DOMIGADO – 7 PENYAKIT KULIT HEWAN PELIHARAAN YANG PERLU DIWASPADAI Memiliki hewan peliharaan seperti kucing dan anjing di rumah memang bisa menjadi salah satu kebahagiaan tersendiri. Apalagi jika kamu seorang pecinta kucing atau anjing, tidak jarang kamu memperlakukan kucing atau anjingmu seperti layaknya seorang sahabat atau teman.

penyakit kulit pada anjing dan kucing
penyakit kulit pada anjing dan kucing

Membiarkan peliharaan seperti kucing atau anjing bermain-main di dalam rumah, menyuapinya, atau bahkan tidur bersama mereka sudah menjadi hal yang biasa. Namun kamu harus tetap berhati-hati, selalu jaga kesehatan kucing, terutama pada kulitnya.

Jangan sampai kucing atau anjing kesayangan kamu malah menularkan berbagai masalah kesehatan, yang tentu saja hal itu tidak pernah kita harapkan. Tidak hanya menularkan penyakit kepada sesama kucing atau anjing lainnya, namun beberapa penyakit yang diderita kucing atau anjing juga bisa menularkannya kepada kamu.

Tenyata beberapa penyakit kulit seperti jamur dan infeksi bakteri tertentu pada kucing atau anjing, dapat menular kepada manusia.  Untuk itu, kamu harus selalu waspada, dan segera mengobatinya jika kamu sudah mendeteksi beberapa gejala penyakit kulit pada kucing atau anjingmu.

Saat ini, sudah banyak sekali obat untuk mengatasi penyakit kulit kucing atau anjing yang dijual di pasaran, hampir semua pet shop sudah menyediakannya, sehingga tidak perlu terlalu khawatir jika seandainya kucing atau anjingmu menderita penyakit kulit.

Jika kamu belum begitu familiar dengan apa saja penyakit kulit yang bisa menyerang kucing atau anjing kesayanganmu, berikut ini adalah beberapa jenis penyakit kulit yang sering kali dijumpai pada kucing atau anjing.

1. Ring Worm

penyakit kulit pada kucing
penyakit kulit pada kucing

Ring worm adalah sebuah jamur yang dapat menyerang kulit kucing peliharaan kamu, umumnya sering kali menyerang anak kucing yang usianya kurang dari setahun. Biasanya akan muncul ruam dan juga lesi yang bentuknya melingkar di bagian kepala, telinga sampai dengan badan, bahkan juga seluruh tubuh jika seandainya kondisinya cukup parah dan menyebabkan kebotakan hingga bersisik. Namun jangan khawatir karena penyakit ini bisa diobati dengan obat kulit.

2. Scabies

Penyakit ini kebanyakan disebabkan oleh tungau dan dapat ditularkan ke manusia dari hewan peliharaan, khususnya pada kucing dan anjing. Tungau bernama (Sarcoptes scabiei) ini bisa hidup dan berkembang biak dengan baik pada jaringan folikel kulit. Untuk mengatasi penyakit ini bisa dengan memberikan obat kulit scabies untuk kucing atau anjing dengan komposisi yang disarankan oleh dokter.