Di tengah sulitnya mencari pekerjaan saat ini, tidak ada salahnya menjadikan hobi sebagai solusi untuk mendapatkan sumber penghasilan. Kita mengerjakan sesuatu yang kita senangi sekaligus mendapatkan sumber penghasilan. Apabila pekerjaan itu adalah hobi yang kita senangi, tentu dengan sepenuh hati akan kita kerjakan.

Dikutip dari Wikipedia, hobi merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris yaitu Hobby yang memiliki arti “aktivitas menyenangkan yang sering dilakukan”. Hobi juga bertujuan untuk memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan. Setiap individu pasti memiliki hobi, baik itu di bidang olahraga, kesenian, usaha dan lain sebagainya.

Kira-kira hobi apa saja yang dapat kita jadikan sumber penghasilan?

Fotografi

Ilustrasi Foto. gentlemancode.id

Saat ini fotografi telah menjadi hobi banyak orang. Hanya dengan bermodalkan kamera kesayangan, kita dapat menghasilkan uang untuk setiap foto yang kita hasilkan. Tentu saja kelengkapan alat penunjang yang bagus, akan berpengaruh kepada foto yang dihasilkan. Dengan kemampuan ini kita bisa menawarkan jasa untuk foto prewedding, wedding, foto produk dll. Selain itu kita juga dapat menjual hasil foto yang kita ambil kepada portal online seperti istockphoto, shutterstock, dll. Kita juga dapat mengupload karya itu ke Instagram dan mempromosikan jasa melalui Instagram.

Memasak

Ilustrasi Foto. vox.com

Bagi sebagian besar wanita, memasak merupakan salah satu hobi yang sangat diminati. Selain wanita, tidak sedikit juga pria yang sangat suka memasak. Nah, ternyata selain dapat dijadikan sebagai hobi, memasak juga dapat menjadi sumber penghasilan kamu loh. Bagi kamu yang memiliki hobi memasak, kamu dapat menekuninya dengan sungguh-sungguh. Dengan bermodalkan masakan kamu, kamu akan mendapatkan penghasilan dari hasil masakan kamu. Kamu bisa mulai menjual hasil masakan kamu kepada teman-teman atau tetangga, dan dapat juga kamu promosikan melalui media sosial. Dengan usaha kecil-kecilan seperti ini, tentunya apabila ditekuni dengan sungguh-sungguh akan menjadi usaha yang besar. Nantinya kamu dapat membuka catering, atau membuka cabang-cabang lain untuk usaha masakan kamu. Selain itu kamu juga dapat menjual masakan kamu itu secara online.

Kecantikan

Ilustrasi Foto. hypebae.com

Buat para wanita tampil cantik itu sangatlah penting. Buat kamu yang memiliki hobi di bidang kecantikan seperti makeup atau fashion, kamu dapat menyalurkan hobimu ini dengan cara membuka jasa makeup, jualan alat makeup hingga membuka salon kecantikan. Pada umumnya jasa kecantikan ini sangat diminati oleh wanita, terutama ketika ada acara seperti pesta, perpisahan sekolah, wisuda dan lain sebagainya. Disaat itulah jasa kecantikan sangat dibutuhkan.

Melukis

Ilustasi Foto. idseduction.com

Nah, buat kamu yang punya hobi melukis, ternyata hobi kamu dapat menghasilkan uang loh. Kamu dapat menjadikan hobi kamu ini sebagai sumber penghasilan dengan cara menjual hasil lukisan kamu, membuka jasa melukis dan lain sebagainya. Sehingga kamu mendapatkan penghasilan dari hasil karya kamu tersebut.

Menulis

Foto. utzacademyonline.com

Buat kamu yang memiliki hobi menulis, kamu bisa menjadikan hobi kamu ini sebagai sumber penghasilan. Kamu bisa menyalurkan hobi kamu dengan cara mulai menjadi penulis lepas di media online, kamu juga bisa menuliskan hasil tulisanmu kamu di blog atau bahkan menerbitkan buku karyamu.

Menjahit

Ilustrasi Foto. istimewa

Tidak sedikit juga yang memiliki hobi menjahit. Hobi ini dapat kamu jadikan sebagai sumber penghasilan. Kamu dapat membuka jasa menjahit dengan hobi yang kamu miliki ini. Kamu dapat menerima pesanan seperti membuat baju, mengecilkan baju atau celana dan lainnya.

Jasa jahit ini juga sangat dicari-cari orang apabila ingin membuat baju. Asalkan kamu menekuni hobi ini dengan sungguh-sungguh maka kamu akan mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit dari hobi kamu ini.

Otomotif

Hobi ini biasanya dimiliki oleh para lelaki. Hobi ini dapat menghasilkan penghasilan dengan cara seperti membuka bengkel, jasa modifikasi motor/mobil, dan lain sebagainya.

Membuat Kerajinan Tangan

Buat kamu yang memiliki hobi membuat kerajinan tangan bisa mendapatkan penghasilan dengan hasil kerjaninan tangan kamu itu. Kamu dapat menjual hasil kerajinan tangan kamu itu ke pasar, melalui media sosial maupun toko online. Kamu juga dapat terus mengasah kreativitas kamu dan menciptakan berbagai macam hasil kerajinan tangan yang akan kamu hasilkan. Kamu juga harus terus berinovasi dan mengembangkan hobi kamu tersebut.

Menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan tentunya akan membuat kita semakin semangat mengerjakannya, karena pekerjaan tersebut adalah passion kita. Namun setiap pekerjaan tentunya akan menemukan hambatan/masalah, ketika terdapat hambatan/masalah kita tidak boleh patah semangat atau putus asa, kita harus semakin semangat dan tentunya harus semakin mengembangkan usaha kita tersebut.

Kita juga harus belajar bisnis, terutama mengenai pemasaran dan komunikasi dengan pelanggan/konsumen, karena hal itu sangat membantu perkembangan usaha yang kita miliki. Kita juga harus bersungguh-sungguh dalam mengerjakan pekerjaan kita tersebut, agar hasil yang didapatkan sesuai dengan yang kita harapkan.

Itulah beberapa hobi yang dapat menjadi sumber penghasilan. Jangan pernah takut memulai sebuah usaha, karena kita tidak akan tahu apakah usaha kita itu akan berkembang atau tidaknya sebelum kita mencoba memulainya. Tidak ada yang salah dengan mencoba memulai terlebih dahulu, asalkan dikerjakan dengan sungguh-sunggu maka tidak ada hasil yang akan mengkhianati usaha.