, jangan mudah menyerah pada keadaan yang sudah pasti bisa berubah.

Ketika mengalami overthinking, jangan pernah memikirkannya berlarut-larut. Hal ini justru akan mempersulit penyelesaiannya. Cobalah lebih fokus pada jawaban daripada keresahannya. Bisa dengan mulai meluangkan waktu sekitar 20-30 menit untuk refleksi dan introspeksi diri. Pikirkan tantangan yang akan dihadapi dan strateginya.

3) Sediakan Waktu untuk Khawatir

Atasi Overthinking

Selanjutnya, cara atasi overthinking yakni dengan menyediakan waktu untuk bersikap khawatir. Maksudnya? Agar tidak berlarut-larut mengalaminya, cobalah sediakan waktu untuk khawatir. Namun, ingat untuk tidak memaksakan diri terus dalam kesedihan dan keterpurukan.

Kondisi seperti ini hanya akan memperburuk keadaan. Bahkan, bisa sampai membuat hidup lebih sulit dilakukan. Tetaplah khawatir dengan sewajarnya saja. Lakukan komunikasi dengan benar agar bisa lebih melegakan perasaan.

4) Atasi Serangan Overthinking, Yuk Rehat Sejenak

Segala yang muncul dalam pikiranmu adalah hal-hal negatif. Pikiranmu yang cemas berlebih menganggap inilah akhir dunia, dan kesalahan yang kamu buat adalah kesalahan fatal yang tidak bisa diperbaiki.

Mencari solusi atas masalah tidak pernah bisa, karena kamu bahkan tidak bisa berpikir dengan jernih. Kalau ini terjadi, coba tenangkan dirimu dahulu. Duduk sebentar, ambil napas panjang, lalu katakan ‘stop’ pada pikiranmu sendiri. Saat itu, buatlah dirimu sadar, bahwa kamu hanya cemas berlebihan.