Ilustrasi (foto: matcha-jp.com)

DOMIGADO – Pernahkah kamu mendengarkan cerita tentang kisah anjing setia dari Jepang bernama Hachiko? Hachiko, anjing ras akita yang berwarna coklat keemasan ini dikagumi dalam budaya populer Jepang dan sebagai contoh kesetiaan serta ketekunan. Kisah Hachiko berawal dari dirinya yang masih bayi diadopsi oleh Profesor Ueno. Ia adalah ilmuwan pertanian yang mengajar di Universitas Tokyo, ia dipandang sebagai orang yang sangat terhormat.

Saat hendak berangkat bekerja, setiap pagi Hachiko selalu mengantar tuannya yang naik kereta dari Stasiun Shibuya, Tokyo. Jika hari sudah petang ia akan berjalan dengan sendirinya menjemput Profesor Ueno yang tiba di Stasiun Shibuya. Selama dua tahun, hubungan Hachi dan Profesor Ueno sangat dekat. Rutininas antar jemput tuannya terus ia lakukan dan tidak pernah absen. Pada 21 Mei 1925, Hachiko tidak melihat majikannya datang saat kereta di Stasiun Shibuya tiba sore itu. Ternyata, saat berada di kampus Profesor Ueno mengalami stroke dan meninggal dunia.

Hachiko menunggu hingga keesokan harinya. Setelah kepergian Profesor Ueno, keluarganya memutuskan untuk pindah dan menjual rumahnya. Hachiko pun harus dititipkan kepada kerabat Profesor Ueno, tapi kerabatnya juga meninggal dan Hachiko tidak memiliki tempat tinggal. Ia pun memilih untuk tetap menunggu Profesor Ueno pulang. Setiap sore Hachiko sering kali terlihat berdiri di depan pintu keluar Stasiun Shibuya. Ia duduk dan berharap bisa bertemu kembali dengan majikannya.

Cerita mengenai Hachiko si anjing pejaga merupakan kisah nyata yang nampaknya juga terjadi pada beberapa anjing berikut ini. Melansir dari laman iWebstreet.com kisah antara anjing dan sang pemilik di bawah ini mampu membuktikan bahwa seekor hewan mampu menjadi penjaga yang setia dan menyayangi pemiliknya bahkan ketika pemiliknya telah tiada. Bagaimana kisahnya?

1. Penjaga Kuburan Pemiliknya

Anjing Penjaga Kuburan Pemiliknya
(foto: iWebstreet.com)

Kisah ini benar-benar terjadi dan sempat menuai banyak komentar terutama rasa iba di Argentina. Seekor anjing penjaga ditemukan telah duduk dalam jangka waktu yang lama di samping sebuah kuburan. Anjing yang berasal dari Jerman itu tak pernah meninggalkan kuburan tersebut semenjak 6 tahun yang lalu.

Setelah diselidiki, anjing yang bernama Capitan adalah anjing seorang pria bernama Migue Guzman. Setelah dibeli dan dipelihara sejak tahun 2005, anjing itu memang tampak sangat menyayangi pemiliknya. Namun, pada tahun 2006, Guzman menghembuskan napas untuk terakhir kalinya. Beberapa hari setelah kematian Guzman, keluarga itupun dikejutkan oleh kandang Capitan yang sudah rusak tanpa Capitan di dalamnya.

Setelah dicari di berbagai tempat, beberapa orang melaporkan bahwa Capitan sedang menjaga kuburan pemiliknya yakni Guzman. Anjing yang pada mulanya dihadiahkan pada putra Guzman yang berusia 13 tahun kala itu nampaknya tak ingin meninggalkan kuburan sang majikan. Alhasil, selama kurang lebih 6 tahun lamanya, Capitan tetap setia menjaga makam Guzman.

2. Anjing Penjaga Bayi

Anjing Penjaga Bayi
Anjing Penjaga Bayi

Tak hanya menjaga, anjing yang satu ini bahkan menemani dan menyelamatkan nyawa seorang bayi kecil. Bayi yang masih berusia 2 tahun itu sempat dinyatakan hilang hingga pada akhirnya berhasil ditemukan di semak-semak. Kisah ini berawal ketika seorang ibu yang berasal dari Victoria melaporkan kehilangan putranya yang berusia 2 tahun. Setelah memakan waktu beberapa jam, masih saja tak ada tanda-tanda ditemukannya sang bayi.

Hingga pada akhirnya, salah satu pihak kepolisian di beritahu oleh seseorang bahwa seekor anjing sedang terbaring bersama anak bayi di salah satu semak-semak di Australia. Lokasi ditemukannya pun tak jauh dari kediaman sang ibu, yakni 4 kilometer dari Mildura. Setelah dikonfirmasi, ternyata bocah kecil tersebut merupakan anak yang berada dalam catatan petugas sebagai anak hilang. Ibunya yang kala itu langsung mendatanginya pun menangis bahagia sekaligus tak menyangka mukjizat yang baru saja ia alami.

Bayi yang bernama lengkap Dante Berry telah ditemukan bersama anjing peliharaanya setelah 14 jam terpisah dari sang ibu. Ajaibnya, bayi itu tetap selamat dan dalam kondisi baik-baik saja. Dasher, anjing yang turut bersama Dante pun dianggap sebagai hewan yang telah menjaga sekaligus menyelamatkan pemiliknya yang terbilang masih kecil itu.