ilustrasi sehabis olahraga
ilustrasi sehabis olahraga

DOMIGADO – Selepas olahraga yang tentu saja akan memicu keringat seperti jogging, running, futsal atau basket, mandi pasti akan terasa sangat menyegarkan. Selain dapat membersihkan tubuh kita, mengguyur tubuh dengan air ternyata juga bisa membangkitkan mood dan membuatnya jadi lebih baik.

Namun, terkadang kita akan bertanya-tanya, setelah olahraga lebih baik mandi dengan air hangat atau mandi dengan air dingin ya? Tenang, keduanya memiliki kebaikan masing-masing kok. Yuk kita cari tahu lebih dalam lagi.

Manfaat Mandi Air Dingin

Setelah olahraga dan berkeringat di sekujur tubuh, mandi menggunakan air dingin sangat ampuh membuat tubuh menjadi lebih segar. Selain itu, kebiasaan yang satu ini juga ampuh untuk meningkatkan metabolisme yang berfungsi penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Asal kamu tahu, mandi air dingin juga dapat memunculkan hormon endorfin yang bisa bikin bahagia.

Selain itu, mandi air dingin juga mengurangi risiko terjadinya radang otot dan rasa nyeri yang disebabkan oleh olahraga yang terlalu intens. Secara keseluruhan, mandi air dingin setelah olahraga membantu menyempitkan pembuluh darah yang melebar dan mengurangi aktivitas metabolik yang bisa menjadi penyebab kerusakan jaringan serta pembengkakan.

Kebaikan Mandi Air Hangat

Sedangkan mandi air hangat juga bisa menghadirkan berbagai manfaat. Di antaranya dapat melancarkan aliran darah, menenangkan otot, hingga memulihkan sendi. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, namun tetap perhatikan suhunya ya. Pastikan tetap berkisar antara 40-46 derajat celcius.

Ilustrasi mandi
Ilustrasi mandi (foto: Shutterstock)

Nah, mau mandi dengan air dingin atau air hangat, pada dasarnya mandi adalah suatu hal yang wajib kita lakukan setelah berolahraga. Mandi setelah olahraga dapat membantu kamu untuk meringankan nyeri otot dan sendi. Satu lagi yang harus kita perhatikan, apakah boleh langsung mandi setelah olahraga? Ternyata jawabannya adalah tidak.

Jika kamu ingin mandi setelah olahraga, kamu harus memberikan jeda waktu antara olahraga dan mandi. Jangan ketika baru benar-benar selesai olahraga langsung mandi, justru ini yang bisa menimbulkan masalah kesehatan. Saat kamu berolahraga, jantung memompa darah yang kaya oksigen ke otot lebih banyak dari biasanya.  Hal ini membuat suhu tubuh meningkat dan detak jantung berdenyut lebih cepat. Jika kamu langsung mandi maka pembuluh darah akan melebar dan membuat kamu rentan terhadap berbagai penyakit yang bisa menyerang tiba-tiba seperti serangan jantung.

Oleh karena itu, hal terpenting yang harus kamu lakukan persis setelah olahraga adalah melakukan pendinginan. Pendinginan wajib dilakukan untuk membuat detak jantung dan suhu tubuh kembali normal. Para ahli menyarankan untuk melakukan pendinginan minimal 20 menit sebelum kamu memutuskan untuk mandi.

Mandi setelah olahraga tidak mengancam kesehatan kamu asalkan memberikan jeda antara waktu olahraga dan mandi. kamu bisa mencoba mandi dengan air dingin atau hangat sesuai dengan keinginan kamu. Usahakan untuk membersihkan tubuh dengan sempurna dari ujung kepala hingga ujung kaki agar tubuh terbebas dari kuman yang menempel dan membuat kamu kembali segar untuk menjalankan aktivitas selanjutnya.

sehabis olahraga  mandi air panas
Ilustrasi mandi air panas (foto: Istock)

Yang tidak banyak kita ketahui, selain membuat tubuh bersih, ternyata mandi juga dapat meningkatkan kesuburan pria. lalu apa saja sih manfaat lain dari mandi?