Ilustrasi Foto. erabaru.net

Sayangilah semua pemberian Tuhan yang menempel di tubuhmu yang salah satunya dengan selalu melakukan hal-hal yang dapat membersihkan paru paru secara alami. Waspadalah, virus corona sekarang begitu kuat menyerang paru-paru sebagai salah satu organ vital tubuh kita. Paru-paru merupakan sepasang organ yang memiliki tekstur kenyal dan berisi udara, dibantu oleh trakea dalam penghantaran udara. Paru-paru berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah. 

Paru-paru mengambil oksigen dari udara yang dihirup kemudian masuk ke aliran darah dan didistribusikan ke seluruh bagian sel, ketika sel bekerja maka dihasilkan gas buangan berupa karbondioksida dilepaskan melalui aliran darah. Organ paru-paru terlibat dalam sintesis, penyimpanan, transformasi, dan degradasi zat.

Napas adalah kehidupan. Untuk bisa bernapas dengan baik, jagalah selalu kesehatan paru-parumu. Polusi udara, asap rokok, asap kendaraan bermotor, sampai bakteri hingga virus corona akan memberikan efek buruk untuk paru-paru kita. Nah, ketahuilah, kalau masih dalam tahap ringan, kondisi paru-paru yang kotor masih bisa dibersihkan dengan cara yang alami. Teknik membersihkan paru-paru ini dengan cara alami bermanfaat bagi para perokok dan orang yang memiliki kondisi paru kronis seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis, dan fibrosis kistik serta orang yang kesulitan bernapas. Namun dalam kondisi serangan corona begini sebaiknya kita semua waspada menjaga paru-paru kita.

Jangan menunggu paru-parumu terganggu. Berikut beberapa cara alami untuk membersihkan paru-paru.

1. Konsumsi Air Putih

Air mineral atau lebih dikenal air putih memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh kita. Selain memperlancar proses metabolism tubuh, juga bisa melarutkan zat-zat beracun yang dikeluarkan bersamaan dengan urine saat kita buang air kecil.

2. Rajin dan Teratur Olahraga

Dengan adanya program social distancing, physical distancing dan stay at home, jangan membuat kita malas olahraga. Banyak olahraga ringan yang bisa kita lakukan selama di rumah. Lebih baik mulailah melakukan olahraga secara bertahap. Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Olahraga dapat membantu membersihkan paru-paru. Olahraga akan bisa memaksa otot bekerja lebih keras dan meningkatkan laju pernapasan. Maka dengan demikian, membuat pasokan oksigen lebih besar, hingga dapat meningkatkan sirkulasi sehingga membuat tubuh lebih efisien dalam mengeluarkan karbondioksida dan racun dalam paru-paru.

3. Gunakan Terapi Uap

Ilustrasi Foto. lifestyle.kompas.com

Coba lakukan ini. Terapi uap atau inhalasi uap dilakukan dengan cara menghirup uap air untuk membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeringkan lendir. Uap dapat menambah kehangatan dan kelembapan udara yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu melonggarkan lendir di dalam saluran udara dan paru-paru. Menghirup uap air dapat memberikan bantuan langsung dan membantu bernapas lebih mudah. Agar uap lebih terasa, kita bisa menutup bagian depan kepala menggunakan handuk. Kita juga bisa menggunakan air purifier di rumah. Air purifies bisa membersihkan ventilasi rumah mulai dari kamar mandi, kamar tidur, hingga dapur harus bebas dari debu dan kuman penyakit. Bakteri yang menumpuk di ventilasi dapat menerobos masuk jika tidak diganti bertahun-tahun. Upayakan untuk mengganti setiap 6 bulan sekali agar kualitas udara di rumah lebih terjamin.

4. Rajin Minum Teh Hijau

Minuman yang satu ini sangat bisa membersihkan paru-paru. Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya saat menghirup asap. Sebuah riset yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea menunjukkan, bahwa orang yang minum setidaknya dua cangkir teh hijau per hari, akan bisa memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada orang yang tidak meminumnya.

5. Konsumsi Makanan Anti-Inflamasi

Banyak makanan alami yang menyehatkan, bisa melindungi kesehatan paru-paru kita. Selain teh hijau, sebaiknya konsumsi juga makanan anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan di paru-paru. Peradangan dapat menimbulkan sesak napas dan gejala penyakit pernapasan lainnya. Makanan-makanan yang banyak mengandung zat anti-inflamasi adalah kunyit, sayuran hjau, bluberi, zaitun, dan kacang-kacangan seperti kacang kedelai.

6. Konsumsi Ramuan Kunyit

Bersyukur kita hidup di daerah tropis yang banyak menghasilkan tumbuhan berupa emponempon, rempah-rempah yang sangat menyehatkan. Siapa yang nggak tahu kunyit? Ini ramuan sehat lho. Ramuan kunyit ini bisa jadi alternatif cara membersihkan paru paru bagi perokok pasif. Ramuan kunyit yang ditambahkan ke minuman atau makanan ternyata punya fungsi membantu menahan diri dari kecanduan merokok. Kunyit ini bisa mendetoksifikasi tubuh dari semua racun. Hal ini telah dibuktikan dari beberapa penelitian yang membuktikan bahwa ramuan kunyit ini banyak mengandung curcumin. Kandungan curcumin ini memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, anti-kanker, dan anti-toksisitas. Murah meriah bukan? Coba praktikkan!

7. Konsumsi Bawang Putih

Hampir semua makanan lezat mengandung bawang putih. Sehingga hal ini memudahkan kita bisa mengonsumsinya. Ada kandungan flavonoid yang mampu merangsang produksi enzim untuk meningkatkan efisiensi tubuh dan paru-paru, bisa berfungsi menyingkirkan racun dan karsinogen.

8. Konsumsi Jahe

Minuman hangat ini terkenal menyehatkan. Rata-rata orang banyak yang suka. Bisa mencampurnya dengan teh, bubur kacang ijo, susu, atau makanan sehari-hari. Cara membersihkan paru-paru perokok secara alami dengan mengonsumsi jahe ini sangat efektif. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi di dalamnya yang bisa menghilangkan nikotin. Cara membersihkan paru-paru dari nikotin rokok menggunakan jahe bisa juga ditambahkan ke beragam menu kue atau roti. Berbagai minuman yang mengandung jahe, bermanfaat sekali untuk mengeluarkan racun dari saluran pernapasan.

Mau coba? Yuk! Untuk kesehatan apa salahnya? Bagikan artikel ini bagi orang-orang yang kamu sayangi. Berbagi itu indah!

Author : Amora