Ilustrasi insecure
Ilustrasi insecure (Shutterstock)

DOMIGADO – “Duh, gue jadi insecure banget nih liat penampilan do’i !” Kamu pernah mendengar kalimat seperti itu atau mungkin mirip-mirip? Tidak heran, sebab kata insecure belakangan ini banyak sekali disisipkan dalam kosa kata dalam perbincangan anak-anak muda di kesehariannya. Namun apakah kamu tahu apa sebenarnya makna dari kata insecure itu sendiri? Lalu, apa benar kalau tampil tidak percaya diri lantaran saltum atau kurang percaya diri harus didefinisikan sebagai insecure? Yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Insecure

Melansir laman quipper.com, Insecurity bisa dikatakan sebagai perasaan tidak aman yang mungkin saja pernah kamu alami. Ketidakamanan atau insecurity ini bisa terjadi saat kamu merasa malu, bersalah, kekurangan, atau bahkan tidak mampu. Biasanya yang kerap tejadi adalah, saat merasa tidak aman, seseorang cenderung hidup dalam ketakutan.

Setelah itu, semakin merasa tidak percaya diri. Akibat yang ditimbulkan adalah seseorang bisa menjadi takut berinteraksi dengan orang lain. Padahal sesungguhnya, interaksi merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu alasan kuat mengapa seseorang merasa tidak aman atau nyaman adalah mereka menilai diri mereka sendiri terlalu rendah dan tidak percaya diri.

Ketika seseorang merasa tidak percaya diri entah itu misalnya karena warna kulit, tinggi dan berat badan, bentuk wajah tak sesuai dengan keinginan, maka kamu akan memancarkan aura canggung. Pada dasarnya, insecurity merupakan hal yang wajar. Namun tentu saja, perasaan ini bisa jadi masalah besar kalau kamu rasakan ini berlarut-larut.

Tanda-Tanda Insecure

Nah, apa sih tanda-tanda seseorang yang insecure? Simak ulasan di bawah ini.

Tidak Percaya Diri dan Memandang Rendah Diri Sendiri

Setiap orang pasti pernah berada di fase merasa tidak percaya diri hingga memandang rendah dirinya sendiri. Hal ini bisa didasari oleh apa yang terjadi di masa lalu atau lingkungan yang sedang dihadapi saat ini.

Ilustrasi perasaan tidak aman atau insecure
Ilustrasi perasaan tidak aman atau insecure (freepik.com)

Menghindari Interaksi dengan Lingkungan

Tanda berikutnya adalah ketika kamu mulai menghindari interaksi dengan orang lain. Saat sedang insecure, orang akan merasa lebih down saat mendengar ada orang lain yang membicarakan pencapaiannya. Apalagi kalau ia sedang tidak memiliki prestasi apa-apa. Padahal, dengan berkomunikasi dan saling memberi masukan bisa membantu untuk mengurangi kegelisahan yang sedang dialami.

Merasa Tidak Ingin Keluar dari Zona Nyaman

Merasa tidak ingin keluar dari zona nyaman dan enggan berpikir out of the box merupakan salah satu tanda orang yang insecure. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh pengalaman yang telah terjadi di masa lalu seseorang, seperti pengalaman ketika ditolak, dikhianati ataupun pengalaman buruk lainnya yang mendatangkan ketakutan tersendiri bagi orang tersebut.

Tentu saja segala ketakutan yang telah terjadi, menghambat mereka yang seharusnya bisa mengembangkan diri. Ada masanya kita harus mengubur pengalaman-pengalaman buruk dan belajar pengalaman masa lalu itu.