Train to Busan Presents: Peninsula
Train to Busan Presents: Peninsula (foto: Twitter/@peninsula_movie)

DOMIGADO – Rekomendasi 5 Film Terbaru 2020 Yang Wajib Tonton. Tahun 2020 menjadi tantangan baru bagi dunia perfilman. Pandemi Corona yang menyebar di hampir seluruh kawasan dunia, membuat bioskop-bioskop terpaksa harus ditutup untuk sementara. Alhasil, film-film terbaru rilisan tahun 2020 juga harus mengalami penundaan perilisan. Para penggemar film harus bersabar untuk menunggu tayangan film terbaru sampai bioskop-bioskop dibuka secara normal kembali.

Namun kehadiran layanan video on demand atau layanan streaming film, seakan menjadi solusi bagi pecinta film di masa pandemi. Penyedia layanan streaming film berlomba-lomba menyajikan film-film karya terbaru mereka. Sebut saja Money Heist, The Platform, adalah beberapa film terbaru yang seakan menjadi pelepas dahaga penggemar film.

Tidak melulu film-film bertema superhero, masih banyak sebenarnya film-film terbaru 2020 bergenre lain yang layak untuk di tonton. Lalu film apa sajakah yang menarik untuk ditonton di tahun 2020 ini? Berikut Domigado.com memberikan rekomendasi 5 film terbaru 2020 yang wajib masuk kedalam daftar tonton kamu.

1. AVA (2020)

Rekomendasi film terbaru 2020 yang pertama adalah Ava. Voltage Pictures telah mengungkapkan trailer untuk Ava (sebelumnya berjudul Eve). Dan dari apa yang disajikan seperinya film aksi-thriller baru ini cukup menjanjikan. Ava dibintangi oleh Jessica Chastain (Zero Dark Thirty) sebagai pemeran utama yang kembali berkolaborasi dengan sutradara Tate Taylor, setelah film The Help. Film ini menjanjikan aksi intens dan padat akan adegan laga ala John Wick yang cukup menghibur.

Ava (Jessica Chastain) pembunuh yang menghabisi pengusaha Prancis Peter Hamilton (Ioan Gruffud) dan melakukan perjalanan menuju Boston, sebelum seorang wanita yang mendengarnya berbicara terhadap target. Ava berada di Boston menginap di sebuah hotel. Dia menemui saudaranya yaitu Judy (Jess Weixler) terungkap Ava kabur dari rumahnya 8 tahun lalu. 

Dari Judy, Ava mendengar kabar bahwa ibunya tengah di rawat di rumah sakit. AVA pun mengunjungi ibunya, dan tidak lama berselang, Ava kembali mendapatkan tugas untuk mengeksekusi seseorang. Ava selanjutnya terbang menuju Riyadh dengan misi membunuh pengusaha Jerman namun membuat dia terlihat seperti mengalami kematian yang wajar. Dari sinilah petualangan Ava di mulai. Ternyata, sasaran yang harus ia lumpuhkan adalah seorang jendral. Lalu apakah Ava berhasil menyelesaikan misinya?  

2. Tesla (2020)

Rekomendasi Film Terbaru 2020 berikutnya adalah Tesla. Tesla merupakan film biopik yang mengulas kisah seorang penemu serba bisa, Nikola Tesla. Film besutan sutradara Michael menunjuk Aktor Ethan Hawke menjadi bintang utama yang akan berperan sebagai Nikola Tesla. Selain itu, nama besar seperti Kyle MacLachlan dan Eve Hewson juga turut membintangi film ini.

Tesla akan memperlihatkan Nikola Tesla dalam mengembangkan penemuan-penemuannya. Seperti diketahui, Nikola Tesla merupakan salah satu penemu sekaligus ilmuwan paling jenius pada abad ke-19. Dirinya terkenal berkat kontribusinya dalam mendesain sistem kelistrikan arus bolak-balik (AC). Selain itu, Nikola Tesla juga memelopori kemajuan di bidang radio, motor listrik, robotik, dan masih banyak lainnya. 

Trailer film ini pun sudah dirilis 10 Juli 2020 lalu, bertepatan dengan hari lahir Tesla. Cuplikan sepanjang 2 menit 32 detik tersebut menampilkan drama antara Tesla bersama sesama penemu lainnya. Seperti Thomas Edison (Kyle Maclachlan) dan George Westinghouse (Jim Gaffigan). Thomas Edison sempat menyebut penemuan Tesla hanya sia-sia dan tak berguna. Ketegangan semakin memuncak saat Tesla mengungkit Thomas Edison berutang banyak padanya. Di sisi lain, film ini juga menceritakan kisah cinta Tesla dengan Anne Morgan (Eve Hewson). 

Tesla the movie
Tesla the movie

3. Emperor (2020)

Rekomendasi film terbaru 2020 yang ketiga adalah Emperor. “Emperor” menceritakan kisah Shields Green yang hampir tidak diketahui, keturunan bangsawan Afrika yang lahir dalam perbudakan dan kemudian melarikan diri, membuatnya menuju kebebasan sebelum mempertaruhkan nyawanya dalam serangan terhadap Harpers Ferry. Emperor memusatkan kembali penceritaan, memperluas kisah awal “penyelamat kulit putih” ini untuk menyertakan orang-orang kulit hitam yang bergabung dengan gerakan tersebut – atau, dalam kasus Frederick Douglass, memilih untuk tidak melakukan apa yang pasti terasa seperti misi bunuh diri.

Tokoh-tokoh seperti Green cenderung dihapus dari sejarah Amerika karena alasan praktis (hambatan melek huruf, kurangnya dokumentasi) dan politis (upaya sengaja untuk menekan cerita yang mungkin menginspirasi pemberontakan). Atau, seperti yang dikatakan pada narasi pembuka Emperor, ‚ÄúSejarah Perang Saudara ditulis oleh orang kulit putih untuk memenuhi agenda mereka sendiri. Sudah waktunya bagi orang kulit hitam untuk menceritakan kisahnya sendiri.” 

Emperor benar-benar memperlihatkan kisah perjuangan orang kulit hitam. Emperor dirilis oleh Universal Pictures. Mark Amin sebagai sutradara sekaligus penulis naskah. Emperor dibintangi oleh Dayo Okeniyi, Ben Robson, Brad Carer, James Cromwell, Keean Johnson, Connor Hammond, Ben Aycrigg, Trayce Malachi, Bruce Dern, Naturi Naughton, Dorothy Steel, MC Gainey, Charles Riley dan masih banyak bintang yang lain.