DOMIGADO – Berbicara mengenai kesehatan, terutama untuk para wanita. Maka kamu pernah mendengar kanker ovarium bukan penyakit ini bisa dikatakan berbahaya bahkan bisa merenggut nyawa. Namun ternyata masih banyak orang yang tidak menyadari gejala kanker ovarium yang diderit.a sehingga ketika dilakukan pengecekan ke dokter, apakah kanker yang dimiliki sudah cukup parah informasi mengenai gejala kanker. Berikut supaya kamu bisa memahami cara mengatasi dan juga mengantisipasinya.

Pengertian Kanker Ovarium

kanker ovarium
source : obgyncare

Kanker ovarium merupakan kanker yang menyerang bagian jaringan indung telur wanita. Kanker lebih sering terjadi pada wanita pasca menopause atau yang sudah berusia lanjut. Hal ini dikarenakan kanker, dapat tumbuh akibat adanya masalah pada indung telur yang sudah tidak lagi dibuahi.

Gejala Kanker di Ovarium

Lebih baik juga bisa mendeteksi atau menghindari gejala kanker secara awal.

1. Buang Air Besar

Gejala pertama yang harus disadari oleh wanita yaitu perubahan kebiasaan buang air besar. Umumnya penderita kanker mengalami perubahan BAB secara tiba-tiba. Misalnya saja mengalami diare ataupun sembelit parah.

Selain itu juga berlaku pada seseorang yang mengalami kanker stadium awal, kebiasaan buang air besar yang berubah ini terjadi dalam jangka waktu yang lama dengan frekuensi yang cukup sering. Apabila kamu tidak melakukan perubahan pola makan dan terjadi seperti ini. Maka bisa jadi gejala dari kanker.

2. Menstruasi Abnormal

Gejala kedua yang umumnya terjadi pada penderita kanker yaitu mengalami menstruasi secara abnormal. Khusus bagi penderita yang masih mendapatkan menstruasi umumnya karena ada masalah pada jaringan telur, menyebabkan menstruasi menjadi abnormal. Misalnya saja siklus yang berubah secara mendadak atau terjadi pendarahan pada periode tertentu. Ada baiknya nya periksakan diri ke dokter, jika memang terjadi siklus menstruasi yang tidak sesuai dengan yang seharusnya.

3. Nyeri Perut

Selanjutnya gejala yang sering terjadi yaitu nyeri perut. Umumnya kanker ovarium terjadi di bagian rahim maka munculnya ataupun sakit pada penderita. Nyeri ini akan terasa konstan dan tanpa kejelasan terutama di area perut dan juga daerah panggul. Frekuensinya juga timbul sesering mungkin, sehingga bisa menjadi tanda bahwa bagian tubuh yang memiliki sedang tidak baik-baik saja. Langsung periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara cepat.

4. Perut Kembung

Perut kembung sering terjadi pada penderita kanker. Karena pertumbuhan kanker memang mengandung cairan. Sehingga menyebabkan perut menjadi terasa sesak dan juga sakit bertambah lagi saat kembung nantinya perut akan sedikit membesar. Namun disertai dengan adanya gas yang ada di dalam perut dan sulit untuk hilang selama berhari-hari. Jika sudah seperti ini, maka ada baiknya kamu untuk memutuskan untuk ke dokter sebelum bertambah parah.