DOMIGADO – Picky eater, alias kebiasaan suka memilih-milih makanan, khususnya sayur dan buah  ternyata tidak hanya dialami anak kecil, orang dewasa pun bisa mengalaminya. Menurut mereka sayur adalah makanan yang hambar dan pahit. Padahal banyak sekali kandungan gizi di dalamnya, yang tentu saja baik bagi kesehatan tubuh. Kali ini Domigado.com akan mengajakmu menyimak 8 Tips mengonsumsi sayur bagi kamu yang tak suka sayur.

Perlu diketahui, jarang mengonsumsi sayur bisa meningkatkan risiko gangguan tumbuh kembang. Karena bagaimanapun, tubuh butuh nutrisi makro dan mikro yang seimbang. Nutrisi mikro bisa kita dapatkan dari mengonsumsi sayur dan buah. Enggak mau kan sampai membahayakan diri? Lebih baik simak tips mengonsumsi sayur berikut ini yuk!

1. Cari Penyebab Utama Kamu Menghindari Sayur

Tips mengonsumsi sayur bagi yang tidak suka
Ilustrasi Foto. parenting.orami.co.id

Orang yang tidak suka suatu hal pasti ada penyebabnya. Kamu harus mulai mencari tahu apa sebabnya perlahan. Jika penyebabnya karena rasanya, kamu bisa saja memasaknya dengan teknik grilled. Teknik ini bisa menimbulkan rasa manis alami sayur.

Jika penyebab utama kamu tidak menyukai sayur adalah karena pengalaman buruk di masa kecil, kamu bisa perlahan melupakannya dengan meminta bantuan kerabatmu atau melakukan hypnoteraphy.

2. Coba Campur Sayuran ke Dalam Makanan Favoritmu

Tips mengonsumsi sayur dengan olahan favorit
Ilustrasi Foto idntimes.com

Tips pertama untuk menyiasati agar sayur mudah masuk ke dalam tubuh adalah dengan mencampurkannya ke dalam makanan favorit. Selain memudahkan, cara ini juga bisa menghindarkan kamu dari rasa bosan mengonsumsi sayuran. Sayur tidak harus dimasak dengan sayur juga. Sayur bisa juga dimasak dengan daging, tahu, tempe maupun telur.

Contoh jenis masakan yang bisa dicampur dengan sayur adalah tumis daging lada hitam dengan paprika, bawang bombay dan brokoli. Selain itu kamu juga bisa menambahkan parutan wortel dan irisan daun bawang ke dalam omlete telur. Memasak sup ikan dicampur dengan potongan wortel, kentang dan kubis juga enak disantap loh!

3. Buat Smoothies Sayur dan Buah

Tips mengonsumsi sayur  dengan smoothies
Smoothies sayur

Kalau mencampurkan sayur ke dalam makanan favoritmu juga belum cukup untuk membuatmu bisa mengonsumsi sayur dengan bahagia. Sepertinya kamu harus mulai mencoba membuat smoothies sayur dan buah. Rasa hambar dan pahitnya sayur bisa dinetralisir dengan gula alami yang terdapat dalam buah. Selain cepat smoothies sayur juga mengenyangkan.

4. Cari Cemilan yang Mengandung Lebih Banyak Sayuran

Cemilan sayur yang enak
Cemilan sayur

Nah, kalau tips yang satu ini cocok sekali diterapkan untuk kamu yang hobi ngemil. Untuk hidup lebih sehat dengan nutrisi seimbang, kamu bisa mengganti cemilan beratmu dengan yang mengandung bahan sayur 80-100 %. Contohnya adalah keripik pare, bayam dan terong. Dengan begitu kamu bisa ngemil kapanpun tanpa rasa bersalah.