Buah Stroberi putih dijual dengan harga cukup mahal Rp.140 ribu per buah
Stroberi putih dijual dengan harga cukup mahal Rp.140 ribu per buah (Foto: Great Big Story)

DOMIGADO – Siapa yang tak kenal dengan buah Stroberi? Bentuk yang cantik, rasanya yang unik dan khas, serta nutrisi yang begitu baik untuk kesehatan membuat buah yang umumnya berwarna merah ini menjadi buah idola sebagian besar orang.

Stoberi mengandung rendah gula, rendah kalori dan bahkan sangat tinggi akan kandungan antioksidan. Hal inilah yang memasukkan stroberi sebagai superfood, dan bisa menjadi asupan harian agar dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Beberapa manfaat buah stroberi antara lain adalah meningkatkan sistem imun, mengendalikan berat badan, mengurangi kolestrol dan risiko penyakit kardiovaskular, mengurangi resiko kanker, serta dapat menurunkan resiko katarak.

Buah stroberi diperkaya oleh kandungan vitamin C dan antioksidan — seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan elagic acid. Kombinasi vitamin C dan antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penurunan fungsi mata. Oleh karena itu, makanan yang tinggi kandungan vitamin C, seperti stroberi, dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Kandungan gizi yang terkandung dalam buah stroberi antara lain, Kalori, Karbohidrat, Protein, serat, Lemak, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B1 (Thiamine), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin B5 (Panthothenic acid), Vitamin B6 (Pyridoxine), Vitamin B9 (Folat), Vitamin B12, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Potassium (Kalium), Sodium dan seng (Zinc).

Stroberi merah menjadi idola bagi banyak orang
Stroberi merah menjadi idola bagi banyak orang (Foto Shutterstock)

Stroberi memang identik dengan warna merah merona yang cukup menggoda mata. Namun, di Jepang ada buah stroberi putih nan unik. Jepang belakangan ini memang terkenal dengan buah-buahan unik yang segar. Buah stroberi putih ini dinamakan White Jewel, yang lebih unik lagi adalah harga per buah stroberi putih ini cukup mahal, yakni sekitar Rp140 ribu.

Stroberi putih memiliki warna putih susu, biji merah, dan bercak merah muda. Perbedaan stroberi putih dengan stroberi pada umumnya terletak pada warna. Selain warnanya yang putih, stroberi putih memiliki bentuk yang lebih besar, tekstur lebih lembut, dan rasa yang lebih manis.

Stroberi putih pertama kali diperkenalkan sekitar empat tahun yang lalu, oleh Yasuhito Teshima di wilayah Prefektur Saga, Kyushu, Jepang. Prefektur ini terkenal sebagai penghasil buah stroberi. Yasuhito kemudian melakukan persilangan stroberi selama beberapa tahun, untuk membuat stroberi besar yang memiliki warna putih.

Untuk menghasilkan White Jewel Strawberry atau stroberi putih ini, dibutuhkan lebih sedikit paparan sinar matahari dibandingkan stroberi biasa. Sinar matahari yang terbatas, membuat buah mengandung lebih sedikit antosianin, senyawa yang memberi warna merah menyala pada stroberi.