Foto Ilustrasi. ayosemarang.com

Belajar bahasa inggris sangat di perlukan pada jaman sekarang ini. Hari gini kalian nggak bisa berbahasa Inggris? Perlu dipertanyakan sejauh mana pemahamanmu akan pentingnya menguasai bahasa Inggris. Semua pekerjaan di zaman globalisasi ini membutuhkan bahasa Inggris. Bahkan karir seseorang bisa ditentukan dengan kemahirannya berbahasa Inggris. Jangan panik. Memang bagi para pemula, tentu tidak mudah untuk lancar berbahasa Inggris. Bisa jadi ada rasa bingung,  malu, kaku, dan takut salah ketika akan mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris. Sering menjadi tidak percaya diri untuk mencoba berbicara dalam bahasa Inggris. Sementara itu, di sisi lain, untuk ikut kursus bahasa Inggris, tentu ada biaya yang lumayan mahal. Tapi jangan berputus asa. Jangan sedih!

Berikut ini simak 8 tips mudah belajar bahasa Inggris bagi pemula yang bisa langsung kalian praktikkan.

1. Percaya Bisa

Selalu percaya, yakinlah kalau kalian bisa berbahasa Inggris layaknya teman-teman kalian yang pintar dan telah lama mahir memakai bahasa yang saat ini memang sangat dibutuhkan. Kalau kalian percaya diri, maka tak akan butuh lama kalian telah mahir berbahasa Inggris.

2. Berani

Beranilah untuk mencoba, berani salah, maka kalian akan tahu kebenarannya saat ada yang menegur, membetulkan kalimat bahasa Inggris yang kalian ucapkan. Lawan ketertinggalan kalian dengan kemauan yang keras untuk bisa berbahasa Inggris. Berprinsiplah, dengan menguasai bahas Inggris, maka akan lebih bagus masa depanmu.

3. Sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris

Jangan berpikir sulit menerjemahkan. Pada umumnya, lagu berbahasa Inggris memiliki banyak kosa kata dan pastinya enak didengar. Hal ini bisa kalian manfaatkan untuk membantu belajar bahasa Inggris.

Sambil istirahat santai, kalian dapat mengikuti alunan nada dan mencoba menerka arti dari tiap lirik yang terlantun. Kemampuan listening kalian akan terlatih dan pengetahuan kosa kata kalian akan bertambah.

Biasanya untuk anak-anak, pada level awal akan diajarkan bahasa Inggris melalui lagu yang akan mereka nyanyikan bersama. Hal ini berlaku pula bagi orang dewasa, dengan level lagu bahasa Inggris yang tentunya diperuntukkan bagi dewasa. Nah, kalian dapat mencoba mengubah lirik lagu favorit berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris, dan sebaliknya. Bisa dipastikan kemampuan bahasa Inggris kalian akan semakin berkembang baik. Jangan takut salah!

4. Rajin baca buku berbahasa Inggris dan cari artinya

Jangan malas membaca. Ini saatnya kamu mulai rajin membaca buku berbahasa Inggris yang merupakan salah satu metode paling efektif untuk memahami bahasa Inggris. Selain dapat memperkaya kosa kata, kalian juga dapat melatih kemampuan berbicara. Jangan malu. Kalian coba membaca kata demi kata dengan nada yang cukup keras, maka kalian akan mengetahui bagaimana kosa kata dalam bahasa Inggris yang diucapkan dengan baik dan benar. Setelah mengetahui pengucapan kosa kata, kalian harus mengetahui arti dari kata-kata tersebut untuk dapat memahami isi buku.

5. Sering nonton film berbahasa Inggris yang tanpa teks

Rajinlah menonton film berbahasa Inggris yang tanpa teks. Dengan menonton film, kalian bisa merasa fun sekaligus menambah kosa kata bahasa Inggris. Karena itu, ketika mendengarkan percakapan bahasa Inggris dalam film, akan membuat telinga kalian lebih peka pada kalimat-kalimat yang terucap, dan akan meningkatkan kemampuan listening kalian. Cobalah!

6. Sering menulis kata dalam bahasa Inggris

Ketika menulis kalimat dalam bahasa Inggris, otak kalian secara otomatis akan merekam kata demi kata yang kalian tuliskan. Ini menjadi salah satu hal efektif ketika kalian mempelajari bahasa Inggris. Terutama dengan menambah kosa kata baru melalui tulisan. Sisihkan waktu sedikitnya dua kali dalam seminggu untuk menuliskan cerita atau buku harian dengan menggunakan bahasa Inggris. Kalian dapat melihat langsung bagaimana perkembangan kemampuan dan pengetahuan kosa kata bahasa Inggris kalian. Selain itu, tentunya kalian dapat mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris melalui tulisan.

Foto Ilustrasi. modalrakyat.id

7. Berteman dan berkomunikasi dengan yang jago bahasa Inggris

Bisa karena terbiasa. Memiliki teman yang pintar berbahasa Inggris dapat memotivasi kalian untuk mengembangkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.

Coba bersainglah secara positif dengan teman yang pintar berbahasa Inggris untuk memperlihatkan siapa yang lebih piawai soal bahasa ini. Atau kalau bisa, carilah teman orang warga negara asing seperti Amerika atau Inggris, yang mengharuskan kalian untuk berbicara dalam bahasa Inggris ketika berkomunikasi dengan mereka. Dengan begitu, kemampuan berbahasa Inggris kalian akan semakin terasah, karena kalian dipaksa bisa untuk berbicara. Kalian akan terlatih karena harus mendengarkan dengan baik, dan arti dari kata-kata yang diucapkan dapat menambah kosa kata kalian. Learning by doing.

8. Jadikan kebiasaan

Saat kalian belajar berbahasa Inggris, harus telaten praktik. Bikinlah bahasa Inggris menjadi kebiasaan dan familiar dalam aktivitas keseharian kalian. Maka hal ini akan membuat bahasa Inggris bukan hal yang sulit atau rumit lagi. Kemampuan kalian akan mengalir begitu saja. Satu lagi, buatlah hari wajib menggunakan bahasa Inggris bersama teman, pasangan, rekan kerja, atau sahabat kalian. Hal ini seringkali menjadi sesuatu yang menghibur, bahkan ditunggu-tunggu. Karena biasanya kalian dan teman akan saling memberikan sanksi bagi yang tidak berbahasa Inggris pada hari yang telah ditentukan. Bahkan meskipun berbahasa Inggris, namun salah, akan ada sanksi. Tapi bukan hukuman yang berat, tetapi lebih kepada hal yang mendidi, yang berhubungan dengan kemampuan berbahasa Inggris. Misalnya, yang kalah menyanyikan lagu berbahasa Inggris. Maka hal ini, akan menjadi sesuatu yang mengasyikkan bagi kalian.

Author : Damay