Domigado – Memulai hubungan seksual tak selamanya berjalan mulus. Bisa saja, kamu dan pasangan merasa tidak bergairah sehingga menolak untuk melakukannya. Rasa lelah, stres, hingga hilangnya mood menjadi penyebab kamu atau pasangan enggan bercinta. Sebenarnya, rangsangan seksual bisa didapatkan dari semua pancaindra. Nah, jika memanfaatkan wewangian afrodisiak, itu berarti memberi rangsangan melalui indra penciuman. Berdasarkan penelitian, aroma yang ‘kuat’ dapat memicu ereksi pada pria. Sementara, pada wanita yang memiliki penciuman sensitif, aromaterapi dapat berkaitan dengan peningkatan jumlah orgasme saat berhubungan seksual atau bercinta. Jadi, pada kasus tertentu, wewangian atau aromaterapi dapat dimanfaatkan sebagai cara meningkatkan libido.

Dengan kata lain, selain baik untuk kesehatan, kecantikan, dan suasana hati, aromaterapi juga bisa mengatasi permasalahan seksual. Karena faktanya, aromaterapi ampuh sebagai Aphrodisiac atau pembangkit gairah seksual. Aromaterapi apa sajakah itu? Cek di bawah ini.

12. Vanilla

Vanila merupakan salah satu aroma yang paling menarik bagi pria dan wanita. Vanila termasuk afrodisiak alami yang bisa menjadi penambah libido sekaligus menurunkan tingkat stres yang menghirupnya. 

11. Sandalwood (Cendana)

Aroma ini sangat bisa memberikan efek hangat, seksi, romantis, dan relaks secara bersamaan. Tak sedikit orang yang menganggap bahwa aroma sandalwood atau cendana ini merupakan aroma yang ‘mengundang’. Sehingga, cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu cukup lama di sesi foreplay.

Selain itu, aroma cendana juga kerap digunakan untuk mengobati  impotensi dan membantu menghilangkan kecemasan. Ini bisa menjadi alternatif lain bagi Anda yang mungkin kurang suka dengan wangi lavender untuk memberikan efek relaks.

10. Aroma Jahe Thailand

Tanaman jahe hitam Thailand, atau dikenal juga dengan ginseng Thailand, cukup umum digunakan di Asia Tenggara sebagai afrodisiak pria. Riset pada tikus menemukan bahwa minyak esensial dari tanaman ini meningkatkan aliran darah ke testis.

Oleh karena itu, penggunaannya dapat dipertimbangkan sebagai aromaterapi untuk meningkatkan gairah.

9. Lavender

Menghindari lavender karena takut bikin pasangan mengantuk? Tunggu! Meski lavender sudah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan rasa relaks, lavender juga mampu meningkatkan kenikmatan saat berhubungan seksual. Jadi, wangi yang menenangkan pun bisa menggairahkan dan bikin seks jadi romantis. 

8. Peppermint

Aroma peppermint bisa memicu peningkatan energi serta mengundang ketertarikan yang cukup hebat. Studi terbaru menunjukkan, aroma ini membantu merangsang otak dan melebarkan pembuluh darah sehingga bagus untuk peningkatan respons seksual.

7. Cinnamon atau kayu manis

Rempah satu ini sangat tidak asing bagi orang Indonesia. Ternyata, tidak hanya berguna sebagai bumbu masakan, wangi dari kayu manis bisa juga menjadi “senjata” yang ampuh untuk merangsang gairah kaum laki-laki. 

Cinnamon merupakan peningkat libido utama,” ucap Szura. Ia juga mengatakan bahwa aroma kayu manis memberikan efek kehangatan sehingga meningkatkan aliran dan sirkulasi darah ke Mr P. Dengan begitu gairah seksual pria pun akan meningkat. 

Untuk pemakaian, encerkan cinnamon oil dengan carrier oildengan perbandingan 1 banding 4.

6. Clary Sage

Clary sage atau langon kleri merupakan tanaman yang kaya manfaat. Menurut Szura, wangi dari Clary Sage itu berguna sebagai Aphrodisiac, yang bekerja memengaruhi sistem hormonal. Jilka hormon tidak seimbang, maka libido menjadi menurun. Stres pun dapat merusak libido. Nah, cara alami untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan aromaterapi Clary sage. Minyak esensial Clary sage memiliki aroma manis yang menenangkan dan menyegarkan sehingga dapat menghilangkan stres dan meningkatkan gairah seksual.

5. Jasmine

Untuk urusan seksual, wangi bunga melati sangat baik untuk perempuan. Wangi ini dapat mengurangi kecemasan, depresi, dan perasaaan tidak percaya diri. Dengan menghirup wangi melati saat berhubungan seksual dengan pasangan, kamu kaum wanita dapat lebih percaya diri dan terdorong untuk mengeksplorasi keintiman, yang mungkin selama ini telah hilang. Di India, minyak dari bunga melati telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu meningkatkan libido. 

4. Patchouli atau Nilam

Minyak patchouli atau minyak nilam adalah salah satu aromaterapi yang dapat meningkatkan energi dan merangsang hasrat seseorang yang selama ini tertahan. Tak hanya berbentuk aromaterapi, minyak yang terbuat dari tanaman nilam ini juga biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum. Jadi, jika kamu menemukan parfum dengan kandungan patchouli, sepertinya itu patut dibeli.

3. Rose

Untuk kamu atau pasangan yang mengalami kemerosotan seksual, wajib coba aromaterapi satu ini. Aroma hangat dari sandalwood atau cendana dapat membuat kamu dan pasangan jadi lebih tenang dan nyaman. Aroma ini sangat cocok digunakan saat kamu dan pasangan ingin menikmati lebih lama sesi foreplay.

2. Ylang Ylang atau kenanga

Kata Szura, Ylang ylang atau kenanga dikenal sebagai salah satu minyak esensial yang mengandung afrodisiak paling kuat, yang bisa memengaruhi energi dan gairah seksual, baik laki-laki maupun perempuan. Jadi untuk kamu yang ingin mencoba pengalaman bercinta lebih sensual dan erotis, bisa banget dibantu dengan aromaterapi ini.

1. Bergamot

Jenis aroma yang satu ini cocok untuk para lelaki. Bergamot atau aroma dari buah jeruk yang segar dipercaya mampu meningkatkan jumlah asam amino di otak, yang mana dapat memicu meningkatkanya libido pada laki-laki. Penelitian juga menunjukkan ketika dicampur dengan air, aromaterapi ini dapat membantu mengurangi perasaan negatif seperti kecemasan, depresi, stres, dan ketegangan.

Tidak perlu pakai obat, 12 aromaterapi dari bahan alami di atas bisa kamu dan pasangan gunakan untuk kehidupan seksual yang penuh energi dan gairah. Selamat mencoba!