Domigado – Seringkali kita merasa bahwa kehidupan pernikahan merupakan dambaan banyak anak muda, terutama di era milenial ini. Padahal ada masalah yang seringkali tidak terselesaikan yaitu mengatur uang bulanan setelah menikah agar mencukupi.  Dalam artikel berikut ini akan kita bahas secara lengkap, mengenai cara mengatur keuangan khususnya pengantin baru yang merasa sulit untuk mencukupi kebutuhan dapur. Simak informasinya berikut ini. 

Manfaat Mengatur Uang Bulanan

Ketahui Tips Mengatur Uang Bulanan Agar Mencukupi
source : wiselivingmagazine

Setelah menikah ada pemasukan yang harus diatur dengan baik mengingat kebutuhan semakin meningkat. Padahal jika dicerna menggunakan logika, seharusnya setelah menikah memiliki kehidupan yang enak, apalagi kedua pasangan bekerja dan memiliki karir yang baik. Namun mengapa sebaliknya? Adanya faktor target yang biasanya dimiliki pasangan menikah, serta memiliki keturunan menjadikan pengeluaran berlipat, bahkan terkadang tidak mencukupi.

Adanya manfaat mengatur uang yang dikeluarkan secara bulanan menjadikan kamu sebagai pasangan yang membangun rumah tangga dapat disiplin dalam mengeluarkan uang untuk kebutuhan. Selain itu, diharapkan dengan adanya pengaturan yang maksimal, kebutuhan tidak melebihi pemasukan dan adanya uang sisa yang bisa dialokasikan pada kebutuhan lain.

Tips Mengatur Uang Bulanan di Rumah

Lalu bagaimana mengelola uang di rumah, agar tetap mencukupi. Minimal untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan, biaya untuk pergi bekerja dan mencukupi kebutuhan si kecil.

1. Pisahkan Uang Sesuai Kebutuhan

Mengatur Uang Bulanan
source : oneprodumomma

Terlihat sepele namun berguna. Cara pertama yang bisa dilakukan yakni memisahkan antara uang satu dengan yang lainnya. Cara ini cocok bagi kamu yang kesulitan untuk disiplin dalam menggunakan uang dan mengeluarkan untuk pengeluaran. Saat menikah, kamu pasti tahu apa saja yang dibutuhkan.  Mulai dari uang bulanan untuk berbelanja, mengeluarkan uang untuk tagihan listrik, air hingga internet dan juga mengeluarkan biaya bulanan untuk makan dan biaya bekerja.

Cobalah untuk menghitung pengeluaran yang telah dilakukan sebelumnya. Sehingga saat memprediksikan kebutuhan bulan selanjutnya maka sudah bisa dilakukan dengan mudah. Pisahkan uang tersebut menggunakan dompet, ataupun amplop. Agak kuno memang, tetapi banyak yang membuktikan cara ini bisa menjadi pilihan untuk memisahkan uang untuk pengeluaran dengan benar.