Ilustrasi: Di tengah social distancing akibat wabah corona, sebagian warga Jepang menggantikan kebiasaan nongkrong dengan on-nomi. (Foto: Morgan Sessions)

Jakarta, CNN Indonesia — Pembatasan sosial alias social distancing di tengah pandemi virus corona penyebab Covid-19 membuat orang harus menahan diri untuk tidak nongkrong. Jika biasanya sepulang kerja dihabiskan untuk menikmati kopi atau minum bersama, kini orang harus bekerja dari rumah dan menikmati kesendirian.

Akan tetapi bagi orang Jepang, social distancing bukan perkara besar. Mereka tetap bisa minum bersama tapi secara daring atau online. Tren terbaru ini mereka sebut ‘on-nomi’.

Melansir dariĀ Metro, on-nomi dalam bahasa Jepang berarti minum online. Orang menggunakan Skype, Facetime atau Zoom untuk bisa berinteraksi dan minum bersama tanpa perlu bertemu.

Dilaporkan BoingBoing, masyarakat dari pelbagai kalangan melakukan panggilan dengan Zoom, mempersilakan orang untuk bergabung dan menciptakan ‘tongkrongan’ online yang bebas virus corona. Orang memegang botol bir dan mendekatkan pada kamera saat ‘toast‘. Tak hanya itu, on-nomi juga jadi sarana untuk saling berkabar dan berbagi keresahan akan penyebaran virus.

Yang perlu diingat, konsumsi alkohol tetap musti dikendalikan.

“Konsumsi alkohol berlebihan bisa mengakibatkan kerusakan pada sel imun pada paru-paru dan sistem pernapasan atas. Akibatnya ada peningkatan risiko terkena penyakit seperti, TBC, pneumonia dan respiratory distress syndrome, juga membuat Anda makin rentan terkena virus,” jelas Aragona Giuseppe, konsultan kesehatan seperti dikutip dari CNN.

Alkohol, lanjut dia, bisa mengakibatkan penghalang pada usus membuat lebih banyak bakteri tembus ke aliran darah sehingga terjadi penipisan tiga jenis sel imun paling penting yakni, Macrophages, sel T dan sel C.