Siapa yang belum pernah dengan Webtoon? Sebuah komik daring atau biasa dikenal webcomics yang memanjakan mereka penyuka komik tapi malas gerak ke toko. Cari yang praktisnya aja lewat internet. Nah kehadiran Webtoon sangat membantu para penyuka komik yang mager itu. Apalagi musimnya corona begini. Barisan gabut penyuka komik pasti berselancar di dunia Webtoon yang beragam genrenya. Tinggal pilih sekali klik, muncul komik kesayangan. Webtoon Komedi Indonesia bisa jadi hiburan di saat stay at home ini melanda.

Nah untuk Webtoon Indonesia terbagi ke dalam 7 genre. Masing-masing romance, drama, fantasy, comedy, action, horror, dan slice of life.

Semua tulisan yang berbau komedi selalu menarik. Karena kebanyakan orang membaca adalah untuk refreshing dan mencari hiburan. Webtoon komedi ternyata punya cukup banyak peminat. Sebab rata-rata dari judulnya saja sudah menarik, bikin penasaran, dan tertawa. Terbukti dari banyaknya judul yang tersedia yang dibuat oleh baik author dalam negeri maupun luar negeri.

Berikut ini rekomendasi Webtoon yang ber-genre komedi.

1. Terlalu Tampan

Siapa sih yang tidak tahu tentang Webtoon Terlalu Tampan? Dari judulnya saja sudah bikin tertawa. Dengan 9,4 juta pembaca, “Terlalu Tampan” menempati posisi kedua pembaca terbanyak di genre komedi setelah “Tahilalats”. Dengan rating 9,72 dan tamat dengan total 103 episode. Banyak pembaca yang kecewa karena Webtoon ini tamat saat lagi seru-serunya. Namun jangan khawatir, Webtoon ini sudah diangkat ke layar lebar dan sudah tayang pula. Meskipun mengangkat persoalan yang berbeda dengan di Webtoon, cerita film Terlalu Tampan juga cukup menarik.

Webtoon ini digarap oleh Mas Okis sebagai storywriter dan Savenia Melinda Sutrisno (S.M.S) sebagai ilustrator. Intinya kurang lebih begini, bahwa menjadi orang tampan ternyata banyak deritanya. Seperti satu keluarga tampan yang kelakuannya aneh dan nyeleneh ini, “Terlalu Tampan” adalah Webtoon garapan orang Indonesia, jadi jokes-nya lebih receh dan lebih masuk dengan budaya kita. Garing tapi juga seru, absurd, kocak, nyeleneh, juga jayus, mungkin itu beberapa kata yang tepat untuk menggambarkan Webtoon kocak ini. Yuk! Buruan membacanya!

2. Uga Uga

Webtoon ini menempati urutan ketiga di genre top komedi dengan jumlah pembaca 4,5 juta dan rating 9,65. Terbit setiap hari Minggu, Webtoon karya author Henie ini berkisah tentang Ina, gadis hedon, cantik, kaya, dan hampir sempurna. Suatu hari, Ina pergi ke pesta dan minum-minum alkohol. Lalu karena mabuk, ia terjatuh masuk ke kolam renang. Saat keluar dari kolam renang itu dia tiba-tiba sudah berada di zaman purba, lengkap dengan buaya peliharaan, api unggun, dan tentunya orang-orang zaman purba. Ina sangat kebingungan dengan apa yang terjadi tapi masalahnya ini bukan mimpi!

Akankah perempuan metropolitan, hedon, dan hits seperti Ina bisa bertahan hidup di kehidupan yang sangat keras zaman purba? Bagi yang mencari komedi dengan jalan ceritanya unik, jokes yang fresh, kekinian, dan ada sentuhan romantis di dalamnya, Uga Uga Webtoon yang tepat!

3. Brotherhood

Judulnya membuat kita telah bisa membayangkan bagaimana tokoh-tokoh di dalam ceritanya. Webtoon ini agak berbeda dari biasanya. ”Brotherhood” dibuat tidak berwarna, hanya hitam putih. Webtoon ini terbilang pendek, tamat hanya dengan total 50 episode. Seperti judulnya, ”Brotherhood” menceritakan kakak beradik laki-laki yang kerjaannya selalu berantem setiap hari. Yang dipertengkarkan mulai dari hal paling kecil hingga hal yang paling besar adalah rebutan cewek. Kedua orang tuanya sampai pusing dengan hubungan kakak adik yang enggak pernah akur ini. Walaupun tidak akur, tetap saja, kalau salah satu dari mereka tidak ada, pasti yang satunya merasa kehilangan.

Webtoon karya GIMS ini mengangkat sisi lucu sang kakak yang selalu menjahili adiknya dan sebaliknya, serta humor-humor antar keluarga yang sederhana tapi selalu kocak. Di balik itu semua, justru Webtoon ini sangat romantis karena hubungan mereka berdua sangat kuat dan menggemaskan. Tunggu apa lagi? Jangan lewatkan keseruannya!

4. Pasutri Gaje

Judulnya saja sudah bikin imajinasi liar membayangkan para tokohnya yang nggak jelas. Pasti kekonyolan yang ditampilkan. Ini komik komedi romantis favorit pembaca, terutama para cewek nih. “Pasutri Gaje” merupakan serial karangan komikus Indonesia Annisa Nisfihani. Pertama kali diterbitkan tahun 2016, komik “Pasutri Gaje” punya jutaan pembaca setia. Kisahnya berpusat pada dua PNS yang tak saling kenal tapi kemudian menikah. Absurd ya? Makanya coba baca deh, kehidupan sehari-hari mereka bahkan lebih absurd lagi. Jodoh tak akan lari kemana! Ceritanya dekat dengan keseharian.

5. No Homo

Webtoon Komedi Indonesia karya wanita berjilbab asal dari Indonesia ini merupakan Webtoon ber-genre komedi dengan tema yang sangat unik. Webtoon berjudul “No Homo” ini berkisah tentang persahabatan super akrab antara Brian dan Ditya. Kedua sahabat itu ke mana-mana bareng. Ngekos bareng, ke kampus bareng, hangout bareng, tampak akrab sekali, suka welfie bareng juga. Apitnobaka, sebagai author, sukses membuat semua pembaca curiga dengan keakraban mereka yang sepertinya sulit terpisahkan. Apa mereka beneran homo? Tema yang sangat tabu di Indonesia.

Mungkin karena tuduhan itu pula Webtoon ini diselesaikan secara mendadak oleh penulisnya. Banyak pembaca yang kecewa. Rumor yang beredar salah satunya mungkin karena author tak tahan dengan serangan para haters yang berkomentar negatif serta mem-bully. Terlepas dari itu semua, sebenarnya “No Homo” ini memiliki cerita yang bagus dan penuh makna. Kendati tamat hanya dalam 12 episode, tetap saja Webtoon ini layak untuk dibaca. Don’t jugde a book by it’s cover!

Author : Damay